BlogHome ServiceOtomotifSuspensi yang Digunakan Pada Truk dan Bus Adalah?Cek Ini Dulu!
0
0

Suspensi yang Digunakan Pada Truk dan Bus Adalah?Cek Ini Dulu!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Suspensi merupakan komponen yang berfungsi untuk meredam kejutan maupun getaran saat melintasi permukaan jalan yang tidak rata. Jenis suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah tipe berbeda dengan mobil.

Walaupun suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah model berbeda namun fungsinya sama seperti milik mobil yakni meredam getaran kendaraan. Adapun jenis suspensi yang digunakan pada bus dan truk bisa Pins simak di bawah ini!

Fungsi Suspensi Secara Umum

Source : bristaxle

Sebelum mengetahui suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah tipe berbeda ketahui dulu fungsi dari suspensi secara umum. Sistem suspensi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyerap getaran osilasi serta kejutan
  • Mampu menopang beban
  • Memelihara geometris roda
  • Menambah traksi roda
  • Fungsi lainnya adalah meneruskan gaya gerak pengereman

Komponen dalam suspensi terbagi menjadi tiga yakni pegas, peredam kejut dan lengan suspensi. Pegas terbagi menjadi tiga tipe yakni coil spring, leaf spring dan pegas puntir atau pegas batang torsi.

Pegas berfungsi untuk menerima getaran dari roda namun tidak menyalurkan ke rangka kendaraan. Peredam kejut bermanfaat untuk meredam getaran yang diterima oleh pegas. 

Sedangkan lengan suspensi atau suspension arm berfungsi untuk memegang rangka roda kendaraan.

Baca juga:

Sistem Suspensi Bus

Source : Pexels

Jenis suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah model berbeda. Adapun jenis suspensi bus yang biasa digunakan dari masa ke masa adalah sebagai berikut:

Coil Spring

Suspensi ini umumnya disebut dengan per keong atau per obat nyamuk. Jenis suspensi ini sering ditemukan pada bus Mercedes Benz seri pertama yang masuk ke Indonesia. Penggunaan coil spring untuk suspensi depan namun bagian belakang cenderung memakai per daun atau leaf spring.

Leaf Spring

Suspensi ini banyak digunakan pada bus maupun truk khususnya pada awal mula kemerdekaan Indonesia. Tipe ini sering dipakai pada bus asal pabrikan Amerika Serikat seperti DODGE atau FORD.

Suspensi ini terkenal akan daya tahan dan kemampuan mengangkat beban kuat. Suspensi ini terdiri atas lapisan plat baja dengan bentuk vertikal yang bisa Pins bongkar pasang.

Air Suspension

Suspensi ini biasa digunakan untuk sasis bus premium dan sudah ada di Indonesia sejak 1996. Dulunya pengguna air suspension digunakan pada Mercedes Benz OH 1634 atau sering digunakan pada megatrend milik perusahaan otobus asal Aceh yaitu PO.Kurnia.

Kelebihan suspensi udara adalah mampu meredam getaran lebih baik sebab memakai udara sebagai fluida. Dampaknya mampu mengurangi kebisingan dan getaran untuk kenyamanan selama di perjalanan.

Baca juga:

Sistem Suspensi Truk

Source : Pexels

Fungsi utama dari suspensi khususnya pada truk adalah mendukung berat kendaraan untuk diteruskan ke tanah. Suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah yang mampu melindungi badan kendaraan dari goncangan vertikal roda-roda ke badan truk.

Independent Suspension System

Suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah independent suspension system. Ada beberapa keuntungan dan kelemahan dari jenis suspensi ini yakni sebagai berikut:

  1. Keunggulan: 
  • Mampu memberikan kenyamanan pengendalian steering
  • Per spiral atau shock absorber kecil dan ringan
  • Goncangan terjadi pada satu titik roda tidak menyebar ke titik roda lain sehingga mampu memberikan kenyamanan berkendara
  • Titik roda kanan dan kiri tidak dihubungkan dengan axle dan memiliki ruang di antara keduanya sebagai ruang engine agar ketinggian kendaraan bisa lebih rendah dan stabilitas kendaraan semakin tinggi
  1. Kelemahan: 
  • Harganya cukup mahal serta perlu perawatan yang intensif
  • Goncangan vertikal mengganggu kesejajaran posisi roda sehingga mudah menimbulkan aus roda

Rigid Axle Suspension System

Suspensi ini disebut kaku karena roda kiri dan kanan hanya terhubung satu axle. Badan kendaraan bertumpu pada axle tersebut dan menggunakan per daun. Keunggulannya adalah harga murah dengan struktur sederhana namun tetap kuat.

Kelemahannya adalah pemakaian per daun di bagian depan membuat kendaraan mengalami goncangan dan gaya putar pengemudian. Per daun juga cukup berat dan memiliki variasi panjang dan bentuk yang disatukan menjadi leaf spring assembly.

Trunnion Shaft Suspension System

Suspensi ini merupakan pengembangan suspensi tipe ke dua di atas. Umumnya digunakan untuk truk yang memakai dua gardan belakang seperti Nissan Diesel dan Scania.

Trunnion Shaft berada di tengah jarak gardan belakang, duduk rangka truk diikat dengan trunnion bracket. Rangkaian per daun diikat pada trunnion shaft dengan U-bolt. Pada ujung per daun terikat masing-masing rear-front axle dan rear-rear axle yang mendukung keseluruhan beban truk.

Truk juga dibekali dengan 6 buah torque rod assembly yang ujungnya terdapat parts yang dinamakan torque rod bushing atau disingkat dengan rubber bushing. Dalam 1 unit truk biasanya membutuhkan 12 buah rubber bushing yang mana di bawah axle kiri ada 4 buah begitu pula dengan sisi bawah kanan dan bagian tengah.

Rubber bushing bermanfaat untuk mengikat hubungan axle dengan rangka truk. Parts ini terdiri atas baja dan bantalan karet sebagai peredam getar bagi pergerakan axle

Suspensi yang digunakan pada truk dan bus adalah per daun atau suspensi udara. Penggunaan per ini biasanya dikombinasikan dengan jenis lainnya.

Baca juga:

Source Feature Image: Wikipedia Commons


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download