Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi 3 Titik Refleksi Turun Berok atau Penderita Hernia
Relaksasi

3 Titik Refleksi Turun Berok atau Penderita Hernia

  • 21 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Turun berok alias hernia bisa semakin parah bila tidak segera ditangani. Bahkan, beberapa orang tidak dapat mengembalikan posisi usus karena sudah dalam keadaan terjepit. Bila masih ringan, Pins bisa mencoba memijat titik refleksi turun berok, nih.

Walau begitu, ada baiknya kamu berkonsultasi dahlu dengan dokter sebelum urut bagian yang sensitif ini. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Penyebab Turun Berok

(Pexels)

Penyebab dari hernia ini ada beberapa faktor, diantaranya adalah karena faktor usia atau penuaan. Kebiasaan buruk seperti intensnya mengangkat beban berat atau pernah mengalami operasi perut.

Adapun faktor lainnya adalah seperti keturunan maupun terlahir prematur. Mereka yang pernah mengalami peningkatan tekanan dalam dinding perut yang berasal dari kehamilan rentan terkena hernia.

Pasien yang menjalani operasi perbaikan hernia dapat beresiko kembali terkena turun berok. Turun berok dapat disebabkan karena sembelit maupun batuk dalam waktu yang lama.

Baca Juga : Pijat Refleksi Kepala untuk Meredakan Saat Pusing Melanda

Gejala Turun Berok

(Pexels)

Turun berok dapat dialami siapa saja, termasuk bayi. Hernia sendiri merupakan penyakit saat organ dalam tubuh seperti usus menonjol keluar lewat celah otot. Hal ini dikarenakan jaringan penyangga dalam tubuh mulai melemah.

Gejala turun berok ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian tertentu, misalnya saja selangkangan, bagian atas paha, pusar maupun perut. 

Benjolan ini akan sangat terasa ketika penderitanya tertawa, batuk, membungkuk atau mengejan ketika buang air besar. Sementara itu, benjolan pada bayi akan terlihat saat menangis.

Munculnya benjolan ini juga disertai dengan rasa sakit. Gejala hernia dapat dibedakan menurut jenisnya seperti di bawah ini.

Hernia Hiatus

Gejalanya sesak napas, muntah darah, dada nyeri sampai sakit perut. Tinja berwarna kehitaman dan nyeri ulu hati. Terdapat kesulitan dalam menelan makanan dan asam lambung.

Hernia Otot

Pins akan merasakan nyeri pada area kaki disertai dengan bengkak. Pembengkakan dapat hilang bila beristirahat dengan cukup. Jenis hernia ini sering terjadi diakibatkan cedera.

Hernia Epigastric

Ciri dari jenis hernia ini adalah munculnya nyeri di sekitar benjolan hernia. Benjolan biasa berada di atas pusar. Penderitanya mengalami sakit perut ketika bersin, batuk atau tertawa.

Hernia Spigelian

Umumnya penderita sering mengalami sembelit dan terdapat benjolan di area samping pusar atau di bawahnya. Sakit perut akan sangat terasa ketika berolahraga atau buang air besar. Rasa nyeri pada perut dapat menetap atau timbul hilang.

Hernia Incisional

Ciri dari jenis hernia ini adalah mual dan muntah, demam, sembelit, dan jantung berdetak cepat. Penderita memiliki benjolan dekat bekas sayatan operasi dan terasa nyeri.

Hernia Femoralis

Ditandai dengan mual dan muntah serta sakit perut. Jika berdiri, batuk atau berolahraga penderita akan merasakan nyeri di selangkangan.

Hernia Inguinalis

Ada benjolan yang timbul di bagian selangkangan namun hilang ketika berbaring. Selain itu timbul bengkak dan nyeri di skrotum dan selangkangan terasa berat. Ada rasa nyeri di bagian pangkal paha ketika berolahraga atau batuk.

Hernia dapat dideteksi dengan CT scan ataupun foto rontgen. Selain itu MRI, Endoskopi maupun USG juga mampu mengetahui adanya hernia atau tidak.

Baca Juga : Inilah 7 Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi

Titik Refleksi Turun Berok

Selain melakukan operasi turun berok juga diatasi dengan pijat refleksi. Pemijatan dilakukan pada kaki. Adapun titik refleksi turun berok yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Di bawah kuku ibu jari kaki kiri maupun kanan atau dua jari di belakang sendi jempol kedua kaki
  • Dua jari diatas mata kaki bagian dalam serta di samping bagian bawah mata kaki bagian luar
  • Di samping tulang kering bagian atas atau di bawah lutut

Pemijatan dilarang dilakukan pada bagian perut yang mengalami turun berok. Hindari memijat titik benjolan karena mampu meningkatkan resiko perforasi usus. Pemijatan pada area turun berok mampu merusak lapisan usus.

Terapi Pijat Untuk Turun Berok

(Pinterest)

Pemijatan titik refleksi turun berok dapat dilakukan selama tiga menit. Pada setiap titiknya sebaiknya dilakukan pemijatan dengan tekanan sedang. Terapi pijat  dapat dilakukan setiap hari minimal sekali.

Terapi pijat dapat memakai jari tangan seperti ibu jari dan telunjuk. Pemijatan ini sebaiknya hanya untuk penderita turun berok ringan. Setelah melakukan terapi pijat usahakan untuk minum air mineral.

Minimal 500 ml atau sebanyak dua gelas. Lakukan pemijatan secara rutin hingga membaik. Untuk hernia kelas berat sebaiknya lakukan operasi untuk mengobatinya.

Baca Juga : Tips dan Cara Pijat Perut Kembung yang Benar dan Ampuh

Hal yang Dihindari Saat Turun Berok

Ketika mengalami turun berok perlu menghindari aktivitas berat. Misalnya saja mengangkat beban berat dan berhenti merokok. Olahraga angkat beban juga tidak diperkenankan dilakukan oleh penderita turun berok.

Konsumsi makanan yang memiliki serat tinggi. Kurangi konsumsi makanan berlemak tinggi seperti gorengan atau makanan bersantan. Jangan mengejan terlalu kuat saat buang air besar. 

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita turun berok adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Pasien juga perlu mengkonsumsi buah dan jus yang tidak mengandung asam.

Pins dapat mengkonsumsi asparagus dan kayu manis atau jahe. Tidak lupa lakukan pemijatan pada titik refleksi turun berok.

Nah, itu tadi titik pijat yang bisa kamu stimulasi saat turun berok. Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome.

Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.