Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Penting! 3 Cara Mengetahui Ukuran Ampere Aki Mobil
Otomotif

Penting! 3 Cara Mengetahui Ukuran Ampere Aki Mobil

  • 27 May, 2018 oleh Omri Christian
  • 4 menit membaca

Dalam baterai mungkin sering kamu temui tulisan yang menyatakan 12 V 60 Ah, atau 12 V 45 Ah. Nah, apa sih singkatan dari Ah? Ah adalah ampere-hour yang menyatakan kapasitas baterai, sementara 12 Volt adalah tegangan baterai tesebut, karena ada baterai yang memiliki tegangan 24 volt yang biasa digunakan pada kendaraan-kendaraan besar seperti truk dan bus.

Istilah tersebut akan kamu jumpai saat kamu berurusan dengan ukuran ampere aki mobil. Lalu, bagaimana cara melihat ukuran amper aki tersebut? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Baca juga: Fungsi Regulator dan Komponennya Pada Sistem Pengisian Mobil

Kenali Ukuran Ampere Aki Mobil

Baterai Aki Mobil
(Bisaotomotif)

Kembali ke kapasitas baterai, apa itu ampere hour? Ampere hour menyatakan kapasitas baterai, kapasitas baterai merupakan seberapa lama aki tersebut dapat bertahan mensuplai arus untuk beban/load. 

Ampere hour menyatakan besarnya arus yang dapat mengalir dalam waktu 20 jam pada temperatur 270 derajat celcius atau 800 derajat fahrenheit pada pengujian dengan tegangan dipertahankan 1,75 volt setiap selnya atau total 10,5 volt untuk enam sel pada baterai dengan 12 volt.

Misalnya :

Baterai dengan kapasitas 60 Ah. Maka baterai tersebut dapat mengalirkan arus sebesar 3 A dalam waktu 20 jam. Karena 60 Ah didapat dari 3 A x 20 jam = 60 Ah.

Baterai dengan kapasitas 45 Ah. Maka baterai tersebut dapat mengalirkan arus sebesar 2,25 amper dalam waktu 20 jam.

Bahan aktif pada plat baterai harus tahan terhadap kondisi penerapan beban lampu-lampu yang membutuhkan daya tertentu saat menyala. Metode pengujian ini disebut juga metode pemakaian baterai 20 jam. Baterai pada umumnya menyatakan kapasitasnya dalam satuan amper-jam.

Baca juga: 10 Komponen Rem Cakram Sepeda Motor

Pentingnya Mengetahui Ukuran Ampere Aki Mobil

(IDN Times)

Ampere aki mobil berkaitan erat dengan beban listrik pada mobil. Jadi kamu tidak boleh sembarang membeli aki mobil karena tiap mobil berbeda kebutuhan listriknya.

Ukuran ampere aki yang tepat untuk mobil kamu sendiri biasanya adalah ukuran yang cocok dengan aki bawaan. Namun, mungkin seiring waktu ada modifikasi penambahan aksesoris yang membutuhkan listrik sehingga membuat kebutuhan listrik pun berubah.

Oleh karena itu, penting kamu tahu ukuran ampere aki mobil yang cocok untuk kamu seperti apa. Ini akan menentukan ketetapat pemilihan aki nantinya.

Baca juga: Yuk, Kenali 38 Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Cara Mengukur Ampere Aki Mobil

ukuran ampere aki mobil
(Bukalapak)

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan utnuk mengukur ampere aki mobil. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Periksa Bodi Aki Mobil

Cara paling mudah untuk tahu ampere aki mobil adalah dengan mengetahui aki original bawaan pabrik. Kamu hanya tinggal memperhatikan ukuran ampere yang biasanya terletak dengan dengan tegangan aki.

Ukuran ampere yang nampak bisa saja beragama karena ada beberapa ukuran yang lazim digunakan. Misalnya 40 aH, 55 aH, 65 Ah dan lain sebagainya.

Cek Kode Aki Mobil

Kamu juga bisa melihat ukuran ampere aki mobil di bagian kode yang terletak di atas tutup badan aki. Ada beberapa kode yang lazim digunakan, yaitu TN (European Type Number), JIS (Japan Industrial Standard).

Kode yang berasal dari ETN akan berbentuk angka. Umumnya angka amperenya terletak di bagian digit kedua dan ketiga deret tersebut.

Sedangkan untuk JIS, kode ditulis dengan kombinasi antara huruf dan angka. Namun, untuk ukuran amperenya bisi dilihat di dua angka pertama, baik di awal kode maupun setelah huruf pada kode. 

Mengukur dengan Alat Ampere Meter

Ampere meter adalah alat khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui ukuran ampere aki mobil kamus secara real time. Namun, alat ini biasanya hanya digunakan oleh profesional seperti para teknisi. Dengan alat ini kamu bisa mengetahui apakah aki perlu diisi ulang atau tidak.

Demikian informasi mengenai ukuran ampere aki mobil. Semoga bisa menambah wawasan kamu khususnya di bidang otomotif!

Baca juga: Simak Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Ban Mobil


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.