Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Kisaran Biaya Service Speedometer Mobil dan Penyebab Kerusakannya
service speedometer mobil
Otomotif

Kisaran Biaya Service Speedometer Mobil dan Penyebab Kerusakannya

  • 9 May, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Speedometer menjadi salah satu komponen dan operasional mobil yang terpenting. Alat ini menampilkan kecepatan mobil saat melaju. Jika tidak berfungsi, kamu berisiko ditilang dan berbahaya saat berkendara. Maka dari itu, penting untuk service speedometer mobil. 

Walau begitu, banyak orang yang mungkin kurang awam dengan biaya servis speedometer mobil. Untuk itu, Pins bisa lihat rincian harga di bawah ini sebagai gambaran, ya. 

Penyebab Speedometer Rusak

Sebelum mengetahui berapa rincian harga service speedometer mobil, tidak ada salahnya untuk tahu mengapa alat ini bisa rusak. 

Penyebab kerusakan speedometer yang paling umum adalah masalah kelistrikan di dalam mobil. Berikut ini sederet penyebabnya. 

Sensor Kecepatan Rusak

Sensor kecepatan ternyata tidak hanya bertugas memperlihatkan kecepatan mobil, melainkan juga mengatur aliran dan waktu bahan bakar. Kerusakan pada sensor kecepatan memengaruhi fungsi speedometer, lho

Pins juga mungkin sadar jika mobil tidak berfungsi dengan benar atau tidak dapat menggunakan cruise control pada mobil. Umumnya, sensor kecepatan yang rusak menyebabkan lampu indikator check engine menyala dan jadi pertanda sebuah masalah. 

Baca Juga:

Kerusakan Kabel atau Sekring

Dalam kondisi yang sangat basah, kabel bisa jadi terbuka dan ikut basah hingga menyebabkan konsleting dan sekring putus. Bila sekring speedometer putus, tentu ini menghentikan fungsi alat tersebut dan mengembalikannya ke titik nol. 

Unit Kontrol Mesin (ECU) Tidak Berfungsi

Unit Kontrol Mesin (ECU) berperan sebagai otak komputerisasi mobil. Alat ini memantau berbagai aspek aktivitas kendaraan, termasuk kecepatan. 

Bila ECU bermasalah, ini berdampak pada kemampuan mobil untuk mendeteksi kecepatan yang sedang berjalan. Alhasil, speedometer akan turun ke nol. Wah, tidak heran kalau kita harus segera service speedometer mobil, ya. 

Baca Juga:

Cara Mendeteksi Kerusakan Speedometer

penyebab speedometer mobil mati
(Cashcarbuyer)

Untuk mengetahui penyebab kerusakan speedometer, montir di bengkel akan menggunakan sejumlah metode. Sebagai contoh, mereka akan memeriksa sensor, lalu mengecek semua kabel dan sekring yang berkaitan dengan alat tersebut. 

Bila ketiga hal di atas tidak jadi penyebabnya, mereka akan memanfaatkan alat sensor untuk membaca kode kesalahan. Cara ini biasa dipakai untuk membaca lampu indikator untuk melihat masalah pada speedometer. 

Bahaya Berkendara dengan Speedometer Rusak

Mengendarai mobil dengan speedometer yang tidak berfungsi tentu akan berbahaya. Ini tidak hanya membahayakan diri sendiri, melainkan keselamatan penumpang, pengemudi lain, hingga pejalan di sekitar. 

Tidak hanya itu, Pins berisiko ditilang karena tidak tahu berapa kecepatan yang dipacu saat di jalan. Mengingat bahayanya begitu luas, ada baiknya Pins langsung cari bengkel tempat service speedometer segera mungkin, ya. 

Baca Juga: Blok Silinder: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Persyaratannya

Cara Memeriksa Speedometer Berfungsi Atau Tidak

Ada kalanya beberapa orang mungkin tidak paham bagaimana melihat apakah speedometer rusak atau tidak. Bila demikian, coba metode di bawah ini. 

Pertama, Pins bisa bandingkan kecepatan mobil yang sedang dikendarai lewat aplikasi dan jarum speedometer. Periksa apakah kecepatan mobil sudah akurat dari kedua alat tersebut atau tidak. 

Jika tidak ada alatnya, Pins bisa memacu mobil bersamaan dengan mobil lainnya. Setelah itu, cocokkan kecepatan mobil kamu dengan mobil tersebut, ya. 

Bila kecepatan kamu berbeda jauh, Pins mungkin harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Dengan begitu, Pins bisa mencari tahu apa penyebab kerusakan speedometer dan memperbaikinya untuk pengalaman berkendara yang lebih aman. 

Cara Memperbaiki Speedometer

Pada dasarnya, perbaikan speedometer dilakukan oleh mekanik atau montir di bengkel. Cara memperbaikinya tergolong mudah. Mereka hanya mengganti ECU, sekring, atau mengatasi kode yang bermasalah, hingga memasang sensor kecepatan yang baru. 

Baca Juga: Penyebab Lampu Sein Berkedip Lebih Cepat

Biaya Service Speedometer Mobil

service mobil suzuki

Untungnya, service speedometer mobil dapat dilakukan di banyak bengkel. Hanya saja, biaya yang perlu dikeluarkan akan tergantung pada penyebab kerusakannya. Pasalnya, kerusakan speedometer cukup bervariasi seperti yang sudah dijelaskan. 

Walau begitu, rincian harga di bawah ini mungkin bisa jadi gambaran untuk kamu berjaga-jaga, ya. 

Baca Juga: Perkiraan Biaya Service AC Mobil Berdasarkan Kerusakannya

Kerusakan pada Integrated Circuit (IC)

Bila kerusakan speedometer terjadi pada IC, biaya service yang perlu kamu keluarkan antara Rp900.000 – Rp1.400.000. 

Jarum Speedometer Tidak Berfungsi

Umumnya, jarum speedometer yang tidak berfungsi biasanya memakan biaya perbaikan mulai dari Rp600.000. 

Jarum Speedometer Melemah

Jika fungsi jarum tidak memperlihatkan kecepatan aslinya, biaya service speedomater akan berbeda. Sebagai contoh, jarum sepatutnya memperlihatkan 50 km/jam. Namun, kamu melihatnya pada angka 30 km/jam. 

Dengan harga antara Rp150.000 – Rp300.000, montir akan memperbaiki bagian tersebut melalui komponen elektriknya. Bila masalah jarum mesin terletak pada temperaturnya, biaya perbaikan cenderung lebih murah, yaitu sekitar Rp100.000. 

Biaya Service Speedometer Digital

Beberapa daftar biaya di atas memang dilihat berdasarkan speedometer yang masih masuk dalam kategori analog. Bila mobil kamu menggunakan speedometer digital, biaya servicenya biasanya lebih mahal, yaitu mulai dari Rp350.000. 

Harga-harga di atas tentunya akan bervariasi tergantung jenis mobil dan speedometer yang dipakai. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan uang lebih agar tidak terkaget-kaget saat melihat tagihan yang keluar, ya!

Nah, itu tadi perkiraan biaya service speedometer berikut penyebab kerusakannya yang patut Pins waspadai. Jika kamu merasa mobil bermasalah, segera bawa ke bengkel. 

Jangan lupa untuk melakukan perawatan mobil secara rutin agar tidak sering bermasalah. Lalu, perhatikan pula tampilan mobil agar makin mempesona dengan mencuci mobil ketika kotor. 

Bila tidak ada waktu luang, Pins bisa memanfaatkan layanan Cuci Mobil ke rumah dari Pinhome Home Service melalui aplikasi Pinhome. Mulai dari 60 ribu tergantung lokasi, mobil akan kembali bersih! Klik di sini untuk mencoba

Baca Juga: Mobil Tiba-Tiba Mati dan Tidak Bisa Distarter? Ini Cara Mengatasinya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.