Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Spesifikasi dan Harga Yamaha QBIX Indonesia
harga yamaha qbix
Otomotif

Spesifikasi dan Harga Yamaha QBIX Indonesia

  • 14 Jun, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 5 menit membaca

Produsen otomotif spesialis motor asal Jepang, Yamaha, kembali mengeluarkan motor tipe matic terbaru. Yamaha QBIX 125 sebelumnya sudah melakukan proses pemasukan ke pasar Indonesia pada tahun 2013 namun tidak kunjung direalisasikan. Motor produksi Yamaha ini akhirnya dapat memasuki pasar otomotif Indonesia pada tahun 2021 dengan proses yang cukup panjang. Harga Yamaha QBIX 125 juga cukup bersahabat.

Pada saat itu QBIX 125 sudah menjalani proses status pendaftaran uji tipe dan uji emisi di Indonesia. Namun sayangnya motor QBIX 125 hanya memiliki jatah sebanyak 25 unit yang dapat masuk ke pasar Indonesia. Disinyalir, ternyata motor produksi asal Yamaha Thailand ini dinyatakan tidak ingin sembarang impor QBIX 125 ke negara lain. 

Namun saat ini Pins sudah bisa mendapatkan motor QBIX 125 di pasar otomotif Indonesia. Skuter matik Yamaha ini masuk ke Indonesia melalui importir umum Safari Motor yang didatangkan langsung dari Thailand. 

Melirik lebih dalam tentang motor skuter matik yang satu ini, QBIX 125 ternyata memiliki spesifikasi mesin yang sama dengan motor Yamaha Soul GT 125. Dilengkapi dengan mesin satu silinder bertenaga 125 cc SOHC, bahkan ukuran diameter dan langkah silindernya juga mirip dengan Soul GT 125 yaitu 52,4 mm dan 57,9 mm. 

Namun tentu saja QBIX 125 memiliki kelebihan dan ciri khasnya sendiri yang membedakannya dengan skuter matik Yamaha lainnya. Jika Pins penasaran seperti apa spesifikasi lengkap Yamaha QBIX, apa saja keistimewaan atau kelebihannya, serta harga Yamaha QBIX Indonesia, mari simak pembahasan lengkapnya berikut. 

Baca Juga:

Spesifikasi Yamaha QBIX 125

(Grid Oto)

Pada dasarnya produksi motor QBIX 125 sudah terjadi sejak waktu yang lama, dan QBIX 125 pertama kali dirilis pada tahun 2013 oleh Yamaha Thailand. Namun nyatanya QBIX 125 baru bisa masuk ke Indonesia pada tahun 2021. 

Salah satu hal yang berbeda dari QBIX 125 terletak pada bagian desain bodinya. QBIX 125 tampil dengan wajah yang tidak biasa seperti skuter matik lainnya. Bagi Pins yang tertarik ingin mendatangkan QBIX 125 ke rumah, mari simak spesifikasi lengkapnya berikut ini. 

Baca juga:

Desain Unik yang Nyentrik

Jika Pins melihat langsung tampilan QBIX 125 mungkin kamu akan sedikit terkejut dengan konsepnya. Bukan tanpa alasan, QBIX 125 memang tampil dengan konsep desain skuter matik yang sedikit lain daripada skuter matik lainnya. QBIX 125 memiliki desain body dengan lekukan yang cukup banyak. 

Motor yang serba kotak ini memiliki tampilan yang sekilas hampir menyerupai robot. Dimensi QBIX 125 yang kecil dan ramping tentu akan sangat memudahkan Pins saat berkendara di jalan Ibu Kota yang ramai. Selain itu QBIX 125 juga hadir dengan dua pilihan warna yang masuk ke Indonesia, yaitu merah biru dan merah putih. 

Fokus ke tipe warna merah putih, mungkin pilihan warna yang satu ini sangat cocok untuk Pins yang ingin mengekspresikan identitas sebagai warga negara Indonesia. Perpaduan warna merah dan putih sangat cocok dengan desainnya yang estetik. 

Spesifikasi Mesin

Motor QBIX 125 memiliki mesin yang cukup lincah untuk skuter matik kelas 125 cc. Motor ini dilengkapi dengan tipe mesin 125 cc 4 tak dengan 1 silinder. Selain itu, motor ini juga menggunakan tipe mesin SOHC dengan 2-katup dan sudah dilengkapi dengan pendingin udara. QBIX 125 memiliki langkah silinder 52,4 x 57,9 mm dan memiliki sistem pengapian injeksi. Sistem kopling pada QBIX 125 menggunakan tipe kopling kering dan sentrifugal otomatis. Transmisi QBIX menggunakan tipe matik yang sudah dilengkapi dengan V-Belt otomatis. 

Dimensi dan Rangka QBIX 125

Skuter matik Yamaha ini memiliki panjang sebesar 740 mm, lebar sebesar 1.860 mm, dan tinggi sebesar 1.115 mm. Tinggi jok QBIX 125 terbilang cukup rendah yaitu 775 mm. Memang sesuai dengan pasar motor ini yang menjajakan konsumen Asia. QBIX hanya memiliki bobot sebesar 106 kg, terbilang cukup ringan untuk dikendarai dengan nyaman. Kapasitas tangki bensin QBIX 125 mencapai 4,2 liter. 

Rangka yang digunakan QBIX 125 yaitu tipe underbone yang kuat akan hentakan. Selain itu suspensi depan QBIX sudah menggunakan tipe teleskopik, sedangkan suspensi belakangnya menggunakan lengan ayun. Rem depan motor ini dilengkapi dengan cakram piston tunggal dan tromol untuk rem belakang. Ukuran roda motor ini menggunakan ban ukuran normal sebesar 130/70-12 untuk roda depan dan 140/70-12 untuk roda belakang. 

Baca juga:

Harga Yamaha QBIX Indonesia

(Otoflik)

Yamaha QBIX 125 pertama kali masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2021 setelah beberapa proses yang harus dilalui. Masuknya QBIX 125 ke Indonesia nyatanya tidak dipasarkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, melainkan melalui importir Safari Motor dan mendatangkannya langsung dari Thailand. 

Harga Yamaha QBIX di Thailand dibanderol sebesar 60.800 baht atau setara dengan 26,2 juta rupiah di Indonesia. Namun karena QBIX 125 masuk melalui jalur importir umum, harga yang ditawarkan untuk pasar Indonesia mencapai 100 juta rupiah off the road

Belum lagi ditambah dengan pajak yang bisa mencapai sekitar 10 juta hingga 12 juta. Tentu saja hal ini sungguh sangat disayangkan karena Pins harus membayar mahal untuk motor kelas 125 cc yang sama dengan motor lainnya. 

Itulah spesifikasi lengkap tentang Yamaha QBIX 125 yang baru saja masuk ke pasar otomotif Indonesia. QBIX 125 memang memiliki desain yang unik dan dengan mudah menarik hati konsumen. Namun sangat disayangkan harga QBIX 125 yang mencapai selangit karena masuk melalui jalur importir umum. 

Jika kamu memiliki mobil, jangan lupa rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Detik.com

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.