Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 12 Komponen Sistem Pendinginan Mobil dan Cara Kerjanya
sistem pendinginan mobil
Otomotif

12 Komponen Sistem Pendinginan Mobil dan Cara Kerjanya

  • 3 Dec, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Sistem pendinginan mobil harus dimiliki dan harus berfungsi dengan baik. Sistem ini tidak boleh diabaikan atau pun dianggap remeh. Kamu harus merawat secara rutin dan memperhatikan apakah sistem berjalan normal.

Sistem ini berperan penting dalam pengaturan suhu pada mesin mobil agar tidak terjadi overheat. Mesin yang mengalami overheat dapat rusak dan kamu harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Yuk kita cek komponen sistem pendinginan mobil berikut ini!.

Baca juga: Fungsi Radiator Mobil dan Cara Kerjanya

Tutup Radiator

(cnnindonesia)

Komponen kecil dan terlihat sederhana ini memiliki fungsi yang besar dalam sistem pendinginan mobil. Tutup radiator berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga titik didih air atau coolant

Titik didih dijaga agar tidak mencapai suhu 100 derajat celcius. Komponen ini bertugas menjaga kestabilan tekanan pada radiator yang berkisar 0,7 atau 0.,9 bar.

Apabila terjadi tekanan yang melebihi batas maka klep tutup akan terbuka dan sebagian air mengalir ke tangki cadangan. Terdapat dua jenis tutup radiator, yaitu katup tekan dan katup vakum. 

Katup tekan akan terbuka apabila mesin mengalami kenaikan suhu akibat naiknya tekanan dalam radiator. Sementara katup vakum akan bekerja saat temperature air sudah menurun. Fungsinya untuk membuka kevakuman dalam radiator saat menyedot air.

Tangki Cadangan

Sesuai dengan namanya fungsi dari tangki cadangan adalah untuk menampung air yang harus keluar dari proses pendinginan.

Disaat suhu mesin meningkat maka tekanan pada sistem pendingin juga terus bertambah. Tekanan ini dapat membuat air harus ada yang dikeluarkan dari sistem untuk mengurangi tekanan.

Air yang keluar inilah yang akan ditampung oleh tangki cadangan pada radiator. Coolant atau air pun dapat digunakan kembali saat suhu sudah dingin. Secara otomatis air dialirkan dari tangki cadangan karena tekanan sudah kembali pada keadaan normal.

Kipas Radiator

(suzukiindonesia)

Kipas radiator terletak di belakang radiator. Alat ini memiliki fungsi untuk memberi aliran udara pada radiator. Aliran udara ini dibutuhkan pada proses pendinginan air atau coolant dalam radiator. Jangan salah sama cara kerja kipas ini ya Pins.

Cara kerjanya tidak sama seperti kipas biasa yang hanya meniupkan udara. Kipas ini memiliki sistem gerak dimana putaran kipas akan menyerap udara panas dari radiator.

Kemudian udara dihembuskan ke arah mesin mobil. Udara dingin yang dihasilkan akan dialirkan melalui kisi-kisi radiator. Utamanya sekali pada saat mobil berhenti.

Upper Tank

Upper tank berfungsi sebagai penampung air panas sisa pendinginan mesin. Selanjutnya air panas tersebut akan turun lewat pipa-pipa kecil di tengah kisi-kisi. Pipa-pipa inilah yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan air.

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Radiator Mobil dengan Benar

Pompa Air

Berfungsi untuk sirkulasi air dari lower tank pada radiator ke mesin. Cara kerjanya menyesuaikan dengan putaran mesin. Hal ini karena pulley komponen ini tersambung dengan V-belt. V-belt sendiri adalah penghubung pompa air dengan mesin.

Selang Radiator

(gridoto)

Fungsi dari selang ini adalah untuk menghubungkan radiator dengan blok mesin. Dimana komponen ini sendiri terdiri dari dua selang, yaitu selang atas dan selang bawah.

Selang atas berfungsi untuk mengalirkan air yang panas akibat penyerapan suhu mesin menuju radiator. Sementara pada selang bawah berfungsi kebalikannya.

Selang bawah sebagai komponen yang mengalirkan air dingin dalam radiator menuju mesin untuk menyerap panas.

Thermostat

Komponen yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi air pendingin mesin ini memiliki dua katup. Katup pertama adalah katup by pass dan katup kedua katup tanpa by pass.

Thermostat hanya bekerja ketika panas mesin telah mencapai panas tertentu. Namun saat suhu belum mencapai target kerja thermostat maka komponen ini berfungsi menjaga air agar tidak sirkulasi.

Ketika suhu sudah mencapai target kerja thermostat maka komponen ini akan secara otomatis membuka salurannya. Dengan cara ini cairan pendingin mesin dapat sirkulasi mengaliri radiator.

Tabung Reservoir

Tabung ini digunakan sebagai tempat untuk menampung uap yang dihasilkan oleh radiator saat suhu mesin tinggi. Saat tekanan upper tank meningkat maka komponen ini akan menyimpan air yang dihasilkan.

Air yang ditampung nantinya akan diputar kembali dan terjadilah sirkulasi air dalam radiator.

Radiator

Komponen sistem pendinginan mobil ini berfungsi untuk mendinginkan air yang akan digunakan untuk mendinginkan mesin mobil. 

Air yang digunakan untuk mendinginkan mesin dan telah bersuhu panas akan didinginkan kembali oleh radiator.

Water Jacket

Memiliki bentuk fisik berupa rongga-rongga yang terdapat pada silinder head dan silinder blok mesin. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai tempat berkumpulnya air dingin yang akan digunakan untuk menyerap panas mesin.

Water Temperature Sensor

Merupakan sensor air pendingin yang sudah dipakai oleh mobil dengan sistem EFI. Fungsi dari alat ini untuk mengukur suhu air pendingin mesin untuk dikirim datanya ke ECU. Selanjutnya ECU akan mengatur perputaran kipas radiator.

Temperature Gauge

Sebagai alat ukur suhu dan alat ukur temperatur air pendingin. Dijadikan juga sebagai indikator saat mesin mengalami overheat. Alhasil kamu dapat mengecek temperature gauge di dasbor untuk melihat mesin mengalami overheat atau tidak.

Demikianlah penjelasan tentang komponen sistem pendinginan mobil dan cara kerjanya. Kamu harus terus merawat sistem ini Pins.

Baca juga: 15 Penyebab Mobil Overheat dan Cara Mengatasinya

Featured Image Source: demico


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.