Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Apa Itu Safety Belt dan Tips Menggunakannya?
safety belt
Otomotif

Apa Itu Safety Belt dan Tips Menggunakannya?

  • 8 Dec, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Pengemudi kendaraan roda empat atau lebih seperti mobil tentu sudah tidak sing lagi dengan safety belt. Komponen yang tergabung dengan sistem pengaman bagi pengendara ini berperan penting untuk menjaga keselamatan.

Namun sayangnya masih banyak pengemudi dan penumpang kendaraan yang abai dan menganggap sepele penggunaannya. Agar kamu tidak menganggap safety belt hanya sebagai aksesoris mobil biasa. Yuk lihat pengertiannya dibawah ini!.

Baca juga: Ada Plat Nomor Putih? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Safety Belt

Sabuk pengaman atau safety belt sudah dikenal oleh masyarakat umum bahkan sudah banyak yang tahu fungsinya untuk apa. Hanya saja masih banyak yang tidak sadar dan memiliki perilaku abai dari kegunaan benda ini.

Banyak yang tidak memakainya dan hanya memakainya saat ada razia petugas POLANTAS saja. Hal ini tentu tidak benar dan sangat tidak dianjurkan. Karena keselamatan kamu itu jauh lebih penting dari sekedar surat tilang biru dan denda. 

Nyawa kamu itu sangat berharga dan tidak untuk disia-siakan. Penggunaan sabuk pengaman ini benar-benar seperti namanya. Fungsinya untuk menjaga keselamatan saat terjadi benturan atau kecelakaan pada mobil.

Sabuk pengaman diharapkan dapat menjaga posisi pengendara tetap berada pada tempatnya. Pada kasus kecelakaan yang parah, hal ini bertujuan agar tubuh kamu tidak terpental keluar mobil.

Terpentalnya tubuh akan memberikan dampak kecelakaan yang lebih berat terhadap tubuh. Hal inilah yang harus dicegah dan dapat diminimalisir dengan penggunaan sabuk pengaman.

Jadi Pins mulai sekarang kamu harus selalu memakai sabuk pengaman ini, baik sebagai pengemudi atau pun sebagai penumpang. Jangan lagi abai dan hanya menganggapnya sebagai aksesoris pelengkap mobil saja.

Baca juga: Ingin Mobil Terawat? Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali?

Tips Menggunakan Safety Belt Bagian I

Penggunaan safety belt yang benar dapat meningkatkan keamanan bagi pemakainya. Untuk menggunakanya dengan baik dan benar serta tepat kamu dapat melihat beberapa tips berikut ini.

Gunakan Sabuk Bagian Atas Dengan Benar

Sabuk pengaman menjadi sebuah produk keselamatan berkendara yang diciptakan oleh produsen mobil. Pembuatan sabuk dibuat sedemikian rupa menyesuaikan bentuk pundak pengendara dan penumpang.

Tidak sedikit pengendara dan penumpang mengeluhkan tali sabuk pengaman yang sangat tidak nyaman dan membuat risih. Inilah salah satu penyebab yang membuat kamu malas dan enggan memakai sabuk pengaman.

Pastikan kamu memakai sabuk pengaman dengan benar. Agar lebih nyaman maka kamu harus memastikan penggunaan sabuk bagian atas sudah terpasang dengan benar. Posisikan tali bagian atas berada di depan bagian tubuh. 

Apabila tali berada di posisi belakang maka ini adalah posisi yang salah. Sebaiknya kamu segera merubah posisinya menjadi di depan.

Perhatikan Tali Bagian Bawah 

Setelah memperhatikan pemasangan tali sabuk bagian atas sudah benar dan tepat. sekarang saatnya kamu juga memastikan pemasangan sabuk bagian bawah berada di posisi yang benar.

Pastikanlah posisi sabuk bagian bawah ini berada di pinggang kamu. Karena fungsinya untuk menopang tubuh dengan kuat harus berfungsi semestinya. Jangan sampai tali bagian bawah malah berada di atas pinggang dan terletak di bagian perut atau lambung.

Saat kamu menemukan ukurannya tidak pas maka sebaiknya lakukanlah pengaturan tali dengan menggeser bagian kuncinya. Aturlah sampai kamu benar-benar merasa nyaman.

Pastikan Terkunci dengan Benar

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah memastikan sabuk pengaman terkunci dengan benar. Kamu juga dapat melakukan pengecekkan dengan menarik sabuk atau menggerakkan badan ke depan. 

Rasakanlah apakah sabuk menahan tubuh kamu dengan baik atau malah tidak terasa tahanannya. Jika sabuk pengaman malah terlepas berarti kamu belum benar dalam menguncinya.

Tips Menggunakan Safety Belt Bagian II

safety belt
(pixabay)

Setelah memastikan tips penggunaan sabuk pengaman di bagian I. Saatnya sekarang kamu memperhatikan tips penggunaan di bagian ke II ini. 

Pastikan Sabuk Bebas dari Terlilit

Sabuk pengaman yang terlilit atau pun terlipat akan sangat tidak nyaman saat dipakai. Jadi kamu harus memastikan bahwa sabuk pengaman berada pada kondisi lurus dan nyaman digunakan.

Selain memberikan rasa nyaman, posisi tali yang benar juga dapat mengurangi cidera pada bagian tubuh saat terjadi kecelakaan. Jadi Pins saat kamu memakai sabuk pengaman perhatikanlah agar tali tidak terlilit dan terlipat.

Perhatikan Posisi Duduk

Posisi duduk berperan penting dalam penggunaan sabuk pengaman yang nyaman dan benar. Kamu harus duduk dengan posisi tegak dan memastikan posisi punggung sejajar dengan sandaran kursi.

Gunakan posisi jok standar yang sesuai dengan tubuh Kamu. Tidak perlu menurunkan jok secara berlebihan karena sabuk pengaman bukan lagi menopang pinggang. 

Saat posisi ini dilakukan yang terjadi adalah sabuk pengaman menopang bagian perut dan ini adalah salah.Saat terjadi kecelakaan sabuk pengaman malah menjadi penyebab cedera serius pada bagian perut kamu.

Pastikan Kondisi Pengunci Bagus

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memastikan slot bagian pengunci safety belt atau sabuk pengaman dalam kondisi bagus. Kamu dapat mengeceknya dengan cara menarik bagian slot yang sudah dikunci. 

Jika terlepas kembali berarti bagian pengunci sudah dol. Sebaiknya kamu segera memperbaikinya atau mengganti dengan yang baru. Karena sabuk dengan kondisi seperti ini tidak dapat berperang dengan baik.

Jadi akan terasa sia-sia kamu memakai sabuk pengaman karena bukannya mengamankan dan hanya sebagai aksesoris saja.

Baca juga: Nama Alat-Alat Bengkel Otomotif: Fungsi dan Gambarnya

Featured Image Source: suzukiindonesia


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.