Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi 5 Titik Refleksi untuk Perut Kembung Agar Lebih Lega
titik refleksi perut kembung
Relaksasi

5 Titik Refleksi untuk Perut Kembung Agar Lebih Lega

  • 1 Apr, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, tubuh kita memiliki lebih dari 400 titik akupresur. Selain itu, ada sekitar 30 titik yang dipercaya terhubung dengan saluran pencernaan. Itu sebabnya, pijatan pada area tertentu mungkin bisa jadi titik refleksi perut kembung, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. 

Ini juga dibuktikan melalui riset dari jurnal Chinese Medicine. Para ahli menemukan bahwa akupresur dapat meningkatkan pencernaan dan kualitas hidup pada pasien sakit jiwa. Untuk lebih jelasnya, coba simak ulasan seputar titik akupresur terkait saluran pencernaan di bawah ini. 

Titik Refleksi untuk Perut Kembung

Pins tahu tidak kalau titik akupresur tersebar di seluruh tubuh dengan “sistem meridian” atau jalur energi. Berbeda dengan akupuntur yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik tertentu. Akupresur dilakukan dengan pijatan menggunakan jari-jari tangan. 

Akupunktur dianggap efektif untuk mengatasi masalah kesehatan serius yang lebih kompleks dan berisiko. Maka dari itu, akupunktur membutuhkan pelatihan formal dan harus memiliki izin.

Sementara itu, akupresur bisa kamu coba di rumah untuk mengatasi keluhan ringan, seperti perut kembung. Metode ini cukup mudah dipelajari dan informasinya bisa dijumpai di internet maupun buku-buku kesehatan. 

Bagi Pins yang mengalami gangguan pencernaan, coba lakukan pijatan pada lima titik refleksi perut kembung berikut ini. 

Zusanli (ST36)

titik refleksi perut kembung
(Oriental Acupunture)

Titik 足三里/Zusanli (ST36) yang artinya “Tiga Li Kaki” dipercaya sebagai titik refleksi perut kembung yang efektif. Titik ini dapat kamu temukan di dekat tempurung lutut. 

Lantaran tersambung dengan sistem meridian perut, titik Zusanli berpengaruh pada organ perut bagian atas, energi utama, dan sistem saraf parasimpatis.

Memijat titik refleksi perut kembung yang satu ini cukup mudah dengan panduan berikut ini. 

  • Letakkan dua jari pada titik Zusanli pada kaki kanan atau kiri.
  • Tekan dengan lembut, tetapi kuat dan gerakkan jari secara memutar. 
  • Lakukan pijatan selama 3 menit. 
  • Ulangi pada kaki yang lain. 

Perlu diingat untuk tidak memijat terlalu kuat. Pijatan yang terlalu kuat dapat menyebabkan nyeri, memar, terutama jika kamu melakukan tekanan yang terlalu kuat pada titik akupresur yang sensitif.

Sanyinjiao (SP6)

(Pinterest)

Titik 三陰交/Sanyinjiao (SP6) memiliki makna “Tiga Persimpangan Yin” dan dapat kamu temukan pada tulang pergelangan kaki bagian dalam. Bagian ini terhubung dengan meridian limpa sehingga dapat menjadi titik refleksi perut kembung yang efektif. 

Titik Sanyinjiao terhubung dengan organ perut bagian bawah dan sistem saraf parasimpatik. Alhasil, pijatan akupresur pada titik Sanyinjiao dapat meringankan rasa sakit pada perut bagian bawah.

Untuk melakukan akupresur, Pins mencoba mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  • Letakkan satu atau dua jari pada titik Sanyinjiao di kaki kanan atau kiri. 
  • Gerakkan jari secara memutar dengan tekanan yang lembut tapi kuat. 
  • Pijat bagian tersebut selama 2-3 menit. 
  • Ulangi langkah di atas pada kaki yang lain. 

Qihai (CV6)

(Acumeridian Points)

Titik refleksi untuk perut kembung yang satu ini berada di bawah pusar. 气海/Qihai (CV6) artinya “Lautan Qi”. Titik ini terhubung dengan sistem meridian 任脈/Ren Mai yang artinya “Tempat Kelahiran”, dari pusar hingga perineum,

Pijatan pada titik ini akan berpengaruh pada organ perut bagian bawah dan seluruh energi pada tubuh kita. Begini cara memijat akupresur pada titik refleksi perut kembung yang satu ini. 

  • Letakkan dua atau tiga jari pada titik Qihai dan tekan dengan lembut. 
  • Hindari menekan terlalu kuat karena ini bagian dari daerah yang sensitif. 
  • Lakukan gerakan memutar selama 2-3 menit. 

Zhongwan (CV12)

titik refleksi perut kembung
(Acumeridian Points)

Titik 中脘/ Zhongwan (CV12) secara harfiah berarti “Tengah Perut”. Titik ini berada di dekat titik Qihai, yakni dapat kamu temukan di atas pusar. Seperti halnya Qihai, titik ini terhubung dengan Ren Mai. 

Namun, Zhongwan berpengaruh pada organ berbeda, yakni organ perut bagian atas, dan organ Yang, termasuk kandung kemih serta kantong empedu. Ini langkah-langkah melakukan pijat pada titik refleksi Zhongwan. 

  • Tekan lembut pada titik Zhongwan dengan dua atau tiga jari. 
  • Lakukan gerakan memutar selama 2-3 menit. 
  • Hindari menekan terlalu kuat mengingat Zhongwan adalah titik yang sensitif. 

Weishu (BL21)

titik refleksi perut kembung
(Acumeridian Points)

Titik akupresur terakhir yang merupakan titik refleksi perut kembung adalah  胃俞/Weishu (BL21) yang artinya “Pengangkut Perut”. Daerah ini bisa kamu temukan di area punggung bagian bawah dan terhubung dengan sistem meridian kandung kemih. Titik ini berpengaruh pada  gangguan saluran pencernaan dan sakit perut pada umumnya, seperti melancarkan BAB.

Saat melakukan pijatan pada titik refleksi untuk perut kembung, cukup gunakan satu atau dua jari di titik Weishu. Lakukan gerakan secara memutar dengan tekanan lembut selama 1-2 menit saja.

Sebelum melakukan pijat akupresur pada titik Weishu, pastikan tulang belakangmu dalam kondisi normal. Pijatan pada titik Weishu tidak disarankan bagi orang yang mengalami cedera pada tulang belakang, tulang belakang lemah, atau menderita kondisi medis seperti slipped disc (piringan tulang belakang tergeser).

Itulah 5 titik refleksi perut kembung yang dapat kamu coba untuk membatasi perut kembung. Meski pengobatan akupresur relatif aman, ada baiknya bersikap hati-hati. Bila kamu mengalami kondisi tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencobanya, ya! 

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.