Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kecantikan Jenis dan Ciri-ciri Tipe Kulit
tipe kulit
Kecantikan

Jenis dan Ciri-ciri Tipe Kulit

  • 7 Feb, 2023 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Tipe kulit adalah salah satu faktor penting dalam memilih produk perawatan kulit. Ada berbagai tipe kulit, seperti kulit kering, berminyak, kombinasi, dan kulit normal to dry. Setiap tipe kulit membutuhkan perawatan yang berbeda agar tetap sehat dan bersinar.

Pemahaman tentang tipe kulit sendiri sangat penting, karena jika salah memilih produk perawatan kulit, bisa menyebabkan masalah kulit seperti iritasi, ruam, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tipe kulit dan memilih produk yang sesuai agar kulit tetap sehat dan bersinar. 

Baca juga: Rangkaian Body Care Untuk Memutihkan Kulit

Jenis Tipe Kulit Bagian I

Ada beberapa jenis tipe kulit manusia, Pins dapat melihat kamu termasuk memiliki jenis kulit yang mana. Berikut beberapa jenis kulit tersebut.

Kulit Normal

Kulit normal adalah tipe kulit yang memiliki keseimbangan yang baik antara kelembaban dan minyak. Efisiensi produksi minyak alami kulit membuat kulit terasa lembut dan tidak terlalu kering maupun berminyak.

Keberadaan minyak alami dalam jumlah yang baik memastikan kulit terlihat sehat dan bersinar. Tipe kulit ini sangat jarang mengalami masalah kulit seperti iritasi atau kemerahan. Selain itu, warna kulit yang merata dan pori-pori yang tidak terlalu besar juga menjadi ciri kulit normal.

Meskipun begitu, ada sedikit kebingungan di kalangan pemilik kulit normal karena reaksi kulit bisa berbeda-beda. Biasanya terhadap faktor-faktor seperti usia, perawatan, dan lingkungan. Ini menunjukkan betapa uniknya tipe kulit normal.

Kulit Kering

Tipe kulit kering memiliki beberapa faktor penyebab, termasuk lingkungan yang kering, kebiasaan mandi yang terlalu lama, dan paparan pada bahan kimia pada produk perawatan kulit. Ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami perubahan hormon atau menua.

Kulit kering memiliki beberapa ciri, seperti pori-pori yang sangat kecil, bercak kemerahan, dan penampilan yang kusam. Ia juga terasa ketat, memiliki garis yang lebih jelas, dan mudah gatal dan iritasi.

Ketika sangat kering, kulit bisa menjadi kasar, pecah-pecah, dan bersisik, terutama pada bagian belakang tangan dan kaki. Perawatan yang tidak tepat bisa menyebabkan peradangan dan bahkan berkembang menjadi eksim.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menentukan Undertone Kulit 

Jenis Tipe Kulit Bagian II

Ada beberapa jenis tipe kulit manusia, Pins dapat melihat kamu termasuk memiliki jenis kulit yang mana. Berikut beberapa jenis kulit tersebut.

Kulit Berminyak

Tipe kulit berminyak diakibatkan oleh produksi minyak alami yang berlebihan, yaitu sebum. Sebum memiliki tugas untuk melindungi dan mempertahankan kelembaban kulit. Tipe kulit ini bisa menjadi lebih parah akibat beberapa faktor, seperti perubahan hormon, usia, dan lingkungan.

Pemilik kulit berminyak sering mengalami masalah seperti pori-pori yang besar, jerawat, komedo, dan masalah lain yang menimbulkan bercak berwarna pada kulit. Banyak area wajah tampak mengkilap karena adanya minyak berlebih.

Pori-pori yang besar tanpa perawatan yang tepat dapat menyebabkan tersumbat dan memicu breakout. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pemilik kulit berminyak untuk mencuci wajah dua kali sehari.

Kamu juga harus menghindari scrub yang terlalu keras, dan memilih produk perawatan kulit non-komedogenik. Pilihlah varian skincare untuk wajah berminyak.

Kulit Kombinasi

Kulit yang bertipe kombinasi adalah campuran unik dari tipe kulit yang berbeda. Beberapa area pada kulit tampak berminyak, sementara yang lain normal, kering, atau bahkan sensitif. T-Zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu, merupakan bagian wajah yang biasanya lebih berminyak.

Sementara, area sekitar mata dan mulut sering kering, dan kadar minyak pada pipi bisa bervariasi. Pemilik kulit kombinasi harus menghadapi masalah seperti pori-pori besar dan komedo, serta kulit yang tampak mengkilap.

Walaupun begitu, masalah jerawat mungkin tidak separah pada tipe kulit berminyak. Itulah sebabnya, sangat penting bagi mereka untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai untuk membantu mengatasi masalah kulit mereka.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Ciri-ciri Tipe Kulit

tipe kulit
(gencilnews)

Kamu dapat melihat beberapa ciri-ciri dari berbagai jenis kulit yang ada. Saat salah satu ciri-ciri jenis kulit tertentu lebih banyak kamu temukan pada kulit kamu. Berarti Pins memiliki jenis kulit tersebut. 


Berikut beberapa jenis kulit yang dapat kamu lihat di bawah ini.

Kulit Normal

Jenis kulit normal memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Kelembaban dan kekenyalan kulit yang terjaga dan produksi minyak yang seimbang (tidak berlebihan). Kemudian kamu yang memiliki kulit jenis ini memiliki sedikit masalah kulit atau tidak ada sama sekali.

Warna kulit yang merata dan juga pori-pori yang tidak terlalu besar kemudian tidak mudah mengalami iritasi.

Kulit Kering

Jenis kulit kering memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Kelembaban yang kurang dan kulit terasa kasar dan kering. Produksi minyak yang dihasilkan juga rendah. Mudah mengalami iritasi dan kemerahan. Kulit terasa kasar dan kasar.Pori-pori yang halus dan tertutup.

Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Produksi sebum yang tinggi.Pori-pori yang besar dan terlihat. Masalah jerawat, komedo, dan bercak berwarna pada kulit. Wajah yang tampak mengkilap akibat minyak berlebih.

Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Area tertentu pada kulit terasa berminyak, sementara area lain justru kering atau sensitif. Bagian kulit yang berminyak biasanya adalah T-Zone (dahi, hidung, dan dagu). Masalah pori-pori besar, komedo, dan wajah yang tampak mengkilap.

Featured Image Source: herworldindonesia


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.