Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi Ini Dia 5 Titik Bekam Asam Urat 
titik bekam asam urat
Relaksasi

Ini Dia 5 Titik Bekam Asam Urat 

  • 23 Feb, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Pasien asam urat tinggi mungkin sudah tidak asing lagi dengan pengobatan bekam di titik tertentu. Penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak asam urat dalam darah ini diklaim bisa diredakan dengan menjalani terapi bekam, benarkah demikian? 

Faktanya, beberapa orang percaya jika terapi alternatif ini bisa meredakan gejala asam urat tinggi. Sebagai contoh, pengobatan bekam dianggap membantu mengeluarkan kristal asam urat dari persendia dan jaringan di sekitarnya. Alhasil, rasa nyeri pun berkurang. 

Penasaran titik bagian tubuh mana saja yang bisa diterapkan bekam untuk menurunkan asam urat? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga:

Titik Bekam Asam Urat

Bekam adalah pengobatan alternatif dengan mengeluarkan darah kotor. Darah ini mengandung racun dalam tubuh dan keluar dengan dihisap (cupping) pada titik tertentu. 

Metode ini dianggap bisa membantu mengobati berbagai penyakit, terutama asam urat tinggi. Namun, terapi ini harus dilakukan oleh ahli yang sudah mengetahui titik bekam yang sesuai untuk mengobati asam urat, ya. 

Sembarangan melakukan bekam justru bisa memicu masalah baru atau memperparah kondisi yang ada, Pins.

Leher Belakang Bagian Bawah

titik bekam leher bagian belakang
(Pexels)

Salah satu titik yang biasa dihisap dengan metode bekam untuk mengatasi asam urat adalah leher belakang bagian bawah. Titik yang disebut alkahlil ini diklaim dapat membuang racun dan darah kotor yang menyebabkan masalah asam urat, Pins. 

Punggung Bagian Bawah

Titik lainnya yang biasa diterapkan oleh ahli bekam adalah pinggang kanan dan kiri. Bagian yang disebut alwarik ini fungsinya mirip dengan pembekaman pada leher belakang bagian bawah. 

Selain itu, titik bekam ini membantu meningkatkan fungsi ginjal yang bermasalah ketika menyaring zat puring dalam darah, lho

Punggung Tangan

Bekam tidak hanya diterapkan pada punggung, melainkan juga di bagian tangan, salah satunya adalah punggung tangan. Pada titik ini bekam akan mengeluarkan darah kotor di sekitar persendian yang mengalami asam urat . 

Pengeluaran darah ini kotor ini juga menghasilkan tubuh yang lebih rileks. Bila persendian mengalami pembengkakan, kamu tidak dianjurkan melakukan bekam di atasnya secara langsung. Namun, kamu masih bisa bekan di sekitar sendi yang bengkak. 

Bawah Mata Kaki Kanan

Setelah beberapa bagian tangan, ahli bekam akan berpindah ke bagian bawah mata kaki kanan. Umumnya, jenis bekam untuk mengatasi asam urat di kaki adalah bekam basah. 

Ini mirip dengan penerapan pada titik bekam lainnya, yaitu mengeluarkan darah kotor yang mengandung purin dan racun lainnya. Alhasil, sendi yang terkena asam urat pun lebih terasa ringan. 

Punggung Kaki

Titik bekam untuk mengatasi asam urat lainnya adalah punggung kaki. Titik ini juga mengurangi gejala asam urat dengan menyedot racun yang ada pada sendi di kaki. 

Terapi ini biasanya dilakukan minimal dua minggu sekali tergantung kondisi setiap orang. Selain itu, Pins disarankan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter dan ahli bekam. Bicarakan pula terkait riwayat penyakit yang diderita, ya. 

Berapa Lama Bekam untuk Asam Urat Berlangsung?

Normalnya, bekam kering berlangsung 5 sampai 10 menit. Sementara itu, orang yang menjalani terapi bekam basah untuk asam urat mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Ini karena ahli bekam perlu menyayat sedikit titik bekam untuk mengambil darah yang bertujuang mengurangi asam urat. Selain itu, kamu mungkin akan dioleskan minyak terlebih dulu sebelum proses bekam dimulai. 

Selanjutnya, cangkir bekam akan dipindahkan di sekitar titik yang ditentukan untuk menciptakan efek pijatan. Sesi ini biasanya memakan waktu hingga satu jam, tetapi tergantung dari jenis layanan yang akan diterima, Pins. 

Efek Samping Bekam 

Bagi kamu yang akan baru mencoba bekam, tidak perlu takut. Pasalnya, tidak banyak efek samping yang terkait dengan perawatan ini. Namun, ada beberapa kondisi ringan yang mungkin terjadi selama atau segera setelah perawatan, seperti: 

  • Bekas lingkaran bekam pada kulit. 
  • Perubahan warna kulit
  • Pusing
  • Berkeringat
  • Mual

Setelah perawatan, kulit di sekitar tepi bekam mungkin mengalami iritasi dan ditandai dengan pola melingkar. Beberapa orang mungkin juga merasakan sakit di tempat sayatan. 

Pada kasus yang parah, bekam bisa memicu risiko masalah kesehatan seperti jaringan parut pada kulit dan memar. Bila kamu mengalami salah satu dari masalah ini, segera konsultasikan dengan dokter. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi efek samping dari titik bekam untuk asam urat. Jangan lupa untuk melihat apakah ahli bekam yang pins datangi terpercaya atau tidak, ya. 

Baca Juga:

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bekam

(Pexels)

Perlu Pins ingat, terapi bekam tidak dimaksudkan untuk semua orang. Hindari penggunaan terapi bekam jika memakai obat pengencer darah. 

Di samping itu, ada beberapa kondisi yang patut menghindari pengobatan alternatif ini, antara lain:

  • Kulit terbakar sinar matahari
  • Kulit mengalami luka
  • Trauma atau cedera
  • Gangguan organ dalam
  • Kulit menipis

Tentunya, terapi bekam juga sebagai sunnah rasul, yang bisa dicoba untuk meredakan berbagai penyakit. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu, terutama ketika kamu ingin menambahkan bekam ke rencana perawatan. 

Lanjutkan dengan kunjungan dokter rutin terkait asam urat tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pasalnya, bekam tidak menggantikan pengobatan medis, melainkan melengkapinya. 

Baca Juga:

Featured Image Source: Coreelements.uk.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga berbagai pilihan properti rumah di Kota Depok dengan penawaran terbaik dari Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.