Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi 7 Titik Syaraf Totok Wajah yang Bisa Dilakukan Sendiri
titik syaraf totok wajah
Relaksasi

7 Titik Syaraf Totok Wajah yang Bisa Dilakukan Sendiri

  • 22 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Melakukan pijatan pada titik syaraf totok wajah telah lama dilakukan dalam praktik kecantikan maupun pengobatan. Ilmu totok yang merupakan bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok ini dipercaya dapat membantu mengobati penyakit serta membuat tubuh lebih bugar. Totok wajah juga dapat membuat wajah tampak bercahaya dan lebih kencang, lho.

Ilmu totok sendiri dalam dunia pengobatan disebut akupresur, yakni terapi dengan melakukan pijatan pada titik tertentu. Titik-titik akupresur berjumlah ratusan dan tersebar di seluruh tubuh di sepanjang garis meridian. Pada dasarnya titik akupresur sama dengan titik akupunktur. Bedanya, akupresur dilakukan dengan totok atau memijat sedangkan akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum.

Kalau akupunktur perlu keterampilan khusus, akupresur atau totok wajah bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Untuk bisa melakukannya dengan benar, kamu wajib tahu titik-titik syaraf totok wajah. Yuk simak penjelasannya!

Titik Syaraf Totok

Area Sekitar Pelipis

Melakukan pijat pada titik syaraf totok wajah bisa membantumu meredakan sakit kepala, lho. Kalau kamu sedang pusing atau terlalu lama menghadap komputer, coba tekan bagian pelipis untuk membuat kepala terasa relaks. Lakukan totok wajah sederhana dengan cara menekan area pelipis selama beberapa menit. Kamu akan merasakan pusing dan penat di kepala perlahan berkurang.

Area di Atas Alis

Titik syaraf totok wajah juga dapat menghilangkan sakit kepala, terutama untuk pusing di kepala bagian depan. Titik ini bisa kamu temukan pada area lekukan tepat di atas alis.

Tidak hanya akan membantumu meredakan sakit kepala, totok wajah di atas alis juga akan mencegah timbulnya kerutan halus pertanda penuaan. Sakit kepala hilang, kulit wajah pun jadi lebih kencang.

Alis Bagian Dalam

Di area sekitar alis memang terdapat titik syaraf totok wajah yang vital. Jika totok wajah di atas alis dapat meringankan sakit kepala bagian depan, totok wajah pada alis bagian dalam akan membuat pandangan matamu lebih jelas.

Pada saat kamu menekan-nekan area bawah alis, otot mata akan menjadi relaks dan terstimulasi. Alhasil, pandangan matamu jadi lebih jelas.

Jadi, kalau kamu mulai merasa pusing karena membaca buku atau menghadap layar komputer/smartphone terlalu lama, coba lakukan ini. Tutup mata dan letakkan ujung jari di area bawah alis.

Kemudian tekan-tekan dengan perlahan sampai kamu merasa relaks. Area bawah alis yang berdekatan dengan bola mata merupakan area sensitif. Jadi, lakukan dengan hati-hati, ya!

Area di Antara Kedua Alis

Masih di area wajah bagian atas, titik syaraf totok wajah di antara kedua alis juga dapat membantumu mengurangi pusing akibat mata lelah. Totok wajah di area ini cukup sederhana.

Kamu bisa menekan titik di tengah-tengah antara alis menggunakan ujung jari. Kamu juga bisa menekan area pada sisi pangkal hidung menggunakan ujung telunjuk dan jempol untuk mendapat efek relaksasi yang sama.

Selain mengurangi pusing akibat mata lelah, totok wajah pada area ini juga dapat membatumu meredakan stres dan rasa cemas berlebihan. Agar kamu bisa lebih relaks, lakukan totok wajah sembari menarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan.

Area di Atas Tulang Pipi

Titik syaraf totok wajah selanjutnya adalah area wajah di atas tulang pipi. Melakukan totok wajah pada area ini tiga kali dalam seminggu dipercaya bisa membuat wajahmu lebih bercahaya.

Ini bukan omong kosong belaka karena totok wajah dapat membuatmu lebih relaks dan jauh dari stres. Totok wajah juga dapat membantu melancarkan aliran darah yang mengalirkan nutrisi ke kulit wajah serta merangsang pembentukan kolagen.

Alhasil, kamu akan lebih tenang dan tampak lebih bahagia sehingga terpancar dari wajahmu.Selain titik di atas tulang pipi, kamu juga bisa memijat lekukan di belakang daun telinga dan area di antara kedua alis untuk relaksasi yang lebih baik.

Ujung Cuping Hidung

Pada umumnya totok wajah bisa membuat kulit wajahmu lebih kencang dan mencegah timbulnya garis-garis halus. Begitu pula ketika kamu melakukan pijatan ringan pada titik syaraf totok wajah di ujung cuping hidung.

Totok wajah memang akan membantumu relaks dan melancarkan aliran darah di bawah permukaan kulit. Nah, saat memijat titik syaraf di ujung cuping hidung, kamu juga sekaligus melancarkan pernafasan, lho.

Ujung Dagu Bagian Tengah

Titik syaraf totok wajah di ujung dagu bagian tengah akan membuat rahangmu relaks. Melakukan totok wajah pada area ini akan membuat kulit di sekitar dagu terasa kencang dan tidak kendur.

Bila dilakukan secara rutin, totok wajah area dagu juga bisa membantu membuat area dagu lebih menawan, lho!

Ingat Ini Saat Melakukan Totok Wajah Sendiri

Melakukan totok wajah sendiri di rumah terbilang aman. Namun, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat melakukannya. Di antaranya yaitu:

  • Hindari menekan titik syaraf pada area yang mengalami luka, memar, bengkak, atau berjerawat.
  • Kalau kamu menderita sakit kanker, jantung, diabetes, dan penyakit serius lainnya, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukan totok wajah, baik dilakukan sendiri maupun oleh terapis.
  • Hentikan melakukan totok wajah apabila kamu merasakan sakit atau dampak negatif lainnya.
  • Lakukan pijatan pada titik syaraf dengan lembut dan perlahan sembari mengatur irama napas.

Nah, itu dia beberapa titik syaraf totok wajah yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Melakukan totok wajah pada area yang disebutkan di atas terbilang aman. Namun, tidak ada salahnya juga kalau kamu menghubungi terapis profesional untuk totok wajah. Selamat mencoba!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.