Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Tekanan Ban Mobil Avanza yang Aman untuk Pengendara
tekanan ban mobil avanza
Otomotif

Tekanan Ban Mobil Avanza yang Aman untuk Pengendara

  • 13 Apr, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Tekanan angin ban mobil menjadi salah satu hal penting yang patut diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Ini berlaku untuk semua jenis mobil, termasuk Toyota Avanza yang jadi primadona mobil keluarga. Namun, beberapa orang mungkin kurang paham berapa tekanan ban mobil Avanza yang tepat. 

Pins mungkin lebih sering mengendarai mobil ini tanpa tahu berapa tekanan angin ban yang tepat. Padahal ini perlu diperhatikan dan bisa dilihat melalui rekomendasi dari produsennya, yaitu Toyota. 

Sembarangan mengisi angin, entah itu kurang atau berlebihan, tentu bisa berdampak pada pengalaman berkendara kamu. Maka dari itu, simak yuk berapa tekanan angin ban mobil Avanza yang tepat di sini!

Tekanan Angin Ban Mobil Toyota Avanza

(Pexels)

Pada dasarnya, mencari tahu berapa tekanan ban mobil Avanza yang tepat cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka pintu pengemudi dan menjumpai keterangan tekanan angin pada bagian pilar. 

Pada bagian tersebut kamu akan melihat berapa kebutuhan angin setiap ban. Pertama, tekanan ban bagian depan adalah 33 Psi, sedangkan ban bagian belakang membutuhkan tekanan 36 Psi. 

Angka ini mungkin akan berbeda dengan mobil jenis Toyota lainnya. Pasalnya, ukuran tekanan ban mobil bergantung jenis mobil dan ban yang dipakai dari pabriknya.

Sekarang sudah paham bukan harus mencari ke mana saat mengisi angin ban mobil?

Baca Juga:

Risiko Sembarangan Mengisi Angin Ban Avanza

(Pixabay)

Setelah membaca keterangan yang tertera di setiap mobil, kamu tak perlu mencoba angka-angka lain, Pins. Dengan menerapkan rekomendasi tekanan angin ban mobil Avanza tentu mengurangi risiko aquaplaning

Aquaplaning adalah kondisi ketika mobil atau kendaraan bermotor lainnya kehilangan daya cengkram. Ini bisa menyebabkan pengemudinya kehilangan kendali yang biasanya disebabkan oleh genangan air, seperti hujan dan banjir. 

Penyebab Aquaplaning

Begini, ban mobil umumnya memiliki pola tapak. Pola tapak bertujuan mengeluarkan air yang bisa mempengaruhi paparan dengan jalan dalam kondisi basah. Dengan begitu, daya cengkram mobil tidak hilang. 

Sementara itu, mengemudi di jalanan basah dengan kecepatan yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan genangan air. Genangan air yang berkumpul di antara ban permukaan jalan. 

Lalu, ban kehilangan ‘kontak’ dengan jalan dan mobil kamu akan sulit dikendalikan. Akibatnya, mobil berisiko tergelincir karena tidak dapat mengerem dan menguasai jalanan yang licin. 

Itu sebabnya, mengisi tekanan ban mobil Avanza dengan tepat menjadi salah satu cara ampuh mengurangi bahaya aquaplaning, Pins. 

Ciri-ciri Mobil Aquaplaning

Walau terdengar sebagai kejadian mendadak, aquplaning punya tanda-tanda yang wajib Pins perhatikan. Bila terjadi kondisi di bawah ini, Pins harus lebih berhati-hati ketika mengendarai mobil, ya. 

  • Suara mesin terdengar lebih keras dari biasanya karena terkena genangan air yang memicu panas hingga menimbulkan suara. 
  • Terasa seperti mengubah kopling pada persneling meskipun tidak melakukannya. 
  • Laju kendaraan menjadi lebih cepat hingga sulit dikendalikan. 
  • Mobil terasa lebih ringan akibat tekanan air yang besar mampu mengangkat dan ‘melayangkan’ mobil. 
  • Bagian belakang sisi-sisi mobil terasa melayang (fishtailing). 

Jika kamu mengalami satu atau lebih dari kondisi di atas, sebaiknya bawa laju mobil secara perlahan atau jangan diteruskan sama sekali. 

Baca Juga: Begini Cara Membaca Kode pada Ban Mobil yang Benar

Cara Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil Avanza

(Pixabay)

Walau tekanan angin ban mobil bisa diisi, bukan berarti kamu bisa memakainya sembarangan. Pasalnya, memelihara tekanan angin berpengaruh terhadap performa ban, keseimbangan pengalaman berkendara, dan kemampuan pengereman. 

Bahkan, pemeliharaan tekanan angin yang baik bisa menghemat bahan bakar mobil, lho. Itu sebabnya, jangan tahu-tahu isi angin saja, Pins. Kamu juga perlu paham bagaimana cara menjaga tekanan angin ban , terutama mobil Avanza. 

Sesuaikan Tekanan Angin dengan Beban Angkut

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika merawat ban mobil adalah menyesuaikan beban angkut dengan tekanan angin. 

Tekanan angin ban yang terlalu tinggi bisa menyebabkan aus di bagian tengah. Ini bisa menyebabkan ban mengembang secara tidak normal sehingga mudah pecah jika terkena benturan. 

Akibatnya, daya cengkram ban bisa berkurang dan membuat mobil terasa melayang saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Sementara itu, ban yang diisi dengan tekanan lebih rendah bisa memicu keausan pada sisi ban. 

Hal tersebut bisa merusak lapisan ban yang membuat laju mobil semakin berat. Alhasil, mesin mobil bekerja lebih keras dan boros bahan bakar, deh

Rutin Cek Kondisi Telapak dan Dinding Samping Ban

Bagi kamu yang kerap menjumpai batu atau benda tajam menyelip antara telapak ban, sebaiknya segera lepas barang tersebut. Pasalnya, luka pada telapak ban akibat paku dan benda tajam bisa menyebabkan ban bocor. 

Jika ban bocor tanpa kamu sadari, ini bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Bila kamu sadar, segera ganti ban mobil agar kamu bisa menyetir dengan aman. 

Memeriksa Tekanan Angin Setiap Dua Minggu

Memeriksa tekanan angin ban mobil Avanza ternyata harus dilakukan secara rutin. Ini terutama perlu dilakukan ketika suhu ban sudah dingin. Pasalnya, ban dengan suhu panas bisa meningkatkan tekanan angin sehingga pembacaannya tidak efektif. 

Selain itu, Pins yang punya alat ukur tekanan angin sendiri perlu melakukan kalibrasi secara berkala, ya.

Baca Juga: Yuk, Simak 6 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.