Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Tujuan Ban Mobil Diberi Alur, Apa Manfaatnya?
Otomotif

Tujuan Ban Mobil Diberi Alur, Apa Manfaatnya?

  • 15 Dec, 2021 oleh Budi Santoso
  • 3 menit membaca

Apa Tujuan Ban Mobil Diberi Alur? Salah satu komponen yang cukup penting pada mobil adalah ban. Kondisi ban yang tidak optimal bisa menimbulkan masalah pada saat kamu berkendara. Salah satu tanda jika ban kamu bermasalah adalah ketika alurnya mulai tipis. Lalu apa sebenarnya tujuan ban mobil diberi alur?

Tujuan Ban Mobil Diberi Alur?

Fungsi ban memang akan sangat krusial. Itulah mengapa memastikan kondisi ban tetap prima merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan. Salah satu cara untuk melihat kondisi ban ini adalah dengan memeriksa bagian alur, produsen memberi alur pada ban bukan tanpa tujuan, lalu apa tujuan ban mobil diberi alur, berikut adalah beberapa alasannya:

1. Meningkatkan Gaya Gesek

Tujuan pertama dan yang paling utama dari pemberian alur pada ban adalah untuk meningkatkan gaya gesek antara ban dengan jalanan. Semakin tinggi gaya geseknya maka akan semakin aman juga kamu ketika berkendara. Hal ini membuat mobil menjadi tidak akan mudah tergelincir.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa ban yang alurnya sudah tipis maka sebaiknya cepat kamu ganti. Semakin tipis alur ban maka akan semakin hilang gaya geseknya. Tentu ini akan membahayakan kamu ketika berkendara.

2. Membuat Alir Mengalir

Pemberian alur pada ban mobil selain untuk meningkatkan gaya gesek juga untuk membuat air yang ada pada ban mengalir. Hal ini akan berguna ketika kamu melewati jalanan yang basah. Alur ini akan membantu mobil untuk melaju dengan mudah. Selain itu, alur ini juga membantu mempertahankan daya cengkram ban terhadap kondisi jalanan yang basah. Hal ini juga berguna ketika kamu berkendara pada kondisi jalanan yang licin.

3. Menambah Estetika

Selain untuk tujuan teknis, pemberian alur pada ban juga berhubungan dengan masalah estetika. Jika kamu perhatikan saat para produsen ban membuat alur pada ban dengan ciri khas mereka masing-masing. Hal ini bisa menambah keunikan pada produk mereka. Selain itu, cara ini juga merupakan cara yang unik untuk membuat perbedaan antara satu produk dengan produk yang lain.

Baca Juga: Rekomendasi Merek Ban Motor Murah

Jenis Alur Ban Mobil

Selain memahami tujuan ban mobil diberi alur, yang perlu kamu tahu juga adalah saat ini ada beberapa jenis alur pada ban yang banyak digunakan. Tentunya masing-masing alur akan memiliki fungsinya sendiri. beberapa jenis alur tersebut antara lain:

1. Alur Vertikal

Mungkin ini merupakan jenis alur ban yang paling banyak kamu lihat. Tujuan ban mobil diberi alur vertikal ini  adalah meningkatkan kapasitas drainase, mengurangi resistensi, dan juga memiliki tingkat kebisingan yang paling rendah. Ini merupakan tipe alur ban yang cocok pada kendaraan yang digunakan di area perkotaan dengan kondisi jalanan yang baik.

2. Alur Lug

Ini merupakan bentuk alur seperti persegi. Ini merupakan alur ban yang fungsinya untuk meningkatkan traksi dan juga daya cengkram yang cukup besar. Ini merupakan tipe ban yang akan digunakan untuk mobil yang melaju dengan pelan, kondisi jalanan yang buruk, atau medan jalan yang kasar.

3. Alur Cacing

Ini merupakan jenis alur ban yang bentuknya menyerupai cacing. Keunggulan dari alur ban ini adalah meningkatkan performa berkendara terutama efisiensi pada saat pengereman.

Itulah beberapa hal tentang tujuan ban mobil diberi alur. Secara umum, tujuannya adalah untuk meningkatkan gaya gesek. Gaya gesek inilah yang nantinya akan membuat kamu nyaman berkendara. Salah satu manfaat gaya gesek itu sendiri adalah mempertahankan laju mobil agar tidak slip.

Baca Juga: