Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi Ini Dia Titik Refleksi Tangan untuk Lambung yang Bisa Kamu Coba
Relaksasi

Ini Dia Titik Refleksi Tangan untuk Lambung yang Bisa Kamu Coba

  • 22 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Ketika asam lambung naik, ulu hati sakit bahkan bisa menimbulkan mual dan muntah. Pins bisa mengatasi masalah ini dengan menekan titik refleksi untuk lambung pada tangan.

Gejala asam lambung umumnya menimbulkan rasa terbakar di dada setelah makan atau berbaring. Mulut terasa asam, sesak napas bahkan disertai mual hingga muntah. Selain itu, perut akan terasa kembung dan sering bersendawa.

Tak jarang asam lambung diikuti dengan batuk karena tenggorokan mengalami iritasi. Nah, pijatan pada titik refleksi di tangan bisa menjadi solusi alternatif meredakan penyakit ini.

Penyebab Asam Lambung

titik refleksi lambung pada tangan
(Pexels)

Asam lambung yang naik juga sering disebut dengan GERD. GERD adalah singkatan untuk Gastroesophageal reflux disease. Dalam seminggu, penderita GERD bisa mengalami 2-3 kali untuk asam yang ringan atau sekali gangguan parah.

Penyebab paling umum timbulnya GERD adalah hernia hiatus. Hal ini terjadi saat bagian atas perut dan sfingter bergerak di atas diafragma. 

Akibatnya, otot mampu memisahkan dada dan perut. Tugas diafragma adalah menjaga asam di perut namun dalam kasus GERD asam mampu naik sampai kerongkongan. 

Penyakit ini mampu menyerang siapa saja dan tidak pandang usia. Asam lambung mampu menyerang bayi apalagi ketika otot LES masih dalam pertumbuhan. 

Jika bayi terkena asam lambung, ia akan merasa gumoh atau sendawa setelah makan. Penyakit GERD dapat terdeteksi dengan melakukan pemeriksaan seperti elektrokardiogram (EKG). 

Asam lambung juga dapat dideteksi dengan melakukan foto rontgen, manometri esofagus, gastroskopi atau pengukuran tingkat keasaman (pH) kerongkongan. Jika terjadi komplikasi mampu menyebabkan Esofagitis, Striktur atau Esofagus Barret.

Baca Juga : Teknik Pijatan untuk Hidung Tersumbat yang Perlu Kamu Ketahui

Titik Refleksi Tangan untuk Lambung

titik refleksi lambung pada tangan
(Pexels)

Titik refleksi lambung pada tangan terletak di area Perikardium 6 atau sering dikenal dengan P6. Titik ini berada sekitar 6 cm tepat berada di bawah garis pergelangan tangan.

Titik refleksi lambung lainnya juga berada di sekitar telapak kaki. Misalnya saja di lekukan kaki segaris dengan jempol kaki atau area tengah antara jempol dan tumit. Ada pula area CV 12 yakni berada ditengah-tengah antara dada dan perut.

Pemijatan pada area ini mampu meredakan muntah dan sembelit. Jika mengalami kembung, area 3 cm di bawah pusar perlu dipijat. Ketika melakukan pemijatan pada area ini, sebaiknya sambil menarik napas dalam.

Baca Juga : 5 Titik Pijat Refleksi Saat Sakit Gigi

Terapi Pijat Refleksi Asam Lambung

Cara memijat titik refleksi lambung pada tangan adalah dengan pijat pelan-pelan untuk pemanasan. Pemijatan pemanasan ini berlangsung selama 5 menit. Ingat sebelum diurut olesi tangan dulu dengan minyak urut.

Setelah itu lakukan pemijatan pada setiap titik selama tiga menit. Jika dirasa lumayan parah maka lakukan pemijatan tiga kali dalam sehari. Pijat refleksi sebaiknya dilakukan pada pagi hari, siang hari dan malam hari sebelum tidur.

Lakukan pemijatan selama tiga hari berturut-turut. Setelah itu lakukan terapi pijat satu kali saja dalam sehari hingga sembuh. Dalam terapi pemijatan gunakan dua atau tiga jari. 

Saat terapi pijat pemanasan bisa diberikan penekanan ringan. Setelah itu berikan penekanan kuat. Apabila ingin memakai alat sebaiknya gunakan stik pijat atau benda tumpul seperti batu yang memiliki permukaan halus.

Baca juga : Inilah 7 Titik Pijat untuk Menurunkan Darah Tinggi

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

titik refleksi lambung pada tangan
(Pexels)

Gejala asam lambung sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderita bisa sangat mual bahkan tidak dapat makan. Pada dasarnya untuk mencegah asam lambung naik Pins dapat menjaga pola makan.

Adapun cara lainnya dalam mencegah asam lambung diantaranya adalah sebagai berikut.

Tidak Ngemil atau Makan Berat Sebelum Tidur

Asam lambung sebenarnya bisa dicegah dengan tidak makan sebelum tidur, baik ngemil maupun makan berat. Pasalnya, gravitasi mampu menarik isi perut ke arah kerongkongan saat kamu berbaring. Itu sebabnya, beri jarak ketika ingin tidur setelah makan.

Kamu bisa makan 2-3 jam sebelum tidur. Dengan begitu, isi lambung akan lebih koosng ketika beristirahat dan makanan bisa mencapai usus halus.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Babat Sapi Agar Tidak Bau

Meninggikan Kepala saat Tidur

Selain tidak ngemil di malam hari, ada baiknya kamu meninggikan posisi kepala dan dada sekitar 15-20 cm saat tidur. Pins bisa menggunakan penyangga di bawah kasur. Namun, hindari memakai bantalan tambahan karena bisa menekan perut.

Makan dalam Porsi Kecil Tapi Sering

Bagi kamu yang mudah lapar bisa menggunakan metode makan porsi kecil tetapi sering. Penderita asam lambung ternyata dianjurkan makan lima kali sehari dalam porsi kecil dibandingkan makan tiga kali dalam porsi besar sehari.

Porsi yang besar bisa menyebabkan lambung bekerja lebih keras. Pasalnya, lambung memikul beban makanan yang lebih besar. Di sisi lain, kelebihan berat badan akibat penumpukan lemak bisa memberikan tekanan ekstra pada perut.

Selalu Sedia Obat Asam Lambung

Jangan lupa selalu menyediakan obat-obatan yang mampu menurunkan asam lambung. Pastikan pula kamu menghindari beragam pemicu asam lambung seperti:

  • Makanan berlemak, pedas, asam, dan goreng-gorengan.
  • Teh
  • Kopi
  • Minuman berkarbonasi.
  • Stres.
  • Pakaian ketat.

Untuk mencegah asam lambung naik Pins dapat mengunyah permen karet. Konsultasikan dengan dokter bila asam lambung tidak kunjung sembuh. 

Nah, itu tadi sederet titik refleksi lambung pada tangan yang diklaim membantu meredakan gejala asam lambung yang naik. Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome.

Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.