Pinhome Home Service

Beranda Artikel Jangan Salah Lagi! Ini Dia Penjelasan Tentang Sistem Transmisi Pada Mobil
sistem transmisi

Jangan Salah Lagi! Ini Dia Penjelasan Tentang Sistem Transmisi Pada Mobil

  • 2 Dec, 2022 oleh Putra
  • 5 menit membaca

Bagi Pins yang mencintai dunia otomotif pasti mengetahui tentang apa itu sistem transmisi. Sebagian orang mengetahui bahwa kendaraan mereka menggunakan sistem transmisi.

Lantas apakah kamu mengetahui apa itu sebenarnya sistem transmisi? Apakah sistem transmisi penting dalam kendaraan? Simak pembahasan lebih lanjut agar Pins mengetahui lebih dalam apa itu sistem transmisi.

Baca juga: 6 Daftar Mobil Kecil Mewah – Pinhome Home Service

Pengertian Sistem Transmisi

Banyak jenis kendaraan yang diproduksi menggunakan transmisi. Baik manual maupun otomatis, sistem transmisi sangat penting di setiap kendaraan untuk mengatur laju kendaraan.

Bisa dibilang sistem transmisi adalah bagian mesin pada kendaraan yang berguna untuk mengalirkan tenaga pada mesin ke roda. Jadi, dengan adanya sistem ini kendaraan dapat mengubah kecepatannya. Sistem transmisi dibagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis.

Biasanya di Indonesia transmisi manual disebut dengan kendaraan matic. Sedangkan untuk yang otomatis disebut sebagai kendaraan bergigi/kopling.

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa mobil dibagi menjadi 2 transmisi yaitu manual dan otomatis. Dari 2 jenis transmisi ini juga memiliki komponen utama yang kebanyakan sama di setiap jenisnya.

Komponen Penting Pada Sistem Transmisi

(baaca)

Seperti yang kamu tahu sebuah mesin pasti memiliki komponen utama yang harus ada meski berbeda jenis. Begitu juga dengan sistem transmisi. 

Sampai sekarang meski telah banyak jenis sistem transmisi yang berbeda pada setiap mobil. Tapi transmisi tetap memiliki beberapa komponen utama ini hampir di semua jenisnya.

Baca juga: Ini Dia Tekanan Ban Mobil yang Aman dan Ideal

Gir Utama (Main Gear)

Komponen ini terletak pada tempat pemasangan main gear yang disebut sebagai main shaft. Main gear berfungsi untuk mengatur kecepatan gear ratio dan counter gear pada mobil kamu.

Main Shaft

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Fungsi komponen ini sangat penting karena sebagai tempat untuk menempatkan main gear. Mustahil jika sebuah transmisi tidak memiliki komponen yang satu ini.

Input Shaft

Pada transmisi dapat kamu lihat bahwa input shaft menyatu dengan main drive. Komponen ini sendiri akan berguna untuk memindahkan putaran dari clutch ke counter gear.

Counter Gear

Jika kamu melihat banyak tersusun beberapa gir di transmisi mobil kamu, maka itulah yang disebut dengan counter gear. Komponen ini sendiri sangat penting untuk menyesuaikan kecepatan dari sebuah sistem. Jumlah gir yang dimiliki oleh sebuah sistem berpengaruh pada tingkat kecepatannya juga. 

Kegunaan utama dari komponen yang satu ini yaitu untuk menciptakan gear ratio. Gear ratio dengan memindahkan dari input shaft atau main drive ke main gear.

Reverse Idler Gear Shaft

ISalah satu komponen utama penyusun sistem transmisi lainnya yaitu reverse idler gear shaft. Komponen yang namanya cukup panjang ini penting untuk menghubungkan counter gear dan main reverse gear.

Ini akan membuat putaran yang berlawanan pada main reverse gear dengan input shaft. Komponen ini bekerja pada gigi mundur.

Interlock System

Dapat mencegah perpindahan transmisi sendiri karena getaran itulah kegunaan dari interlock system. Karena komponen ini akan memastikan akan hanya ada satu gigi atau gir yang masuk pada kecepatan tertentu.

Baca Juga: Jenis Gigi Mobil Matic, Fungsi dan Cara Kerjanya

Berbagai Jenis Sistem Transmisi Pada Mobil

(kliknss)

Sekarang Pins telah mengetahui, komponen utama apa saja yang menyusun berbagai sistem transmisi pada mobil. Nah, kali ini kamu juga harus tahu berbagai jenis transmisi pada mobil. Sekaligus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis transmisi tersebut.

Transmisi CVT

Jenis transmisi seperti ini biasanya dipakai karena mengutamakan dalam hal bahan bakar. Karena itulah mengapa jenis sistem transmisi yang satu ini sangat populer pada banyak mobil.

Continuously Variable Transmission (CVT) ini menggunakan terdapat sepasang pulley. Sepasang pulley ini disambungkan dengan sabuk baja untuk mengikuti putaran.mesin mobil.

Kelebihan CVT:

  • Tidak ada lagi efek kejutan saat perpindahan gigi
  • Penggunaan bahan bakar yang lebih irit

Kekurangan CVT:

  • Harga setiap komponen yang cukup mahal
  • Kerusakan pada transmisi harus diganti secara satu set
  • Belum banyak bengkel yang dapat menerapkan sistem ini

Baca juga: Pengertian Immobilizer Lengkap Dengan Cara Kerjanya

Constant Mesh

Dikenal juga dengan transmisi manual. Jenis transmisi ini memiliki komponen yang sangat simple sehingga disukai oleh banyak orang. Perpindahan roda gigi pada jenis ini semuanya diatur sesuai kehendak pengemudi.

Kelebihan constant mesh:

  • Perawatan serta biayanya lebih murah
  • Pengalaman mengemudi lebih terasa
  • Mobil dengan constant mesh lebih murah

Kekurangan constant mesh:

  • Pembelajaran mobil constant mesh lebih sulit
  • Cara kerja yang rumit karena adanya kopling
  • Kaki pengemudi mudah pegal karena penggunaannya lebih tricky.

Sliding Mesh

Sama seperti constant mesh, jenis ini juga terdapat pada transmisi manual. Akan tetapi cara kerja dari jenis ini lebih sederhana. Jenis yang satu ini sudah jarang digunakan karena kurang halus saat melakukan perpindahan gigi.

Kelebihan sliding mesh:

  • Memiliki komponen yang lebih sederhana
  • Cara kerja yang simple

Kekurangan sliding mesh:

  • Perpindahan gigi yang tidak halus
  • Memiliki jeda waktu saat melakukan perpindahan gigi

Baca juga: Apakah SIM Mati Bisa diperpanjang? Simak Cara Mengurus SIM Mati

Synchromesh

Sistem transmisi seperti ini sangat banyak digunakan di masa sekarang. Karena memiliki banyak kelebihan dibanding constant mesh dan sliding mesh. 

Perbedaan sistem ini dengan sistem constant mesh yaitu adanya komponen yang disebut ring synchronizer. Komponen ini berfungsi untuk menyamakan putaran pada hub sleep dengan output gear. 

Dengan adanya komponen ini pemasukan gigi lebih mudah saat melakukan pengereman.

Kelebihan synchromesh:

  • Perpindahan gigi yang lebih halus
  • Mobil dapat berpindah gigi walaupun saat kecepatan tinggi

Kekurangan synchromesh:

  • Komponen yang digunakan lebih banyak
  • Perlu pengecekan berkala agar ring synchronizer tetap terawat

Nah, sekarang Pins sudah mengetahui apa itu sistem transmisi. Bahkan kamu juga mengetahui komponen dan jenis dari sistem transmisi ini. 

Featured Image Source: supplierbearing

Baca juga: Ikuti Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula dengan benar Berikut


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.