Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi 10 Titik Refleksi Kaki Kanan dan Kiri yang Mampu Atasi Masalah Kesehatan
Relaksasi

10 Titik Refleksi Kaki Kanan dan Kiri yang Mampu Atasi Masalah Kesehatan

  • 6 Apr, 2022 oleh Achlisia Putri
  • 5 menit membaca

Pijat refleksi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya saja mampu memberikan efek relaksasi dan  mengatasi konstipasi. Titik refleksi kaki merupakan bagian paling krusial.

Berdasarkan penelitian dari Dr. Shelby Riley selaku Physiotherapist, menyatakan bahwa area refleksi paling sensitif adalah kaki. Apabila area kaki dipijat sakit maka tandanya peredaran darah pada tubuh sedang tidak lancar.

Titik refleksi kaki kanan dan titik refleksi kaki kiri memiliki pengaruh besar dalam mengatasi masalah tubuh baik sakit kepala hingga PMS. 

Tak heran bila area titik refleksi telapak kaki menjadi perhatian para terapis pijat refleksiologi. Berikut 10 titik refleksi kaki kanan dan kiri yang ampuh mengatasi masalah kesehatan!

Untuk Sakit Kepala

Untuk meredakan sakit kepala sebaiknya lakukan pemijatan pada lengkung jari kaki hingga ujung jari kaki. Gunakan bantuan ibu jari dengan gerakan melingkar.

Lakukan pijatan memutar selama satu menit. Apabila mengalami sakit kepala bagian kanan maka tekan titik refleksi kaki kanan begitupun sebaliknya.

Mencegah Insomnia

Ada banyak faktor penyebab insomnia seperti stress maupun akibat gaya hidup yang tidak sehat. Pemijatan pada titik refleksi kaki mampu mencegah dan mengatasi insomnia.

Bagian samping luar ibu jari memiliki hubungan dengan kelenjar pineal yang menghasilkan hormon melatonin.  Tekan bagian punggung kaki antara jempol dan jari kaki selama 3 menit.

Tekanan pada titik ini mampu membuat otot menjadi lebih rileks. Lakukan hal ini secara berulang hingga merasa tenang.

Meredakan Flu

Titik refleksi telapak kaki nyatanya mampu meredakan flu yang sedang diderita. Tak hanya flu saja namun juga peradangan saluran pernafasan seperti sinusitis dapat terobati.

Caranya mudah cukup memijat  titik refleksi kaki kiri dan kanan tepat pada bagian sisi jempol. Pijatan harus mengarah ke arah atas dan bawah. Lakukan secara berulang dan perlahan hingga nafas menjadi lebih lega.

Selain meminimalkan hidung mampet, pijatan ini ampuh untuk mengurangi sakit kepala saat sedang flu. Lakukan secara rutin khususnya sebelum tidur hingga flu mereda.

Melancarkan Pencernaan

Bagi yang sering mengalami sembelit bisa pula mencoba pemijatan pada titik refleksi kaki. Coba pijat titik refleksi telapak kaki khususnya bagian tengah.

Pijat dengan memakai jempol kanan secara berulang. Penekanan pada titik ini tak hanya mempengaruhi saluran pencernaan saja namun juga ginjal dan pankreas.

Mengatasi Sakit Pinggang

Untuk meredakan sakit pinggang Pins dapat menekan titik lengkung dari telapak kaki hingga ibu jari. Cobalah untuk gerakan ibu jari ke atas hingga kebawah sepanjang titik lengkung itu.

Pins bisa menggunakan bantuan kayu tumpul untuk pemijatan. Lakukan pemijatan pada bagian cekungan mulai dari arah jempol ke arah tumit kaki. Lakukan secara perlahan dan bergantian dari kaki kanan ke kaki kiri.

Mengurangi Nyeri Tubuh

Tubuh pegal dan nyeri? Coba lakukan pemijatan pada titik refleksi telapak kaki. Kali ini gunakan bola untuk membantu memijat. Langkahnya mudah cukup sediakan bola tenis atau golf saja.

Gulingkan bola dengan telapak kaki selama beberapa menit. Pins dapat gulingkan bola ke arah depan dan belakang. Lakukan cara ini sampai menemukan titik sensitifnya.

Injak bola dengan tekanan medium dan tahan sekitar 3-5 menit saja. Bila terasa nyeri pada tubuh bagian kiri maka fokus pada titik refleksi kaki kiri begitupun sebaliknya.

Baca Juga: Manfaat Bekam untuk Jantung

Meredakan Gejala PMS

Bagi wanita yang sedang mengalami masa menstruasi atau PMS biasanya sering mengalami kram perut. Biasanya tanda premenstrual syndrome (PMS) adalah sembelit, sakit kepala, kram perut, lelah bahkan sulit tidur.

Langkah-langkahnya adalah mulai dengan menekan salah satu lekukan kaki tepat pada tepi permukaan kaki. Pijat pada bagian mendekati tumit atau dibawah cekungan.

Ulangi hingga beberapa kali sampai tubuh terasa rileks. Pijatan ini mempengaruhi organ dalam khususnya rahim, ovarium dan kelenjar hipotalamus pada otak.

Baca Juga: Manfaat Totok Aura

Merefleksikan Panggul

Adanya nyeri panggul menjadi tanda gangguan pada organ reproduksi. Umumnya dialami oleh para wanita khususnya yang sedang hamil. 

Untuk mengatasinya biasa dilakukan pemijatan pada kaki bagian dalam. Pijat bagian tumit hingga pergelangan kaki. Pijatan ini mampu mempengaruhi area rektum hingga pinggang.

Selain itu Pins juga bisa meletakan bola saat tubuh terlentang. Tekuk lutut dan letakan telapak kaki menempel pada lantai.

Setelah itu perlahan gerakan bola tersebut ke arah bawah dan atas untuk meredakan sakit pada bagian belakang tubuh. 

Baca Juga: 11 Resep Ikan Mujair

Mengurangi Kecemasan

Rasa cemas juga mampu mengganggu waktu tidur. Otot jadi lebih tegang ketimbang biasanya. Dengan pijat refleksi kecemasan dapat berkurang sekaligus menenangkan otot.

Langkah refleksinya adalah dengan menekuk jari-jari kaki ke arah telapak kaki. Kemudian temukan cekungan kecil pada telapak kaki lalu pijat dengan ibu jari.

Sebaiknya saat memijat Pins genggam bagian atas kaki sehingga tekanan pijatan bisa maksimal. Lakukan gerakan ini dari titik refleksi kaki kiri  berganti ke kaki kanan.

Meningkatkan Energi Tubuh

Untuk mengembalikan energi pada tubuh coba pijat bagian telapak kaki. Pijatlah satu pertiga dari jempol kaki. Lanjutkan memijat pada bagian telapak tangan khususnya antara ibu jari dan telunjuk.

Bagian ini juga sering dijadikan titik akupuntur untuk mengembalikan energi tubuh. Titik refleksi kaki diatas bisa Pins praktekan saat sedang senggang baik di rumah maupun kantor. Alat bantunya sederhana dan bisa dilakukan mandiri.

Baca Juga: Titik Pijatan untuk ulu Hati


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.