Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 10 Tanda Busi Motor Harus Diganti
tanda busi motor harus diganti
Otomotif

10 Tanda Busi Motor Harus Diganti

  • 2 Dec, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Busi motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harus dalam keadaan baik. Kamu harus memperhatikan tanda busi motor harus diganti agar kendaraan tetap sehat dan berjalan normal.

Busi motor dapat kamu lakukan perawatan dan penggantian setiap dua kali ganti oli. Jika ingin berdasarkan kilometer sekitar 6.000 Km. Untuk Kamu yang lupa mengganti busi motor maka perlu memperhatikan tanda-tanda sebagai berikut.

Baca juga: Cara Memeriksa Kabel Busi

Mesin Susah Hidup

Kendala yang paling umum dan sering terjadi saat busi motor kamu harus diganti adalah mesin yang susah hidup. Mau mencoba cara engkol manual maupun starter tetap tidak akan hidup Pins. 

Saat motor kamu mengalami hal seperti itu, sebaiknya segera periksa busi motor. Kemudian lihat apakah keadaan busi masih bagus atau memang sudah aus. Ketika kamu cek ternyata kondisi busi memang sudah harus diganti.

Sebaiknya segera ke toko yang menjual busi motor dan belilah untuk mengganti busi. Penggantian busi harus cepat kamu lakukan jika ingin motor segera hidup kembali. Ayo semangat Pins!. Busimu sudah tidak sanggup lagi memberikan percikan api yang cukup untuk konsumsi ruang bakar.

Busi Berwarna Coklat

Tanda busi motor harus diganti saat kamu menemukan ujung busi atau pada bagian elektroda mengalami perubahan warna menjadi coklat. Pada tahap ini busi sudah melemah dan kinerja juga menurun.

Motor belum mati total karena busi sudah mau habis masa pakainya dan belum rusak atau mati total.

Mesin Berisik dan Bergetar

(suara)

Tanda busi motor harus diganti selanjutnya adalah suara mesin yang terdengar berisik dan motor terasa bergetar. Kamu dapat mengamati suara mesin saat baru dihidupkan dan rasakan juga getaran pada stang motor dan bodi.

Mesin Pincang

Keadaan mesin pincang dapat dirasakan oleh motor kamu yang memiliki dua silinder. Menurunya performa busi sehingga tidak mampu menghidupkan dua silinder. Akibatnya hanya satu saja yang dapat melakukan proses pembakaran.

Inilah alasan kenapa disebut mesin pincang karena yang berfungsi hanya satu silinder saja. Gejala yang dapat kamu temui seperti suara mesin yang tidak halus dan mengganggu telinga.

Motor Macet 

Kendala selanjutnya yang akan muncul adalah macetnya motor yang kamu kendarai. Gejalanya berupa motor yang tiba-tiba mati namun saat dimainkan gas maka motor hidup kembali. 

Disini kecepatan motor sudah menurun dan mulai mengganggu aktivitas kamu dalam berkendara. Biasanya hal ini disebabkan oleh penurunan kinerja dari busi. Busi sudah tidak maksimal menghasilkan percikan api.

Hal ini disebut juga missed fire yang artinya ruang bakar kekurangan percikan api sehingga pembakaran tersendat-sendat.Hal inilah yang menyebabkan energi tekanan yang didapatkan oleh piston kurang maksimal.

Saat kamu merasakan gejala seperti ini pada motor maka sebaiknya segera periksa busi dan ganti. Perbuatan yang sangat sia-sia jika kamu tetap mempertahankan kinerja busi yang sudah tidak maksimal lagi.

Selain menghambat perjalanan kamu, hal ini juga dapat merusak mesin motor.

Baca juga: 5 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian 

Munculnya Surging

Gejala yang dapat kamu temui berikutnya yaitu munculnya surging pada motor. Surging ini kondisi dimana pasokan udara dalam ruang bakar terlalu besar dari yang seharusnya.

Udara ini menjadi penyebab pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak selesai dilakukan. Kondisi surging tentu akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Lakukanlah pergantian busi motor secepatnya saat terjadi hal ini.

Ujung Busi Berubah Warna

Tanda yang satu ini dapat kamu lihat ketika mengecek langsung busi yang ada pada motor. Saat melakukan pengecekan dan menemukan perubahan warna pada ujung busi. Maka ini sudah jelas menandakan busi motor harus diganti.

Perubahan warna biasanya lebih ke warna kemerah-merahan dan terlihat jelas dengan mata telanjang. 

Boros BBM

Ciri yang akan kamu alami berikutnya adalah boros Bahan Bakar Minyak (BBM). Busi yang sudah rusak atau turun performanya dapat menyebabkan endapan kotoran pada ujung insulator busi. Penyebabnya berasal dari pembakaran yang tidak sempurna.

Endapan ini otomatis akan menjadikan pemakaian bahan bakar jadi semakin besar alias boros. Penyebab lainnya dikarenakan percikan api yang dihasilkan untuk ruang bakar kecil sehingga tidak dapat membakar secara sempurna.

Busi Gosong

Apabila kamu menemukan tanda berupa gosongnya bagian ujung busi ini menandakan busi harus segera diganti. Karena busi sudah mati total dan tidak dapat digunakan lagi. Dalam waktu bersamaan motor kamu juga sudah tidak bisa dihidupkan lagi.

Jalan-satu-satunya adalah mengganti busi yang gosong dengan busi yang baru.

Penurunan Akselerasi Motor

Busi yang sudah tidak baik lagi performanya dapat menurunkan akselerasi motor. Penurunan kemampuan ini jelas dapat mengganggu aktivitas berkendara. Terlebih saat kamu ingin cepat sampai ke suatu tempat.

Penyebab utamanya berasal dari busi yang sudah harus diganti karena tidak mampu maksimal dalam menstimulasi ruang bakar. Stimulasi yang dimaksud berupa percikan api yang diberikan busi pada ruang bakar.

Gejalah ini umumnya ditandai dengan motor yang kurang merespon tarikan gas. Terkadang tarikan gas akan terasa kurang bahkan tidak bertenaga.

Itulah 10 tanda busi motor harus diganti Pins. Sekarang saatnya kamu lihat tanda yang mana saja yang sudah nampak pada motor milik kamu.

Baca juga: Fungsi dan Bagian-bagian Busi (Spark Plug) Pada Sistem Pengapian

Featured Image Source: wahanahonda


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.