Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Beragam Tinggi Motor KLX Berdasarkan Jenisnya
Otomotif

Beragam Tinggi Motor KLX Berdasarkan Jenisnya

  • 18 Aug, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 5 menit membaca

Motor KLX sangat terkenal peruntukannya di jalanan ekstrem atau sering disebut motor off-road selayaknya motocross. Namun untuk kebutuhan kenyamanan dan kebutuhan mengendarai yang cocok dengan pengemudi, Kamu harus tahu jika motor KLX hadir dengan tinggi motor yang berbeda-beda. Tinggi motor KLX akan mempengaruhi cara berkendara dan juga tinggi maupun postur pengemudi.

Baca Juga: 8 Daftar Motor KLX Termahal

Tinggi Motor KLX Berdasarkan Jenisnya

Kawasaki memang memberikan beragam pilihan tinggi motor KLX untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, dimensi yang berbeda juga akan mempengaruhi harga sehingga bisa menyesuaikan budget yang dimiliki. Yuk simak apa saja pilihan motornya!

Baca Juga: Update Harga dan Spesifikasi Motor KLX Terbaru

KLX 150

(Kawasaki)

Kita mulai dari varian motor KLX yang relatif paling murah terlebih dahulu. KLX 150 memang disebut yang paling terjangkau dibanding jenis motor KLX yang lain. Rentang tingginya juga sekitar 1.115 -1.55 mm. Sementara panjangnya di kisaran 2.050 – 2.080 mm  dan lebarnya 825 – 830 mm.

Yang sedikit membedakan KLX 150 dengan jenis yang lain adalah bagian rodanya yang menggunakan ukuran roda 70/100-19 inchi untuk roda depan dan 90/100-16 inchi untuk roda belakang. Kawasaki mengklaim jika motor ini ditujukan untuk pengemudi motor trail pemula karena memang lebih mudah dikendarai.

Bodinya yang cukup ramping memberikan sensasi mengemudi motor trail yang nyaman. Berat kosongnya juga di 116 kg dengan ground clearance 255 mm. Dengan harga sekitar Rp 31 juta untuk OTR Jakarta, warna yang ditawarkan ada hitam dan hijau yang menambah kesan gagah nan sporty khas motor KLX.

KLX 230

(Suara)

Motor satu ini sedikit berbeda tampilannya dibanding motor KLX yang lain. Yang paling menonjol selain adanya corak baru di bodinya, KLX 230 juga memiliki batok lampu yang cukup besar dan kontras.

Tingginya juga lebih tinggi daripada KLX 150, KLX 230 memiliki dimensi 2.045 – 2.105 mm P x 835 – 940 mm L x 1.165 – 1.200 mm T. Bobot motor ini sekitar 132 Kg untuk versi standar dengan tangki bahan bakar mampu menampung hingga 7.5 liter.

Motor ini dianggap mampu menjalani medan sulit dan performa khas motor trail mumpuni karena dibekali dengan diameter dan langkah 67 x 66 mm ditambah tenaga 18.7 Hp di torsi 19.8 Nm.

KLX 250

tinggi motor klx
(Sindo News)

Termasuk jenis KLX favorit karena selain performa yang apik, bodi serta pergerakannya juga lebih gesit. Kapasitas mesinnya pun lebih besar sehingga lebih jago melesat di atas aspal maupun jalanan tanah dan berlumpur.

Soal dimensi tergolong tidak terlalu tinggi ataupun terlalu pendek di angka 2.200 mm P x 820 mm L x 1.190 mm T. Rangkanya juga tidak banyak berubah dari pendahulunya, masih memakai rangka diamond yang kuat namun juga lentur. Termasuk juga penggunaan swingarm alumunium yang menambah keamanan tapi tetap ringan.

Untuk Kawasaki KLX 250 ini, panelnya sudah full-digital dan lampunya juga lebih jernih karena memakai lampu clear diamond. Jarak dengan tanah memang lebih tinggi yaitu 280 mm namun tetap nyaman dikendarai dan lebih leluasa dikendarai di segala medan sulit sekalipun.

Baca Juga: 5 Rekomendasi KlX untuk Orang Bertubuh Pendek

KLX 140R F

tinggi motor klx
(Kompas)

Meski tidak direkomendasikan untuk dikendarai di jalanan biasa, KLX 140 R F tetap patut masuk daftar motor KLX yang memiliki performa terbaik. Karena selain mengacu pada tampilan motocross murni, motor ini juga sangat ringan. Bahkan 20 Kg lebih ringan dari jenis motor KLX standar! Ya, bobot motor ini hanya 99 Kg saja.

Meski begitu, tinggi motor ini tetap tidak jauh dari standar KLX yang lain, sekitar 1.135 mm. Dimensi lengkapnya di angka 2.005 mm P x 790 mm L x 1.135 mm x T. Kembali ke soal tidak direkomendasikan untuk dikemudikan di jalanan biasa, karena motor ini tidak dibekali fitur dan alat kelengkapan lalu lintas.

Motor ini tidak dibekali dudukan plat motor, lampu sein, bahkan lampu depan alias headlamp-nya ditutup cover tipis. Lampu tidak akan menyorot tajam, kurang cocok digunakan di jalan raya. Kaca spion juga tidak nampak pada KLX 140 R F ini.

Motor trail tulen karena memang didesain untuk jalur off-road dengan tipe trondol pada bagian stang dan dashboard. Bahkan tidak ada speedometer di bagian panelnya. Tapi soal kekuatan tidak akan kalah dengan motor lain. Motor ini mampu menghasilkan tenaga 8.3 kW atau setara dengan 11 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 12 Nm di putaran 6.000 rpm.

KLX 230R

tinggi motor klx
(Sindo News)

KLX 230R mungkin tidak terlalu beda dengan KLX 140 R F, tapi tingginya cukup berbeda. Itulah mengapa patut masuk dalam daftar beragam motor KLX ini. Total dimensinya di angka 2.045 mm P x 840 mm L x 1.200 mm T. Ya, tingginya di angka 1.200 mm dengan berat 115 Kg. 

Disebut motor pure-off road, KLX 230R juga tidak dibekali alat kelengkapan lalu lintas. Namun kelebihannya ringan, manuver mudah dikendalikan tapi tetap memiliki tenaga besar sehingga menghasilkan performa memuaskan untuk sekelas motor trail.

Keunggulan motor ini juga dilengkapi dengan all-new perimeter frame yang membuat handling lebih stabil untuk dikendalikan. Suspensinya yang panjang membuat KLX 230R lincah menghindari bebatuan, dan yang paling penting, mampu meredam jalanan bergelombang.

Demikian beragam tinggi motor KLX berdasarkan jenisnya. Semoga membantumu memilih ‘teman’ berkendara di jalanan ekstrem ya, Pins! Selain motor kesayangan yang harus selalu di rawat, mobil pun juga Pins! Salah satunya dengan mencuci mobil. 

Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Klik di sini untuk coba, ya!

Featured Image Source: Freepik


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.