Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Apa Itu Listing dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 6 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Apabila Anda adalah seorang agen properti, maka Anda perlu memahami apa itu listing dan bagaimana cara membuatnya. Listing mempunyai fungsi yang sangat mendasar dalam dunia properti, sehingga Pinhome telah merangkum pengertian Listing untuk Anda di bawah ini.

Pinhome – Pengertian apa itu listing mencakup data properti yang akan diiklankan secara detail mulai dari identitas pemilik properti yang dijual, identitas agen, alamat properti, dan beberapa detail properti lainnya.

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu Anda pahami dalam membuat listing? Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai apa itu listing dan bagaimana mempersiapkannya, yuk dicek!

Mempersiapkan Listing

Proses persiapan listing dimulai dari mendata listing Rekan Agen. Pendataan tersebut wajib diisi dan meliputi nama dan alamat properti, nama dan alamat agen, dan status dari properti tersebut. 

Berikut ini contoh pendataan untuk listing properti,

(Pinhome)

Proses Melakukan Listing

Di dalam membuat listing ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, di antaranya adalah sebagai berikut,

  • Proses persiapan

Proses persiapan listing akan dimulai dari mendata listing. Selain itu, proses persiapan listing akan banyak berhubungan dengan pihak non-properti seperti fotografer, marketing specialist dan pihak yang ahli dalam proses pemasaran.

  • Proses pemasaran

Proses pemasaran listing merupakan tahapan penting agar Pins dapat menjual properti. Beberapa hal yang diperlukan dalam proses pemasaran adalah membuat deskripsi pemasaran, pemasangan foto pada listing dan juga menentukan portal pemasaran.

Pins bisa menggunakan media online seperti Facebook, LinkedIn dan Pinhome untuk memasarkan listing properti.

  • Proses presentasi (pitching) listing

Tahap presentasi atau pitching adalah momentum yang bisa Pins manfaatkan untuk mendemonstrasikan listing properti. Sebelum pitching dilakukan, ada beberapa hal yang harus Pins perhatikan misalnya membuat presentasi berisi latar belakang properti, hal-hal yang dibutuhkan pihak seller, riset lingkungan sekitar properti.

Pins juga bisa membuat rundown presentasi untuk presentasi berjalan lancar. Informasikan juga tanggal dan waktu pitching agar semua pihak yang berkepentingan bisa hadir tepat waktu.

Cara Mendapatkan Listing

Pins berniat menambah listing properti? Nah berikut ini ada beberapa cara untuk mendapatkan listing. Disimak yuk Pins!

  • Memanfaatkan relasi yang ada

Pins bisa memanfaatkan relasi yang ada seperti saudara atau kolega. Informasikan ke mereka bahwa apabila ada informasi properti yang akan dijual, mereka bisa menghubungi Anda sebagai pihak agen properti atau broker.

  • Menghubungi pemilik properti secara langsung

Cara selanjutnya untuk mendapatkan listing adalah dengan menelepon For Sale By Owner (FSBO). Artinya properti dijual langsung oleh pemilik. Biasanya pemilik properti memang ingin menjual properti tanpa ada perantara. Namun apabila Pins bisa pandai bernegosiasi, maka bisa saja pemilik properti setuju untuk menjadikan Anda sebagai agen properti

  • Membangun relasi dengan pihak Bank

Apabila Pins mempunyai kenalan orang bank, maka ini bisa menjadi potensi dan bekal yang bagus. Pins bisa menanyakan rumah lelang yang mengalami kredit macet. Informasi ini bisa Pins jadikan data untuk mendapatkan listing properti.

  • Mencari di website jual, beli dan sewa properti

Terakhir, Pins juga bisa mendapatkan listing dengan melihat website jual, beli dan sewa properti di internet. Pins hanya perlu lebih jeli untuk menentukan properti mana yang bisa masuk ke daftar listing.

Jenis-jenis Listing dan Pengertiannya

Sebagai Agen properti, Anda perlu memahami jenis-jenis listing. Hal ini berfungsi untuk membantu Anda dalam menjual produk-produk properti.

Berikut ini dua jenis listing yang perlu Anda ketahui,

  • Open Listing

Pins, pengertian dari Open Listing merupakan jenis listing yang tidak terikat pada satu broker atau agen properti saja. 

Melainkan, semua broker atau agen properti mempunyai kesempatan dan berhak untuk memasarkan suatu properti. Jenis listing ini juga tidak terikat waktu dan lebih fleksibel

Singkatnya, siapa saja yang berhasil untuk membawa pembeli maka ia yang akan mendapatkan komisi penjualan dari pemilik properti.

  • Eksklusif 

Sementara itu, listing Eksklusif adalah jenis listing yang bersifat mengikat pada satu broker atau agen properti saja. Biasanya agen properti ini telah ditunjuk untuk kerjasama dengan pemilik properti.

Bahkan, karena saking eksklusifnya, anggota keluarga atau orang terdekat pemilik properti yang tidak mendapat penunjukkan kerjasama sebagai broker, tidak dapat menjual properti tersebut.

Kerjasama listing eksklusif juga mempunyai jangka waktu yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Nah, itu saja informasi mengenai apa itu listing dan bagaimana cara mendapatkannya. Semoga berguna ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Beralih Ke Agen Properti Modern Dan Tingkatkan Penjualan

Download Aplikasi Rekan Pinhome
Bagikan Artikel