Ruang Edukasi Agen

Komunikasi Online

Apa Tugas Sales Advisor dan Bagaimana Hubungannya dengan Penjualan Properti?

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 6 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Pins, pernahkah Anda mendengar istilah sales advisor? Pekerjaan ini mengandalkan dua hal penting. Pertama pengalaman sebagai sales yang mempromosikan produk, kedua kemampuan untuk menyosialisasikan hingga mempengaruhi calon pembeli untuk melakukan transaksi. Tugas sales advisor pada dasarnya menjadi representatif perusahaan dan juga konsultan bagi konsumen.

Pinhome – Secara definisi mungkin fungsi dan tugas sales advisor hampir sama dengan sales marketing ataupun agen properti. Intinya, mereka adalah wajah perusahaan yang menawarkan produk atau jasa ke calon konsumen. Harapannya, dari proses penawaran tersebut akan ada klien yang lanjut untuk membeli produk atau jasa.

Baca Juga: Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Online Dengan Klien Properti

Lalu mengapa sosok sales advisor ini sangat diperlukan di sebuah perusahaan?

Apa Tugas Sales Advisor dan Bagaimana Hubungannya dengan Penjualan Properti?
(Nisbets Job)

Sebuah perusahaan memerlukan individu atau sekelompok orang yang bisa menjadi penghubung antara produk yang dijual dengan target perusahaan. 

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Komunikasi Dengan Klien Melalui Media Sosial

Penghubung (Connector) ini tidak hanya bertugas untuk mencari pembeli namun memastikan bahwa mereka harus mengedukasi calon pembeli. Harapannya para konsumen ini akan melakukan transaksi dan menjadi influencer untuk orang sekitarnya dengan merekomendasikan produk tersebut.

Alasan sebuah perusahaan membutuhkan sales advisor adalah untuk,

  • Mengetahui keinginan klien atau konsumen yang bisa dirangkum melalui perbincangan yang terjadi antara kedua belah pihak.
  • Memberikan insight ke perusahaan terkait apa yang diinginkan oleh para konsumen di lapangan.
  • Menyampaikan input yang didapat dari para calon konsumen atau konsumen yang sudah menikmati produk atau jasa perusahaan.
  • Menjadi agen atau representatif dari perusahaan untuk mengedukasi konsumen terkait produk dan jasa.

Apa saja kemampuan yang diperlukan seorang sales advisor?

Apa Tugas Sales Advisor dan Bagaimana Hubungannya dengan Penjualan Properti?
(The Balance Small Business)

Seorang sales advisor tentu dituntut untuk memiliki kemampuan khusus. Hal ini agar perannya sebagai penasihat penjualan bisa berfungsi dengan akurat. Berikut ini kemampuan yang diperlukan oleh seorang penasihat penjualan.

Optimis

Seorang sales advisor harus optimis. Hal ini bisa tergambar dari cara menyapa, berkomunikasi, gerak-gerik dan juga menjelaskan produk atau jasa yang dipromosikan. Dalam memberikan penjelasan tersebut, seorang penasihat penjualan harus optimis sehingga klien atau konsumen pun akan merasa nyaman mendengarkan informasi yang diberikan.

Empati

Penasihat penjualan wajib untuk memahami kondisi atau kebutuhan klien. Maka dari itu, bangunlah percakapan yang mengarah pada keinginan dan kebutuhan si klien. Cari tahu produk atau jasa seperti apa yang mereka butuhkan. Jika mereka sudah menemukan produk atau jasa tersebut, tanyakan kembali apakah mereka sudah puas atau belum menikmati produk dan jasa tersebut? Galilah informasinya sedalam mungkin hingga Anda bisa memahami keinginan dan kebutuhan klien.

Jujur

Selain mempromosikan produk atau jasa, seorang penasihat penjualan juga harus netral dan jujur dalam memberikan informasi. Jangan sampai info yang diberikan mengada-ada hanya untuk menutupi kekurangan atau kelemahan suatu produk. Namun untuk menutupi hal tersebut, penasihat penjualan bisa memberikan keunggulan-keunggulan lain dari produk yang dipromosikannya. Informasikan juga semua kekurangan tadi sedang dalam proses pembenahan oleh tim terkait.

Problem Solver

Seorang penasihat penjualan juga dituntut untuk menjadi problem solver. Artinya, tidak hanya menjelaskan informasi produk atau jasa, namun juga merekomendasikan produk atau jasa yang sesuai kebutuhan. Seorang klien atau konsumen mendatangi penasihat penjualan untuk mendapatkan insight baru. Maka di sinilah waktu yang tepat untuk menjadi problem solver.

Apa yang bisa Agen Properti Pinhome pelajari dari profesi Sales Advisor?

Tugas Sales Advisor dan Hubungannya dengan Penjualan Properti
(Access Chiropractic)

Seorang agen properti bisa mempelajari banyak hal dari sales advisor. Hal ini karena pada dasarnya kedua profesi ini bisa saling berhubungan dan mirip. 

Agen properti fokus pada penjualan properti. Namun di saat yang bersamaan juga mengedukasi klien terkait produk yang dijual. Agen properti juga harus berkaca pada sales advisor. Hal ini karena ada beberapa keahlian dari sales advisor yang diperlukan juga oleh agen properti.

Seorang agen properti bisa mulai mempelajari dan mempraktikan keahlian yang dimiliki seorang penasihat penjualan. Misalnya menjadi agen properti yang jujur, empati, optimis dan juga problem solver. 

Hal yang paling penting adalah, sebagai agen properti tugas Anda bukan hanya menjual. Namun juga mengedukasi. Sebuah transaksi tidak akan terjadi apabila Anda tidak informatif dan tidak bisa memenuhi kebutuhan klien.

Itu saja informasi yang berkaitan dengan sales advisor. Sebagai agen properti sudah saatnya Anda untuk mengembangkan diri agar memiliki skill yang lebih banyak. Ingat, membangun karir sebagai agen properti tidak mudah, namun masih bisa Anda lakukan apabila Anda terus belajar dan berlatih.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel