Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 10 Ide WR 155 Modif Untuk Tampilan Semakin Gahar
Otomotif

10 Ide WR 155 Modif Untuk Tampilan Semakin Gahar

  • 25 Jan, 2023 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

WR 155 modif bergaya supermoto menjadi inspirasi produsen motor lainnya untuk merombak tampilan kendaraan trail mereka. Selain handal menerjang berbagai medan jalan bahkan cocok untuk digunakan dalam sirkuit balapan.

Sayangnya WR 155 modif hanya satu-satunya motor Yamaha yang mengusung gaya supermoto. Meskipun begitu hadil pula ide desain modifikasi motor ini yang bisa Pins simak sebagai berikut:

Modifikasi Daily User

(pitstop.luckymotoride)

Jika ingin WR 155 modif dengan tampilan gahar namun tetap elegan di jalanan bisa melakukan perombakan pada bagian peleknya. Gunakan bentuk dan ukuran yang menyesuaikan ban supermoto.

Pins bisa menggunakan ban IRC dengan ukuran bagian depan 110/70-17 sementara bagian belakangnya 140/70-17. Pelek bisa memakai Champ dengan ukuran bagian depan 3 inci dan belakang 3.5 inci.

Sistem pengereman standar saja dan tambahkan kaliper S3 dan S2. Jangan lupa mengganti master rem set kopling besutan RCB S series. Sistem pengereman juga dibekali dengan disc brake lingkar 300mm. Bagian knalpot diubah memakai Proliner XR1.

Dengan tampilan motor ini jalan perkotaan maupun medan jalan terjal bisa nyaman dilibas. Motor cocok untuk dikendarai sehari-hari serta lebih friendly di jalan raya.

Baca juga:

Tampang Retro

(Liputan6)

Bagi pecinta Retro bisa pula WR 155 modif dengan gaya tersebut seperti pada gambar di atas.  Untuk mengubahnya menjadi tampilan retro perlu proses bodywork yakni mempreteli bodi plastik bawaannya dan menyisakan mesin, rangka serta kaki-kaki.

Ubah bagian subframe kemudian racik ulang agar jok datar. Penyangga kursi diberi dudukan knalpot, sinyal belok hingga spakbor belakang. Tempat duduk pengendara dibuat custom dengan bentuk ramping model trick and roll.

Tangki ikut dirombak dengan model mirip XT500 dari material alloy.bagian penampung bahan bakar tersemat emblem XT155.

Black Full Body

(Carousell)

Motor bisa terlihat semakin garang dari pilihan warna bold seperti hitam. Cat full body dengan warna hitam tanpa menambahkan stiker apapun termasuk bagian jok juga menggunakan warna senada.

Untuk membuat tampilannya mencolok saat berkendara gunakan pelek dengan warna menonjol. Pins bisa memakai pelek dengan warna merah darah untuk bagian roda depan dan belakang. 

Baca juga:

Tambahkan Aksesoris Pelindung

(inews)

Kesan gahar bisa diciptakan dari penambahan aksesoris seperti pelindung blok mesin dan engine guard. Tambahkan pula headlamp reflector LED custom yang bisa didapatkan dengan harga Rp500.000 an.

Tidak lupa bagian stang diganti dengan stang twinwall yang memiliki busa. Bagian spakbor bawaan dirancang lebih kecil agar menyesuaikan body motor. Walaupun menambahkan banyak aksesoris namun tidak akan mengurangi performa motor.

Model Trabasan

(Oto)

Sebenarnya model trabasan dari pabrikan Yamaha sudah cukup menawan.  Apalagi mesin sudah dibekali kubikasi 155 cc, 4-tak, 1 silinder SOHC dan pendingin cairan serta pengabut injeksi.

Tenaga yang dihasilkannya bisa mencapai 11.6 kW dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Perpaduan warnanya cantik yakni hitam dan tosca yang jarang dimiliki oleh motor pabrikan.

Supermoto

(Kompas)

Motor Yamaha WR 155 memang dirancang dalam dua model yakni trabasan dan supermoto. Pada model supermoto memakai ban Pirelli Diablo Rosso Sport, tromol depan belakang, pelek Takasago Excell Asia hingga rantai SSS.

Headlamp LED model arus DC dengan grafis decal body. Tanpa harus memodifikasinya sekalipun tampilan motor ini sudah gahar dan handal melaju di berbagai medan jalan.

Baca juga:

Rombak Pelek dan Ban Lebih Lebar

(Gridoto)

Biasanya untuk WR 155 modif gahar cukup mengubah pelek dan bannya saja menjadi lebih besar. Kedua rodanya menggunakan pelek TK racing bright berukuran 17 inci dan lebar 3 inci di depan dan 3.5 inci di belakang.

Kedua pelek ini masih dibalut dengan ban Michelin Pilot Power 2CT. Ditambah lagi slider custom model KTM pada as roda untuk menahan motor saat terjatuh.

Handgrip Biru

(Gridoto)

Pins juga bisa mengubah bagian handgrip yang menyesuaikan dengan warna bodi motor. Bila dominasi warna biru maka pilih handgrip dengan warna senada.

Gunakan handgrip X-Grip yang terkenal lebih empuk. Saat ngegas pegangan terasa nyaman serta anti selip.

Spakbor Mungil

(Gridoto)

Spakbor biasanya dibuat menonjol dan menutupi beberapa lengkungan ban. Berbeda dengan spakbor depan motor ini yang sengaja dibuat mungil layaknya pada WR 125.

Fungsi spakbor sebenarnya sebagai pelindung ban dan penumpang dari serpihan kotoran. Ukuran spakbor yang cukup besar biasanya menutupi dimensi ban. Adanya spakbor mungil ini akan lebih menonjolkan ban bagian depan.

Baca juga:

Upgrade Lampu dan Mesin

(Gridoto)

Modifikasi terakhir bisa dari lampu depan yang menggunakan satu set produk SRX yang sudah LED. Cahaya lampu depan lebih terang dan membantu pengendara melaju di jalanan saat malam hari.

Tambahkan pula lampu rem dan sein aftermarket, stang Odi dan handle rem expedition agar menunjang kenyamanan kemudi. Untuk upgrade mesin bisa menggunakan exhaust system full system Prospeed. Modifikasi ini juga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

WR 155 modif bisa mengandalkan model langsung dari pabrikan Yamaha atau custom modifikasi. Dalam perombakan tidak perlu keseluruhan bisa pula mempertahankan komponen bawaan pabrik dan menambahkan sedikit aksesoris untuk meningkatkan tampilan gaharnya.

Source Feature Image:Oto


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah