Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Apa Itu Valet Parking dan Fungsinya?
valet parking
Otomotif

Apa Itu Valet Parking dan Fungsinya?

  • 8 Dec, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Solusi yang dihadirkan oleh para pelaku usaha besar seperti pengusaha pusat perbelanjaan dan hotel. Mereka menjawab kerisauan dan kesulitan parkir dengan solusi adanya valet parking

Terutama untuk kamu pengemudi wanita, tentunya akan sangat terbantu dengan adanya layanan jasa seperti ini. Terlebih jika sedang berpergian bersama buah hati saja tanpa ada yang mendampingi misalnya suami. 

Baca juga: Ada Plat Nomor Putih? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Valet Parking

Banyak orang yang sudah mengetahui apa itu valet parking dan bagaimana menggunakannya serta manfaat yang didapatkan. Namun masih banyak juga yang belum tahu sama sekali bahkan asing ketika disebut valet parking.

Artikel ini akan memuat penjelasan lengkap mengenai penyedia jasa satu ini yang dapat bermanfaat untuk kamu. Bagi kamu yang bertanya apa itu valet parking maka akan mendapatkan jawabannya segera.

Valet parking adalah sebuah jasa yang disediakan oleh pihak tertentu untuk memudahkan proses memarkir kendaraan yang kamu miliki. Sebut saja misalnya pengelola pusat perbelanjaan. 

Pihak penyedia akan menghadirkan layanan jasa petugas valet parking. Petugas ini akan melayani kamu dalam urusan parkir kendaraan. Jadi kamu cukup memberikan kunci kendaraan maka kendaraan akan otomatis di parkir oleh petugas. 

Setelah menyelesaikan tugasnya maka petugas akan memberikan kembali kunci kendaraan kepada kamu selaku pemilik. 

Fungsi Valet Parking

Ada banyak sekali fungsi dari penyediaan jasa seperti ini. Kamu dapat merasakan manfaat yang besar meskipun kegiatan ini terlihat sederhana dan mudah. Lalu apa saja fungsinya?. Yuk cek di bawah ini!.

Lahan Parkir yang Efisien

Fungsi yang dapat dirasakan dari adanya jasa seperti ini adalah efisiensi penggunaan lahan parkir. Petugas dapat mengatur kendaraan sedemikian rupa untuk memaksimalkan penggunaan lahan parkir.

Kendaraan yang diparkirkan pun dapat terlihat lebih rapi karena telah dilakukan oleh petugas yang profesional untuk urusan parkir.

Mengantisipasi Pencurian Kendaraan

Tersedianya jasa seperti ini sangat membantu untuk mengantisipasi dan meminimalisir resiko pencurian kendaraan. Terutama terjadinya kasus di khalayak ramai. Biasanya para pencuri memang memanfaatkan situasi ramai di ruang umum untuk mencuri kendaraan.

Karena kamu akan sibuk dengan kegiatan yang dilakukan dan tidak akan fokus memperhatikan kendaraan yang diparkir. Penyedia jasa ini biasanya sudah memikirkan masalah keamanan dengan sangat baik.

Petugas parkir tidak akan beranjak pergi sebelum jam kerja selesai. Para petugas benar-benar melakukan penjagaan dan pemantauan penuh terhadap kendaraan yang ada. 

Sehingga kamu dapat lebih tenang saat memarkirkan kendaraan di sini.

Menghemat Waktu

Fungsi adanya layanan jasa valet parking selanjutnya adalah menghemat waktu pengendaraan atau pemilik kendaraan. Kamu tidak perlu repot menghabiskan waktu hanya untuk sibuk mencari parkiran dan memarkirkan kendaraan.

Parkir kendaraan yang dilakukan oleh petugas lebih efisien dari segi waktu pengerjaan dan sudah terjamin benar. Jadi Pins jangan ragu-ragu untuk menggunakan jasa layanan seperti ini ya.

Baca juga: Cara Kerja, Fungsi VVTI & Plus Minusnya

Tugas Valet Parking

valet parking
(pixabay)

Sekarang tiba waktunya untuk kamu mengetahui apa saja tugas dari penyedia jasa layanan ini. Apakah hanya sekedar mengambil kunci kendaraan dan memarkirkannya atau ada prosedur dan tata caranya?. 

Untuk mengetahui tugas mereka kamu dapat melihatnya disini.

Memeriksa Kondisi Kendaraan

Tugas pertama seorang valet adalah memeriksa kondisi dari kendaraan yang akan diparkir. Apakah terdapat goresan, kerusakan, pecah ban dan beberapa hal lainnya. Intinya kegiatan ini bertujuan untuk memastikan apakah kendaran dalam keadaan baik atau tidak sebelum di parkirkan.

Mengkonfirmasi Kendaraan dengan Pemilik

Setelah petugas valet memeriksa dan mengecek semua kondisi kendaraan maka petugas harus mengkonfirmasi dengan pemilik kendaraan. Konfirmasi ini berisi tentang kondisi mobil sebelum diparkirkan, apakah ada kerusakan atau tidak.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi kesalahpahaman antara petugas dengan pemilik kendaraan. Terlebih jika sudah ada kerusakan yang terjadi sebelumnya tanpa disadari oleh pemilik. 

Maka pemilik tidak akan serta merta langsung menyalahkan petugas saat mengambil kendaraannya kembali.

Memarkirkan Kendaraan dengan Tepat dan Aman

Tugas inti dari petugas valet adalah memarkirkan kendaraan dengan benar, tepat dan aman. Kamu tidak perlu cemas kendaraan di parkir secara sembarangan. Karena petugas akan memarkirnya dengan sop yang benar dan berlaku.

Keahlian dari petugas valet dalam memarkirkan kendaraan dapat melampaui keahlian yang kamu punya. Jadi Pins tetaplah gunakan jasa ini dan tidak perlu risau.

Mengembalikan Kendaraan Tepat Waktu

Petugas valet dituntut agar dapat mengembalikan kendaran tepat waktu kepada pemilik. Hal ini harus selalu dijaga oleh petugas demi memberikan fasilitas pelayanan yang bagus untuk pengunjung. 

Pengembalian kendaran yang tidak tepat waktu dapat membuat kesal dan marah pengunjung. Karena pengunjung diharuskan menunggu dan membuang banyak waktu berharga mereka.

Padahal kamu tahu sendiri tujuan adanya kegiatan ini salah satunya untuk efisiensi waktu bagi pengemudi atau pemilik kendaraan.

Penyedia Jasa Valet Parking

tidak semua tempat memberikan pelayanan dan menyediakan jasa valet parking. Umumnya hanya pihak pengelola yang memiliki usaha lumayan besar yang menyediakannya. Misalnya seperti pusat perbelanjaan yang sudah besar seperti mall-mall besar.

Hotel dan restoran yang ramai pengunjung dan rata-rata pengunjungnya adalah orang-orang yang sibuk. Seperti pengunjung berupa para pebisnis yang rapat dengan klien.

Baca juga: Penjelasan Lengkap SMART SIM Baru

Featured Image Source: pixabay


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.