Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Waspada! Ini Tanda-Tanda Kompor Gas Akan Meledak
tanda-tanda kompor gas akan meledak
Elektronik

Waspada! Ini Tanda-Tanda Kompor Gas Akan Meledak

  • 5 Jan, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Ledakan gas elpiji bisa menimbulkan kebakaran yang merugikan dan bahkan menelan korban nyawa. Kalau punya kompor gas di rumah, kamu wajib tahu tanda-tanda kompor gas akan meledak.

Kompor gas yang meledak umumnya disebabkan kebocoran gas elpiji yang kemudian terkena percikan api. Kebocoran itu sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor, misalnya kerusakan pada selang atau regulator.

Dengan mengetahui tanda-tanda kerusakan pada kompor gas, kamu bisa melakukan antisipasi sebelum terjadi ledakan.

Baca Juga:

Tanda-Tanda Kompor Gas Akan Meledak

tanda-tanda kompor gas akan meledak
(SuaraSulsel)

Tabung gas yang mengalami kebocoran tidak serta merta langsung menimbulkan ledakan. Namun, begitu gas bocor terkena percikan api akan langsung terjadi reaksi kebakaran bahkan ledakan.

Jadi, segera jauhkan dari sumber api kalau kamu menemukan tanda-tanda kompor gas bocor berikut ini.

Bau Menyengat

Gas yang bocor biasanya akan menimbulkan bau menyengat. Meski gas itu sendiri tidak berwarna, kamu bisa mengetahui gas bocor dari baunya.

Jadi, kalau kamu masuk dapur dan mencium bau gas, artinya terjadi kebocoran entah pada tabung gas, regulator, atau selang.

Suara Mendesis

Gas bocor juga biasanya diikuti suara mendesis, terutama jika kebocoran disebabkan pecahnya selang. Adapun kencang atau pelannya suara tergantung dari besarnya kebocoran itu sendiri.

Jika sumber kebocoran adalah selang yang pecah atau berlubang, segera lepaskan regulator untuk menghentikan kebocoran.

Nyala Api Tidak Biru

Kompor gas yang berfungsi dengan baik akan mengeluarkan nyala api berwarna biru terang. Sebaliknya, nyala api berwarna merah atau oranye menandakan ada yang tidak beres dengan kompor gas.

Sebaiknya segera hentikan pemakaian untuk menghindari risiko ledakan. Kemudian,  panggil tukang servis untuk melakukan pemeriksaan dan  perbaikan.

Gas Cepat Habis

Penggunaan gas lebih boros dari biasanya meski pemakaiannya sama saja? Ada kemungkinan gas mengalami kebocoran sehingga cepat habis.

Ada baiknya Pins melakukan pemeriksaan dan mengamati tanda-tanda gas bocor seperti disebutkan di atas. Jika benar terjadi kebocoran gas pada selang ataupun regulator, segera lakukan tindakan antisipasi agar tidak terjadi ledakan.

Baca juga:

Tindakan Antisipasi Bila Gas Bocor

Tindakan Antisipasi Bila Gas Bocor
(Pixabay)

Setelah mengetahui tanda-tanda kompor gas akan meledak, segera lakukan langkah-langkah berikut ini:

Bawa Tabung Gas Keluar Rumah

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melepas regulator dan membawa gas keluar rumah. Gas yang terlepas di ruang terbuka relatif lebih aman karena gas akan terangkat naik ke udara.

Namun, pastikan untuk tidak menyalakan api di dekat gas yang bocor karena bisa memicu ledakan.

Matikan Sumber Api dengan Kain Basah

Apabila gas bocor terjadi di dekat sumber api yang sedang menyala, segera matikan sumber api tersebut dengan kain basah. Cara ini lebih efektif untuk memadamkan api daripada menyiramkan air secara langsung.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk memadamkan api, kemungkinan gas akan segera meledak dan memicu kebakaran. Segera selamatkan diri dan beritahu orang-orang terdekat.

Baca Juga:

Tips Aman Memasak dengan Kompor Gas

tanda-tanda kompor gas akan meledak
(Freepik)

Memasak dengan kompor gas sebetulnya tidak berbahaya asalkan kamu mengetahui tanda-tanda kompor gas akan meledak. Lantas, bagaimana sih cara memasak kompor gas yang aman untuk menghindari risiko gas bocor?

Atur Nyala Api

Penggunaan kompor gas sangat mudah yaitu cukup dengan menyalakan kompor dengan memutar kenop. Kemudian, kamu bisa mengatur besarnya nyala api sesuai kebutuhan.

Jika kompor gas tidak langsung menyala ketika kenop diputar tetapi muncul bunyi desis, segera matikan. Sebab, saat kenop diputar terbuka, gas elpiji akan mengalir keluar sehingga tercium bau gas.

Jika ini terjadi, diamkan dulu sebentar, kemudian coba lagi untuk menyalakannya. Kemudian, pengaturan nyala api hendaknya tidak melebihi bagian bawah peralatan masak.

Baca juga:

Rutin Bersihkan Kompor

Kompor gas yang dirawat dengan baik memiliki masa pakai yang sangat panjang, bahkan bisa mencapai belasan hingga puluhan tahun. Di samping itu, kompor gas yang terawat juga pastinya lebih aman untuk dipakai.

Cara perawatan kompor gas mudah, kok. Untuk perawatan sehari-hari, kamu hanya perlu membersihkan permukaannya setiap selesai memakai kompor gas.

Kemudian, bersihkan juga tungku serta burner secara berkala untuk menghilangkan kerak atau kotoran membandel.

Jauhkan Benda Yang Mudah Terbakar

Kompor gas yang menyala mengeluarkan api biru dengan panas tinggi. Jadi, pastikan kamu menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar dari kompor gas.

Jika kompor gas terdiri dari dua tungku atau lebih, biasanya muncul kecenderungan untuk meletakkan benda di antara tungku. Nah, hal semacam ini harus dihindari sebab benda tersebut akan terpapar panas kompor.

Jika benda tersebut terbuat dari plastik, kemungkinan akan meleleh atau bahkan terbakar.

Gunakan Peralatan Masak Yang Tepat

Yang tak kalah penting adalah menggunakan peralatan memasak yang tepat. Umumnya wajan dan panci terbuat dari logam yang bersifat kondusif untuk menghantarkan panas.

Ada juga panci memasak yang terbuat dari bahan kaca. Namun, ini bukan sembarang kaca melainkan jenis kaca khusus yang tahan panas. Jadi, jangan asal meletakkan wadah dari kaca karena bisa pecah jika terpapar panas berlebih.

Gunakan Timer

Terkadang proses memasak memakan waktu yang lama dan dikerjakan sembari melakukan hal lain. Tidak ada salahnya multitasking sembari memasak, tetapi jangan sampai lupa mematikan kompor saat makanan sudah matang.

Agar tidak lupa mematikan kompor, kamu bisa menggunakan timer. Aturlah waktu pada timer agar kamu ingat untuk mengecek dan mematikan kompor bila sudah selesai memasak.

Nah, itulah tanda-tanda kompor gas akan meledak serta langkah-langkah antisipasi yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Featured Image Source: Kompas.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.