Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Agus Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan
Kebersihan Rumah

Agus Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan

  • 27 Oct, 2022 oleh Bryan Dharmanta
  • 5 menit membaca

Dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, tentu kamu akan dihadapkan oleh berbagai macam tantangan. Oleh karena itu, sebagai pekerja, diperlukan kegigihan dan semangat yang tinggi agar kamu bisa menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan yang diberikan.

Namun, tantangan dan permasalahan ini bisa saja menjadi terlalu berat untuk diatasi sehingga tak jarang banyak juga yang menyerah. Hal ini tidak terjadi pada Pak Agus Safitri, seorang Rekan Jasa Pinhome spesialis di bidang kebersihan rumah.

Sebenarnya, bagaimana Agus Safitri bisa mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan dalam pekerjaannya? Apa saja prinsip-prinsip yang diterapkan? Simak kisah inspiratifnya dalam Cerita Jagoan edisi kali ini!

Baca juga: Yulianti Unjuk Kegigihan Lewat Kinerja yang Profesional

Kenal Lebih Dekat dengan Agus Safitri

Agus Safitri merupakan seorang Rekan Jasa Pinhome yang telah bergabung sekitar 10 bulan dan berfokus di bidang cleaning atau kebersihan rumah. Beliau sudah memiliki keluarga dan seorang anak perempuan berusia 8 tahun.

Sehari-hari, Agus Safitri menerima orderan di sekitar area domisilinya, yaitu daerah Cipondoh, Tangerang. Menurutnya, menjadi Rekan Jasa Pinhome merupakan sebuah pekerjaan yang beliau sukai. Dikarenakan waktu kerja yang fleksibel, Agus Safitri bisa menyeimbangkan untuk mengurus rumah dan keluarga serta mengambil orderan

Dulu Rupanya Merupakan Teknisi Wi-Fi

Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan
(Performance Networks)

“Dulu saya sebenarnya adalah teknisi di salah satu perusahaan telekomunikasi untuk pemasangan wi-fi

ungkap Agus Safitri ketika ditanya pengalaman kerjanya dulu.

Agus bekerja untuk waktu yang sangat lama di perusahaan telekomunikasi tersebut sampai akhirnya harus keluar dikarenakan kondisi pandemi yang menyulitkan perusahaan tersebut dan permintaan pemasangan wifi menurun. Kemudian, Agus Safitri pun bergabung dalam tim cleaning service di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta. Itulah awal mula perkenalan Agus dengan dunia kebersihan. 

Setelah bekerja untuk beberapa waktu, beliau diperkenalkan dengan Pinhome oleh temannya yang sudah menjadi Rekan Jasa Pinhome. Tertarik akan karena kemudahan dan fleksibilitas sistem kerja, Agus pun tertarik dan akhirnya memutuskan untuk bergabung.

Selalu Mencoba Bekerja Sesuai SOP

Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan
(iStock)

Selama 10 bulan bekerja, Agus tentu sudah dihadapkan oleh banyak peristiwa menarik ketika bekerja seperti menghadapi permintaan klien yang tidak masuk akal. Namun, semua tetap dikerjakan oleh Pak Agus oleh karena sifatnya yang gigih, profesional, dan selalu ingin menjawab tantangan yang diberi.

Agus selalu mencoba untuk mengerjakan semua pekerjaan yang diberi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur atau SOP yang ada. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk profesionalitas yang ditunjukkan Agus kepada klien. Alhasil, beliau selalu mendapatkan rating yang bagus dan menjadi langganan untuk repeat order di sekitar daerahnya.

Baca juga: Ema Ingin Tampil Profesional Depan Customer

Intip Etos Kerja Agus Safitri

Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan
(iStock)

Memberikan Pelayanan Terbaik

“Sebuah pekerjaan semua saya anggap sama saja. Tinggal bagaimana menjalaninya saja, sama menerima ikhlasnya”

ungkap Agus Safitri ketika ditanya terkait motivasi kerjanya.

Itulah yang menjadi salah satu prinsip etos kerja yang dipegang teguh oleh Agus. Selain itu, Agus selalu mencoba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para klien dengan mengerjakan berbagai permintaan klien dengan maksimal. Hal ini merupakan bentuk loyalitas yang diberikan oleh Agus kepada Pinhome dan klien itu sendiri.

Memiliki Mindset yang Baik

Meskipun sudah bekerja dengan maksimal, Agus tetap tidak terhindar dari komentar negatif yang selalu mencoba untuk membanding-bandingkan kinerjanya dengan Rekan lain. Hal ini membuat Agus terkadang suka meragukan kapabilitas dirinya.

Namun, hal itu tidak membuat Agus menyerah atau putus asa. Beliau melihat komentar ini sebagai bentuk semangat untuk meningkatkan kemampuan diri dan menjadi lebih baik demi bisa tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien.

“Kalau mereka saja bisa, masa saya nggak, sih?”

ungkap Agus Safitri.

Selalu Mau Belajar dan Tidak Pelit Ilmu

Agus juga merupakan seorang pribadi yang selalu mau belajar dan tidak pernah pelit untuk berbagi ilmu. Beliau selalu ingin berkumpul dengan teman-teman sesama Rekan Jasa Pinhome untuk bertukar ilmu tentang cara-cara membersihkan yang efektif dan efisien.

Menurut Pak Agus, pengalamannya ketika menjadi teknisi wi-fi sangat membantunya dalam meningkatkan sifat mau belajar. Hal ini terbukti ketika Agus menerangkan dan mengomunikasikan product knowledge kepada para klien, seperti waktu optimal untuk membersihkan seluruh rumah atau area mana saja yang harus dibersihkan duluan.

Mendukung Sesama Rekan Jasa

Sebagai Rekan Jasa Pinhome, Agus juga selalu memotivasi rekan-rekannya untuk selalu optimis dan tidak takut ketika menerima orderan. Terkadang, banyak sekali Rekan Jasa baru yang takut untuk menuju ke rumah klien.

Menurutnya, tidak perlu takut selama kita mengerjakan pekerjaan yang baik dan halal. Sebagai Rekan Jasa Pinhome, penting untuk mencoba dan berusaha terlebih dahulu untuk memberikan yang terbaik. Klien juga pasti akan paham dengan sendirinya meskipun nanti ada hasil yang kurang maksimal. 

Bisa Membantu Perekonomian Keluarga

Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan
(Life as Mama)

Agus Safitri mengungkapkan bahwa bekerja sebagai Rekan Jasa Pinhome rupanya sangat membantu kondisi perekonomian rumah dan keluarganya. Beliau bisa membiayai sekolah untuk anaknya, membelikan mainan anak, bahkan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurutnya, salah satu faktor yang memicu motivasi kerja sebagai Rekan Jasa Pinhome adalah orderan yang masuk dan bonus mingguan. Besar kecilnya jumlah orderan membuat Agus semakin bertekad untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kegigihannya dalam bekerja dengan harapan bisa mendapatkan orderan yang lebih banyak kedepannya.

Dari wawancara singkat dengan Agus Safitri, bisa terlihat bahwa beliau merupakan sosok pribadi yang memiliki semangat juang yang tinggi, baik hati, dan selalu mau belajar. Semoga kamu dan Rekan Jasa lain bisa termotivasi untuk selalu berusaha, pantang menyerah dan giat dalam menjawab tantangan sehari-hari.

Sukses selalu untuk Pak Agus Safitri, ya!

Baca juga: Kejujuran Kunci Kesuksesan Yeyen


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.