Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Kisaran Biaya untuk Service Shockbreaker Motor
Otomotif

Kisaran Biaya untuk Service Shockbreaker Motor

  • 14 May, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Shockbreaker terletak di depan dan belakang motor tepatnya di antara roda. Fungsinya membantu motor melewati jalan terjal. Service shockbreaker motor dibutuhkan agar bodi motor tidak goncang ketika ada jalan bergelombang. 

Shockbreaker memiliki daya tahan lama dan terbuat dari bahan logam baja. Gunanya meredam goncangan sehingga bodi motor tetap stabil. Prinsip kerjanya menekan pegas lewat minyak untuk mengembangkan gesekan hydraulic.

Tujuannya untuk meminimalisir gerakan suspensi yang berlebihan. Shockbreaker terdiri atas dua bagian yakni depan dan belakang. Jenis bagian depan berupa teleskopik atau interved.

Bagian belakang berupa dual shock atau mono shock. Yuk ketahui tanda shockbreaker rusak agar tahu berapa tepatnya biaya service shockbreaker motor. 

Gejala Shockbreaker Rusak

(Shutterstock)

Sama dengan komponen lainnya, shockbreaker dapat mengalami kerusakan. Apalagi jika Pins sering berkendara di jalan yang tidak rata dengan ugal-ugalan. Kelebihan muatan mampu merusak shockbreaker.

Ada beberapa tanda bila shockbreaker rusak yang perlu diketahui. Jangan abaikan bila Pins menemukan gejala ini :

Kebocoran Oli

Pertanda umum saat shockbreaker mengalami kerusakan adalah timbulnya kebocoran oli. Bila melihat bagian suspensi akan tampak oli menetes. Kondisi ini dipastikan komponen shockbreaker rusak dan perlu perbaikan.

Terkait oli, bila shockbreaker dalam keadaan bagus akan mampu menahan oli berada di dalam. Jika rusak maka oli akan tercecer di sekeliling kendaraan.

Bocornya oli biasanya karena penutup pecah akibat oli bisa keluar. Oli mesin dan oli shockbreaker adalah dua hal yang berbeda. Jangan menggunakan oli mesin untuk oli shockbreaker.

Apabila hanya bagian seal oli yang bocor maka minta pihak bengkel untuk mengganti seal karet. Tidak lupa perhatikan ukuran oli shock motor agar menghindari kebocoran di kemudian hari.

Ban Belakang Goyang

Ketika berkendara ban belakang terasa goyang. Ini adalah tanda bahwa shockbreaker mengalami soak. Bila terus dibiarkan maka ban motor akan oleng dan goyang.

Alhasil motor bisa tergelincir atau jatuh di jalanan di kemudian hari. Segera bawa ke bengkel untuk perbaikan pada bagian peredam.

Suspensi Tidak Bekerja

Tanda suspensi rusak selanjutnya adalah fungsi suspensi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ciri dari suspensi tidak normal adalah ketika melewati polisi tidur akan muncul suara aneh.

Ketika melewati jalan bergelombang atau berlubang muncul suara hentakan dari suspensi. Tak hanya hentakan namun akan terdengar suara “gruduk-gruduk” ketika melintasi jalan tidak rata.

Baca Juga : Intip Cara Kerja Karburator Pada Motor dan Mobil

Shockbreaker Mentok Ketika Berkendara Normal

Pernahkah Pins berkendara dan shockbreaker terasa mentok ketika digunakan untuk membonceng atau membawa beban berat berlebihan ?jika iya, ini suatu pertanda adanya kerusakan.

Kekuatan Pantulan Abnormal

Suspensi depan atau belakang tidak akan memberikan pantulan sempurna saat shock rusak.  Perawatan shockbreaker penting dilakukan secara berkala. 

Biaya Service Shockbreaker Motor

(Shutterstock)

Suspensi depan menggunakan sistem pneumatik dan hidraulik. Sistem ini membutuhkan silinder yang diisi cairan kental berupa minyak hidrolik. Suspensi belakang berbasis per keong atau per daun.

Penggantian biaya service shockbreaker motor tergantung tipe motornya. Harganya pun bervariasi yang bisa disimak sebagai berikut :

Tipe MotorShockbreaker DepanShockbreaker BelakangVariasi
Matic/BebekRp. 80.000Rp. 80.000Rp. 100.000
Sport di bawah 250ccRp. 100.000Rp. 120.000
Kawasaki Ninja RRRp. 150.000Rp. 150.000
Trail (CRF150, KX, KLX)Rp. 200.000Rp. 120.000
Sport di atas 250ccRp. 250.000Rp. 150.000

Jika yang diganti berupa motor gede maka biaya service mencapai Rp. 500.000-Rp. 1.000.000. 

Baca Juga : Apa Saja yang Harus Diservice pada Motor Matic? Yuk Simak

Cara Merawat Shockbreaker Motor

(Shutterstock)

Shockbreaker adalah komponen yang penting dalam meredam getaran. Ukurannya sendiri berbeda-beda tergantung tipe motor dan berat beban motor masing-masing.

Penyebab komponen ini rusak ada beberapa faktor. Jika sudah rusak parah maka shockbreaker perlu melakukan penggantian. Biayanya juga tidak bisa dibilang murah sehingga melakukan perawatan adalah hal yang wajib dilakukan.

Hindari Membawa Beban Berat

Cara merawat shockbreaker paling sederhana adalah hindari membawa beban berat. Jangan bebani motor melebihi saran dari pabrikan. Beban berlebih menyebabkan shockbreaker mudah aus dan sulit bekerja.

Bagian yang cepat aus adalah rantai, gear dan laher. Tidak hanya itu saja bodi motor mudah goyang. Ban motor cepat rusak dan habis tetapi tidak merata.

Jangan Pasang Anting Peninggi

Bagian shockbreaker belakang tidak disarankan untuk menambahkan anting-anting shock. Hal ini mampu menambah tinggi posisinya dan mengganggu fungsi kerja shockbreaker.

Baca Juga : Ini Dia Biaya Mutasi Motor dan Syarat Lengkapnya

Perhatikan Stanchion

Apabila tabung silinder shock depan kotor karena habis kehujanan segera bersihkan. Setelah itu keringkan dengan lap bersih sampai benar-benar kering. Sisa air juga menimbulkan resiko korosi.

Lakukan Penggantian Oli

Oli shockbreaker perlu diganti setiap 2-3 tahun sekali. Tanda oli perlu diganti ialah ketika ayunan shockbreaker depan sudah tidak enak lagi. 

Selain itu oli shock mulai encer dan daya redam shock mulai berkurang kinerjanya. Kondisi seperti itu perlu dilakukan penggantian oli shockbreaker.

Bersihkan Secara Berkala

Jangan suka ngebut di jalanan yang rusak. Selain membuat komponen motor kotor juga membuat shockbreaker rentan rusak. Sering bersihkan komponen motor untuk mencegah keausan.

Itulah beberapa tanda shockbreaker mengalami kerusakan. Kini Pins bisa menyiapkan biaya service shockbreaker motor jauh-jauh hari sesuai dengan kerusakan yang dialaminya.

Menjaga kebersihan kendaraan juga berlaku bagi roda empat. Gunakan layanan Pinhome Home Service yang menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.