Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Buruan Service Lampu Mobil Jika Kamu Temukan 4 Masalah Ini
service lampu mobil
Otomotif

Buruan Service Lampu Mobil Jika Kamu Temukan 4 Masalah Ini

  • 9 May, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 6 menit membaca

Lampu mobil menjadi komponen keselamatan berkendara yang penting untuk mendapatkan pandangan yang jelas. Jika rusak, tentu akan berbahaya bagi diri sendiri maupun pengemudi lainnya sehingga lampu mobil harus rutin service. 

Terlebih lagi, lampu mobil yang meredup hingga mati total tentu membutuhkan perbaikan yang tepat. Dengan begitu, Pins bisa kembali berkendara dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir pandangan tak jelas di jalan, ya. 

Maka dari itu, coba simak apa saja kondisi yang mengharuskan kamu membawa mobil ke bengkel akibat lampu yang tak berfungsi. 

Baca Juga: Fungsi Lampu Kota (Clearence Light)

Kondisi Lampu Mobil yang Harus Mendapatkan Service

Bila kamu mengalami salah satu atau lebih kondisi ini ketika mengendarai mobil, segera bawa ke bengkel agar lampu mobil mendapatkan service yang tepat. 

Lampu Menguning

(Pixabay)

Bila sudah mengendarai mobil ini selama bertahun-tahun, Pins mungkin melihat pencahayaan lampu tidak seterang dulu. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan oleh kabut kuning yang menutupi penutup plastik lampu. 

Mekanisme kabut kuning ini mirip dengan katarak yang menghalangi penglihatan mata lansia, Pins. Artinya, ini terjadi secara bertahap. 

Lampu depan yang berkabut biasanya terbentuk akibat radiasi ultraviolet, puing-puing yang menempel, bahan kimia, dan uap air. Akibatnya, pencahayaan yang keluar ketika lampu dinyalakan cenderung lebih kecil dan terbatas. 

Bila dibiarkan, kabut kuning ini membuat mobil tak terlalu terlihat oleh pengemudi lain. Itu sebabnya, lampu depan mobil yang mulai menguning dan memudar membutuhkan service di bengkel agar penerangannya kembali optimal. 

Baca Juga:

Daya Lampu Rendah

Pencahayaan yang kurang dari lampu tidak selalu disebabkan oleh kabut kuning yang menutupi bagian luar lampu. Hal ini ternyata bisa disebabkan oleh daya lampu yang menurun dari waktu ke waktu atau masalah kabel. 

Sebagai contoh, konektor arde yang menyambungkan lampu depan ke bodi mobil mungkin perlu dibersihkan. Pins mungkin juga memiliki koneksi starter daya yang kurang berfungsi dengan baik. 

Ada kalanya pula bagian dalam bohlam lampu mengembangkan lapisan coklat. Ini disimpan oleh filamen yang bersinar untuk menciptakan cahaya. Bila hal ini terjadi pada lampu kamu, segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan yang tepat. 

Lampu Berkedip-kedip

Lampu depan yang berkedip dan mati mungkin terjadi akibat kesalahan pada sistem atau bohlam di dalamnya. Pins perlu memperhatikan bagaimana dan kapan lampu depan mulai bermasalah seperti ini. 

Bila lampu mulai berkedip ketika dikendarai di jalanan yang berlubang atau gundukan, kemungkinan konektor kabel longgar atau rusak. 

Sementara itu, lampu depan yang berkedip bersamaan dengan dinyalakannya radio, alat ini berarti menarik begitu banyak daya. Akibatnya, lampu depan mendapatkan lebih sedikit daya untuk bekerja. 

Selain radio, penarikan daya yang berlebihan dan memengaruhi lampu depan bisa berasal dari motor wiper kaca hingga AC mobil, Pins. Segera bawa mobil ke bengkel agar lampu yang bermasalah bisa mendapatkan service yang benar, ya. 

Lampu Mati Total

Lampu mobil yang mati total bisa jadi pertanda kerusakan pada bohlam, terutama jika hanya satu lampu yang mati. Bila lampu depan hanya bisa bekerja pada pencahayaan yang rendah, kamu mungkin perlu mengganti bohlam di dalamnya. 

Jika kedua lampu mobil mati total secara bersamaan, coba periksa konektor arde, sekring, relay, atau sakelar. Ini dikhawatirkan ada komponen yang rusak. Bila ini disertai dengan mobil yang tidak mau distarter, cek aki atau alternator mobil, ya. 

Dengan mengetahui kondisi di atas, Pins jadi lebih bersiap diri dan tidak bingung lagi harus apa ketika hal tersebut terjadi. Jadi, segera bawa mobil ke tempat service ketika salah satu lampu maupun keduanya bermasalah. 

Baca Juga:

Tips Merawat Lampu Mobil

(Pixabay)

Setelah lampu mobil yang berembun atau bermasalah mendapatkan service yang tepat, rawatlah dengan baik. Merawat mobil tidak hanya sekadar mencuci bagian dalam dan luarnya saja, melainkan juga komponennya, seperti lampu. 

Berikut tips merawat lampu mobil yang bisa kamu praktekkan agar usia pencahayaannya bertahan lama. 

Baca Juga:

Membersihkan Lampu Mobil

Tidak hanya mencuci mobil yang bisa dilakukan, Pins bisa melakukannya hingga bagian-bagian dalam seperti lampu. Ini bertujuan agar lampu terlihat semakin kinclong dan tidak tampak kusam. Berikut caranya!

  1. Siapkan lap chamois, kain mikrofiber, air hangat, sabun cuci mobil, amplas 1500 dan 2000, bensin atau minyak tanah, dan kompound. 
  2. Cuci mika lampu mobil pakai sabun cuci mobil dan keringkan. 
  3. Campurkan bensin dan sabun dengan takaran 60:40 atau 70:30. Gosokkan campuran tadi ke kaca lampu dengan amplas 2000. Bila sudah bersih, amplas kembali dengan amplas 1500. 
  4. Oleskan compund atau bisa pakai dengan pasta gigi. Lap bagian tersebut dengan kain mikrofiber. 
  5. Bilas lampu dengan air dan biarkan hingga mengering. 

Mengganti Bohlam Lampu Mobil

Mengingat di dalam lampu ada bohlam yang menjaga agar cahaya tetap bisa keluar ketika digunakan, ganti secara rutin Pins. Namun, jangan tunggu sampai bohlam rusak karena terkadang Pins tidak ingat kapan terakhir kali lampu diganti. 

Selain itu, pilih bohlam yang tepat dan cocok dengan tipe mobil Pins. Bila bingung, coba tanyakan kepada teknisi bengkel untuk mendapatkan jawaban yang lebih tepat. 

Pada saat mengganti bohlam, usahakan untuk mengganti keduanya bersama-sama. Pasalnya, kerusakan bohlam lampu terjadi secara bertahap. Bila diganti satu-satu, ini bisa menciptakan jarak pandang yang tidak merata. 

Baca Juga:

Biaya Service Lampu Mobil

Untuk sedikit gambaran, biaya service lampu mobil biasanya berkisar antara Rp300.000 – Rp350.000. Harga ini biasanya berlaku untuk mobil merk Jepang. Sementara itu, mobil merk Eropa umumnya dibanderol mulai dari Rp500.000. 

Jangna lupa untuk membawa kaca lampu mobil yang sudah menguning ke bengkel service. Ini karena teknisi mungkin memiliki bahan pembersih yang lebih lengkap. 

Di sisi lain, Pins mungkin perlu menyiapkan uang lebih untuk menebus lem perekat pemasangan lampu yang sudah dibersihkan. Harga untuk lem basah biasanya berkisar Rp350.000, sedangkan lem kering mulai dari Rp750.000. 

Keduanya tentu memiliki perbedaan. Lem basah lebih mudah dibongkar pasang karena gampang meleleh begitu dipanaskan. Sementara itu, teknisi harus membersihkan sisa-sisa lem kering dan dikerok terlebih dahulu. 

Walau memakan waktu lebih lama, daya rekat lem kering lebih kuat. Nah, Pins bisa memilih bagaimana lampu mobil mendapatkan service sesuai budget, ya!

Mengetahui kapan lampu mobil harus diservis memang penting. Jangan lupa pula rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. 

Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: iStockphoto

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.