Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Kenali Arti dan Fungsi Persneling Mobil Matic Yuk
persneling-mobil-matic
Otomotif

Kenali Arti dan Fungsi Persneling Mobil Matic Yuk

  • 19 May, 2022 oleh Pandu Pamungkas
  • 7 menit membaca

Jika berbicara tentang mobil pastinya tidak jauh soal jenis mobil transmisi manual dan mobil transmisi matic. Dewasa ini penjualan mobil matic semakin meningkat karena permintaannya yang semakin tinggi. Bukan tanpa alasan, ramainya permintaan mobil matic juga disebabkan oleh fungsi persneling mobil matic. Dengan mobil matic Pins tidak perlu repot untuk menekan pedal kopling untuk mengganti gigi. Persneling mobil matic pun hadir lebih praktis yang ditandai dengan huruf. 

Berbeda dengan mobil transmisi manual yang memiliki indikator persneling dengan angka. Mungkin jika melihat persneling mobil matic akan terasa lebih simple, namun nyatanya masih banyak orang yang belum benar-benar paham pengertian dari indikator huruf pada persneling mobil matic. 

Bagi yang memiliki mobil matic, alangkah sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja pengertian dari tiap indikator pada persneling mobil. Memang terkesan simple dan agak remeh, namun mengetahui apa saja fungsi praktis dari tiap indikator di persneling mobil transmisi matic juga sangat penting. Walaupun lebih praktis, persneling pada mobil matic tetap memiliki kendali penuh pada area kemudi. Oleh karena itu Pins perlu untuk mengenali arti dan fungsi persneling mobil matic. 

Pengertian Persneling pada Mobil Matic

(Pixabay)

Persneling mobil matic adalah sistem transmisi yang digunakan pada mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Sistem ini memiliki sebuah kopling yang secara otomatis mengatur pengalihan gigi saat berganti persneling, sehingga tidak perlu menggunakan kopling manual atau pedal kopling. Persneling mobil matic juga sering disebut sebagai transmisi otomatis atau transmisi automatik.

Mobil transmisi matic terbagi menjadi dua jenis yang membedakan pada sistem transmisinya. Ada sistem transmisi CVT atau Continuous variable transmission dan AT yang berarti automatic transmission. Kedua sistem transmisi tersebut memiliki perbedaan yang jauh. Persneling mobil matic terdiri dari sejumlah gigi yang disebut “perbandingan gigi”, yang dapat diatur sesuai dengan kecepatan dan beban yang diinginkan. Pada mobil matic, pengemudi hanya perlu mengendalikan gas dan rem, sementara sistem transmisi otomatis akan mengatur pengalihan gigi secara otomatis.

Keuntungan dari sistem transmisi mobil matic adalah mudah digunakan, karena tidak perlu menggunakan kopling manual atau pedal kopling. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar karena dapat memilih perbandingan gigi yang tepat sesuai dengan kecepatan dan beban yang diinginkan. Namun, sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti biaya perawatan yang lebih tinggi dan respons yang lebih lambat dibandingkan dengan transmisi manual.

Continuous Variable Transmission

CVT pada sistem transmisi mobil matic adalah sistem yang memanfaatkan puli dan sabuk baja, di mana puli akan didorong oleh pompa fluida. Lalu tenaga mobil disalurkan dengan sempurna pada dua roda belakang dan menyesuaikan perubahan kecepatan torsi secara tepat. Karena sistem inilah mengapa mobil dapat melaju dengan konstan tanpa adanya hentakan seperti pada mobil manual. Dengan CVT, perpindahan gigi akan lebih halus dan kerja mesin tidak terlalu terbebani. Selain itu, penggunaan CVT juga dapat menahan borosnya bahan bakar.

Baca juga:

Automatic Transmission

Sistem transmisi kedua adalah AT yang memanfaatkan torque converter yang menggunakan tekanan oli dari valve body yang berfungsi untuk menggerakkan input shaft. Hal tersebut membuat kinerja akselerasi pada mobil matic lebih halus dibanding CVT. Namun pada sistem AT Pins akan merasakan adanya perpindahan gigi yang cukup terasa. Oleh karena itu engine brake pada AT tidak sebagus CVT. Dari kinerja tersebut membuat AT lebih banyak memakan bahan bakar ketimbang CVT. 

Fungsi Persneling Mobil Matic

(Pixabay)

Jika Pins melihat persneling pada mobil matic akan ada indikator atau huruf yang menunjukkan tingkatan transmisi mobil. Mungkin huruf dan angka tersebut kadang membingungkan karena memiliki artinya masing-masing. Pasalnya masih banyak orang yang hanya mengoperasikannya tanpa tahu arti dan maksudnya. Berikut penjabaran persneling atau transmisi pada mobil matic. 

P (Parking)

Kode P pada transmisi mobil matic memiliki arti parking. Maksud dari kode tersebut adalah persneling mobil matic ini berfungsi untuk mengunci transmisi supaya mesin mobil tidak bergerak. Transmisi yang satu ini juga berfungsi ketika Pins hendak menyalakan mesin mobil. Mobil akan menyala jika Pins injak bersamaan dengan starter mobil. 

N (Neutral)

Kode kedua yang ada di transmisi mobil matic adalah huruf N yang berarti neutral. Pada kondisi ini mobil akan masuk ke dalam mode netral di mana mesin tidak akan berjalan atau tidak masuk gigi. Namun fungsi parkir tidak ada pada gigi ini sehingga mobil dapat maju atau mundur jika tidak dibantu dengan rem. 

D (Drive)

Kode persneling selanjutnya pada mobil matic adalah D yang berarti drive. Pada transmisi ini Pins dapat memajukan mobil dengan menekan pedal gas. Transmisi D biasa digunakan untuk medan landai dan tidak dianjurkan digunakan pada medan yang menanjak karena akan memberatkan mesin. 

Angka 2 dan 3

Pada beberapa mobil matic biasanya terdapat kode angka 2 dan 3 pada persneling mobil. Namun ada juga mobil matic yang tidak mencantumkan angka ini dan langsung melongkapi ke transmisi Low. Angka 3 biasanya berada tepat di bawah huruf D dan disebelahnya terhubung dengan angka 2. Pada transmisi ini Pins akan masuk ke tahap semi manual dengan memindahkannya ke angka 3. Sama halnya jika Pins menggunakan mobil transmisi manual dengan membatasi penggunaan pada gigi 3 saja. 

Lain hal dengan angka 2 pada transmisi mobil matic yang berfungsi untuk melajukan mobil pada medan yang lebih menanjak. Dengan menggunakan gigi 2 Pins akan meringankan kinerja mesin dibanding dengan gigi D atau gigi 3. Selain itu transmisi 2 juga dapat berfungsi sebagai engine brake saat Pins melewati medan turunan yang curam dan membantu proses pengereman mobil. 

Baca Juga: Sistem Pengapian Konvensional: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja

Low

Kode selanjutnya adalah L atau Low yang dapat diartikan juga sebagai gigi 1 pada mobil manual. Dengan gigi ini Pins memerintahkan mesin mobil untuk membatasi penggunaan transmisi hanya pada gigi 1. Transmisi ini berfungsi untuk mengatasi medan tanjakan yang ekstrim dan sangat curam supaya mobil dapat melaju dengan kuat. Setelah melewati medan curam tersebut jangan lupa untuk langsung mengganti transmisi mobil kembali ke D. 

Baca juga:

Manual

Tidak semua mobil matic memiliki fitur transmisi M atau manual. Kode M sendiri memiliki peran untuk mengoperasikan kerja transmisi mobil layaknya mobil manual. Pins dapat mengendalikan transmisi mobil secara manual menggunakan tuas transmisi dengan kode plus dan minus. 

Shift Lock

Kode Shift lock biasanya terdapat di mobil matic tipe terbaru. Fungsi dari kode ini adalah sebagai pengunci tuas transmisi. Shift lock dapat Pins manfaatkan ketika ingin parkir paralel. Sehingga dengan transmisi ini mobil dapat didorong maju atau mundur dengan mudah. 

Itulah arti dan fungsi kode pada persneling mobil matic yang perlu Pins pahami sebelum membawa mobil matic. Dengan memahami setiap transmisi dengan baik maka Pins dapat mengoperasikannya dengan benar tanpa kendala. Meskipun mobil matic hadir untuk membuat Pins lebih nyaman dan simple, Pins tetap harus menjaga keselamatan saat berkendara dengan mematuhi setiap aturan lalu lintas yang ada. Semoga bermanfaat!

Memperhatikan cara pasang aki mobil yang tepat memang penting. Namun, jangan lupa rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga: Mobil Warna Kuning yang Banyak Dicari dan Harganya Awet


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.