Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi Ini Dia 3 Titik Pijat Batuk dan Juga Radang Tenggorokan
atuk dan Radang Tenggorokan
Relaksasi

Ini Dia 3 Titik Pijat Batuk dan Juga Radang Tenggorokan

  • 14 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Meski batuk dan radang tenggorokan termasuk penyakit yang paling umum terjadi, di masa pandemi covid-19 orang jadi mudah panik. Jangan buru-buru ambil kesimpulan, coba lakukan pijatan titik refleksi batuk dan radang tenggorokan untuk meredakan gejalanya.

Batuk dan radang tenggorokan memang termasuk gejala covid-19, tetapi bisa juga hanya penyakit batuk atau flu biasa. Lagi pula, COVID 19 biasanya disertai dengan serangkaian gejala lain, seperti demam, anosmia, badan lemas, dan lain sebagainya.

Diagnosis secara pasti tetap harus dikonfirmasi dengan melakukan tes PCR atau SWAB. Jika keluhan tidak begitu parah, tidak menutup kemungkinan hanya penyakit biasa yang bisa diredakan dengan pijat refleksi.

Baca juga: Coba Titik Refleksi Kaki untuk Asam Lambung Ini

Pijat Pijat Batuk Dan Radang Tenggorokan

Kendati kerap dianggap penyakit ringan, batuk dan pilek akan mengganggu kenyamanan penderitanya, apalagi radang tenggorokan. Maka dari itu, segera tangani batuk dan radang tenggorokan ketika gejalanya muncul.

Tak harus dengan obat untuk mengatasi batuk, kamu bisa mencoba teknik pijat refleksi atau akupresur. Pada dasarnya, metode ini berasal dari pengobatan tradisional China yang sudah dilakukan selama ratusan tahun.

Pijat refleksi maupun akupresur dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit dengan “mengaktifkan” titik tertentu yang terhubung dengan organ dalam.

Dengan memberikan stimulasi pada bagian saraf tertentu, otot akan menjadi lebih relaks dan mengingatkan kinerja organ.

Teknik ini berbeda dengan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia untuk meredakan gejala penyakit. Dalam pijat refleksi atau akupresur, pemijatan bertujuan meningkatkan kinerja organ sehingga tubuh dapat memulihkan dirinya sendiri.

Itulah kenapa pijat refleksi atau pijat akupresur dapat membantu mengobati berbagai penyakit dan keluhan kesehatan.

Meski tergolong aman, pijat akupresur tidak disarankan pada ibu hamil karena titik-titik tertentu bersifat sensitif. Contohnya, titik di area perut bagian bawah.

Kendati demikian, titik refleksi untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan tidak berisiko karena tidak termasuk titik sensitif.

Baca juga: 10 Titik Refleksi Kaki Kanan dan Kiri yang Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Titik Pijat Batuk Dan Radang Tenggorokan

Berikut ini tiga titik yang bisa kamu pijat sendiri untuk membantu meringankan gejala batuk dan radang tenggorokan.

Bladder 1 (BL 1)

(Acu Meridian Points)

Titik refleksi batuk dan radang tenggorokan yang pertama disebut Bladder 1. Kendati demikian, titik ini tidak berada di dekat kandung kemih (bladder).

Titik ini bisa kamu temukan di antara kedua mata atau pada jembatan hidung bagian atas. Cara melakukan pijatan untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan adalah dengan menekan titik ini selama sepuluh detik.

Selanjutnya, lepaskan selama beberapa detik dan ulangi lagi minimal sampai 10 kali.

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Large Intestine 20

(Acu Meridian Points)

Titik pijat batuk dan radang tenggorokan selanjutnya disebut Large Intenstine 20 yang berada di sisi luar lubang hidung kanan maupun kiri. Sama halnya seperti pijatan pertama, gunakan tekanan lembut untuk memijat kedua titik ini selama sepuluh detik dan ulangi.

Sebetulnya tidak ada batasan berapa kali kamu harus melakukan pijat refleksi, tetapi disarankan sekitar 3 menit dalam sekali pijat.

Selanjutnya, kamu bisa mengulangi langkah pijatan tadi beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Large Intestine 19

(Acu Meridian Points)

Titik refleksi yang ketiga untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan disebut Large Intestine 19. Titik ini bisa kamu temukan di bagian bawah lubang hidung, yaitu titik di antara hidung dan bibir.

Lakukan teknik pijatan seperti sebelumnya, yaitu menekan dengan ujung jari selama 10 detik. Kemudian, beri jeda sebentar dan ulangi menekan titik refleksi beberapa kali.

Itulah 3 titik refleksi batuk dan radang tenggorokan yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Perlu Pins ketahui, pijat refleksi berfungsi membuat otot menjadi rileks sehingga dapat memaksimalkan kinerja organ tubuh.

Kendati demikian, bukan berarti titik refleksi batuk dan radang tenggorokan akan mengobati penyakit secara instan. Seperti pengobatan pada umumnya, pijat refleksi adalah upaya yang membutuhkan proses.

Karenanya, Pins harus bersabar dan melakukan pijat refleksi secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal. Di samping itu, ada baiknya Pins mengimbangi dengan upaya lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: 5 Titik Refleksi untuk Perut Kembung Agar Lebih Lega

Alternatif Pengobatan Batuk Dan Radang Tenggorokan

Selain melakukan pijat pada titik refleksi batuk, kamu juga bisa membarenginya dengan alternatif pengobatan alami. Berikut di antaranya:

Madu

titik pijat batuk
(Freepik)

Menurut studi, madu memiliki kemampuan meredakan batuk lebih efektif daripada obat yang mengandung dekstrometorfan. Carannya, campurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat dan lemon, kemudian minum secara perlahan.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Daun Mint

titik pijat batuk
(Freepik)

Daun mint atau peppermint terkenal karena kandungan menthol yang semriwing dapat membantu melegakan tenggorokan. Kamu bisa langsung menyeduh daun mint dengan air hangat.

Alternatifnya, gunakan 7 tetes minyak esensial beraroma peppermint dan campurkan dengan secangkir air panas. Kemudian, hirup uapnya dengan menarik napas dalam-dalam.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Jahe

titik pijat batuk
(Freepik)

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga ternyata bisa membantu mengatasi gejala batuk dan sakit tenggorokan lho. Bahkan, jahe dipercaya dapat membantu meredakan mual dan sakit perut.

Berkat kandungan yang bersifat anti-inflamasi, jahe juga dapat membantu mengatasi peradangan di tenggorokan. Cara menggunakannya pun mudah yaitu dengan merebus atau menyeduh jahe dengan air panas.

Nah, itulah beberapa titik refleksi batuk dan radang tenggorokan serta alternatif pengobatan alami lainnya. Pastikan Pins juga minum air putih yang banyak agar tubuh terhidrasi.

Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Source Feature Image: Freepik