Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Power Train adalah Sistem Apa? Pengertian dan Fungsi Power Train Mobil
power train adalah
Otomotif

Power Train adalah Sistem Apa? Pengertian dan Fungsi Power Train Mobil

  • 9 Dec, 2022 oleh Putra
  • 5 menit membaca

Saat berkendara kamu pasti pernah berpikir bagaimana mobil bisa berjalan dan berfungsi dengan baik. Power train adalah alasan mengapa mobil dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Bisa dibilang power train merupakan salah satu sistem yang sangat penting untuk menjalankan sebuah mobil.

Power train adalah sebuah sistem yang berguna untuk menyalurkan tenaga putra menuju pada roda penggerak mobil. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu power train, kamu harus mengetahuinya. Karena istilah ini adalah istilah yang sudah umum bagi dunia otomotif.

Baca juga: Turun Mesin Adalah Apa? Ini Dia Penjelasannya!

Power Train adalah Sistem Apa?

Sebuah mobil pasti memiliki sistem power train didalamnya agar dapat berjalan dengan baik. power train adalah sebuah sistem penggerak yang ada di dalam sebuah mobil. Sistem ini biasanya terdapat pada body, listrik, dan di samping mesin. 

Letak sebuah power train system pada mobil juga tergantung pada jenis mobil yang kamu miliki. 

Power train adalah sistem yang sangat penting untuk ada dalam sebuah mobil. Karena perannya sebagai penyalur tenaga penggerak di roda penggerak. Bisa dibilang sistem ini adalah yang membuat roda mobil dapat berputar dan berjalan dengan baik. 

Saat menghidupkan mobil, power train akan segera mengoperasikan bagian roda mobil. Jadi, saat mobil melaju pada kecepatan tertentu. Kamu dapat mengatur kecepatan sesuai dengan kebutuhan adalah berkat adanya power train

Kamu dapat menyimpulkan bahwa power train adalah sistem penggerak yang dapat membuat mobil bergerak. Namun, selain sebagai penggerak mobil. Apalagi fungsi dari power train itu sendiri?

Baca juga: 9 Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil

Komponen dari Power Train

(autoexpose)

Agar dapat berfungsi dengan baik. Tentunya power train memiliki komponen tertentu yang menyusunnya. Maka dari itu inilah komponen yang terdapat pada power train mobil kamu.

Clutch atau Kopling

Kopling merupakan bagian yang terdapat pada sistem power train mobil. Komponen ini sendiri berfungsi sebagai penyalur tenaga antara mesin dan transmisi. Karena fungsi sebagai penyalur dari mesin ke transmisi.

Komponen ini terletak diantara mesin dan sistem transmisi. Jadi, ketika kamu menghidupkan mobil dan menjalankan mobil tersebut. Kopling itulah yang berfungsi sebagai penyalur tenaga agar kamu dapat mengganti gigi mobil. 

Jika komponen ini bermasalah biasanya akan terjadi yang namanya kopling selip. Kopling selip akan membuat mobil tidak dapat bergerak dan mogok.

Baca juga: Bagian-bagian Utama Plat Kopling (Clutch Disc) dan Fungsinya

Sistem Transmisi

Sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil saat berkendara adalah peran dari sistem transmisi. Ternyata sistem ini merupakan bagian dari power train system.

Dengan adanya transmisi kamu dapat mengatur kecepatan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika dalam mobil transmisi juga sering disebut dengan gigi mobil.

Propeller Shaft

Komponen selanjutnya yang terdapat pada sistem power train adalah propeller shaft. Propeller shaft berperan penting untuk menyalurkan tenaga dari transmisi menuju ke final gear

Kalau dilihat komponen ini berbentuk seperti batang baja berlubang dan terdapat universal joint di ujungnya. Propeller shaft akan bekerja dengan memanjang dan memendek bersamaan dengan roda yang bergerak naik turun.

Final Gear

Terakhir adalah komponen bernama final gear. Komponen inilah yang berfungsi untuk mengubah kecepatan pada mesin mobil. Final gear juga berfungsi untuk memperbesar torsi pada mobil kamu. 

Jika salah satu komponen diatas mengalami kerusakan. Segeralah periksa karena akan berdampak pada keseluruhan mobil. Karena power train berperan sebagai penggerak mobil. Jika mengalami kerusakan akan membuat mobil tidak dapat berjalan. 

Karena cara kerja sebuah power train sangat dipengaruhi oleh komponen yang ada didalamnya. Jadi, kamu harus benar-benar memastikan bahwa komponen ini tidak mengalami kerusakan.

Baca juga: Jangan Salah Lagi! Ini Dia Penjelasan Tentang Sistem Transmisi Pada Mobil

Fungsi dari Power Train Mobil

(sarkepo)

Sekarang kamu sudah tahu apa saja komponen yang terdapat pada power train mobil kamu.

Namun, apakah fungsi power train hanya sebagai penggerak roda saja? Inilah dia fungsi power train yang harus kamu ketahui sebagai pemilik mobil.

Penerus Tenaga ke Mesin Mobil

Power train adalah sistem penggerak yang berperan untuk menyalurkan tenaga putar ke mesin mobil. Tenaga ini akan disalurkan oleh power train menuju yang namanya final drive

Itulah mengapa ketika berkendara kamu dapat dengan mudah mengatur kecepatan. Karena tenaga yang disalurkan menuju final drive berjalan dengan baik.

Sebagai Reduksi

Sistem power train yang baik akan berperan sebagai reduksi. Reduksi yang terjadi oleh power train menjadikan kerja sistem mobil yang membuat mobil bergerak. 

Mengubah Percepatan Mobil

Saat berkendara pastinya kamu akan berada dalam kecepatan tertentu. Saat mengganti gigi pasti mobilmu akan mengalami percepatan. Nah, power train adalah yang memudahkan kamu untuk mengatur percepatan pada mobil kamu.

Mengubah Arah Putaran

Kamu pasti akan mengubah arah putaran roda saat berkendara maju ataupun mundur. Sistem inilah yang memudahkan arah putaran tersebut. Dengan adanya sistem ini kamu dapat menjalankan mobil dengan nyaman.

Maka dari itu jika salah satu komponen mengalami kerusakan. Segera periksa agar mobil kamu selalu pada kondisi terbaiknya.

Pemeriksaan berkala juga penting untuk dilakukan untuk mengecek jika ada masalah lainnya pada mobil.

Baca juga: Pahami Mobil Transmisi Otomatis dan Cara Kerjanya!

Featured Image Source: mobilmo


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.