Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Bisakah Memperpanjang STNK Tanpa KTP? Ini Dia Jawabannya!
Otomotif

Bisakah Memperpanjang STNK Tanpa KTP? Ini Dia Jawabannya!

  • 8 Dec, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Apakah bisa perpanjangan STNK tanpa KTP? Jawabannya bisa. Memperpanjang STNK tanpa KTP bahkan bisa via daring maupun SMS. Kartu Tanda Pengenal (KTP) merupakan identitas yang biasanya digunakan untuk memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

KTP yang digunakan pada STNK haruslah sesuai sehingga bagi pembeli mobil bekas tentu proses perpanjangan STNK lumayan merepotkan. Pins harus meminjam KTP pemilik mobil pertama. Padahal hal ini bisa saja Pins hindari dengan balik nama.

Syarat Memperpanjang STNK Tanpa KTP

mempersiapkan Syarat Memperpanjang STNK Tanpa KTP
Pexels

Setiap 5 tahun sekali STNK perlu diperpanjang untuk semua jenis kendaraan. Dalam memperpanjang STNK memerlukan beberapa dokumen terkait kepemilikan. Dokumen tersebut diantaranya adalah STNK asli dan fotokopi. KTP asli pemilik kendaraan baru dan fotokopinya.

BPKB asli dan fotokopi serta kwitansi yang menyebutkan nomor rangka serta mesin, plat nomor dan warna kendaraan. Biaya perpanjangan STNK 5 tahunan bagi kendaraan adalah sebagai berikut : 

  • Biaya perpanjangan STNK motor dan kendaraan roda tiga sebesar Rp100.000
  • Biaya perpanjangan STNK kendaraan roda empat atau lebih Rp200.000
  • Penerbitan TNKB kendaraan roda dua atau tiga sebesar Rp60.000
  • Penerbitan TNKB kendaraan roda empat atau lebih sekitar Rp100.000
  • Pengesahan STNK motor dan kendaraan roda tiga sebesar Rp25.000
  • Pengesahan STNK kendaraan roda empat atau lebih sekitar Rp50.000
  • Penerbitan BPKB baru atau ganti kepemilikan kendaraan roda dua atau tiga Rp225.000
  • Penerbitan BPKB baru atau ganti kepemilikan kendaraan roda empat atau lebih Rp375.000

Tarif di atas sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 terkait dengan jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak. 

Adapun biaya tambahan yang timbul dari perpanjangan STNK adalah ganti plat nomor baru sekitar Rp60.000-Rp100.000. Selain itu ada pula Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yakni Rp35.000.

Baca juga:

3 Cara Memperpanjang STNK  Tanpa KTP

Dalam memperpanjang STNK tanpa KTP perlu dilakukan balik nama terlebih dulu. Nama yang tertera di STNK harus disesuaikan dengan pemilik kendaraan bekas saat ini. Proses balik nama hingga cara memperpanjang STNK tanpa KTP melalui daring atau SMS bisa Pins simak sebagai berikut:

Balik Nama STNK

Memperpanjang STNK Tanpa KTP dengan balik nama dulu
Hyundai

Langkah pertama adalah mengajukan proses balik nama mulai dengan mendatangi Samsat dan membawa kendaraan yang ingin di balik nama. Adapun tahapannya ialah sebagai berikut:

  1. Datangi Samsat

Kunjungi Samsat sesuai dengan domisili KTP misalnya bila Pins berdomisili di Bekasi maka kunjungi Samsat Bekasi. Tujuannya agar mempermudah proses balik nama itu sendiri.

Jangan lupa bawa persyaratan dokumen di atas kemudian lakukan cek fisik atas kendaraan. Cek fisik biasanya meliputi memeriksa nomor rangka, nomor mesin dan hal lainnya yang diperlukan untuk diinput pada STNK baru.

  1. Lakukan Pendaftaran Balik Nama

Minta bukti cek fisik yang disahkan oleh Samsat kemudian satukan dengan dokumen persyaratan proses balik nama. Serahkan syarat dokumen pada loket pendaftaran balik nama.

Tunggu proses balik nama selesai kemudian bayar sejumlah biaya untuk mengambil STNK baru. Biayanya meliputi pajak kendaraan bermotor, biaya bea balik nama, SWDKLLJ, biaya administrasi lainnya serta denda keterlambatan pembayaran pajak.

  1. Ambil STNK Baru 

Apabila semua biaya terbayarkan maka STNK pemilik baru bisa langsung diambil. Jika Pins sekaligus melakukan proses memperpanjang BPKB tentuknya perlu mengantri lebih lama karena prosesnya menjadi satu.

Memperpanjang STNK Tanpa KTP Via Online

Setelah berhasil melakukan balik nama  kini Pins bisa memperpanjang STNK secara daring. Syaratnya adalah nomor induk kependudukan serta alamat lengkap sesuai KTP. 

Setelah itu lakukan pembayaran secara online melalui transfer ATM atau ke bank yang bekerja sama dengan Samsat. Pins juga bisa melakukan pembayaran melalui minimarket tertentu seperti Indomaret atau Alfamart.

Pembayaran pajak secara online masih berlaku di beberapa provinsi saja. Jika termasuk wilayah yang bisa melakukan pembayaran daring maka bisa menggunakan cara manual saja.

Baca juga:

Memperpanjang STNK Tanpa KTP Via SMS

Memperpanjang STNK Tanpa KTP Via SMS
Pexels

Langkah memperpanjang STNK terakhir adalah melalui SMS sehingga pastikan Pins telah mengisi pulsa pada nomor ponsel. SMS ini nantinya ditujukan ke gateway Dinas Pendapatan Daerah yang ada di aplikasi Samsat.

Format SMS yang dikirimkan yakni : esamsat (nomor rangka kendaraan) (nomor KTP) alamat email yang aktif.

Cek data NIK dan KTP terlebih dulu kemudian kirimkan SMS. tunggu hingga server Samsat mengirimkan balasan SMS berisi kode pembayaran, jumlah tagihan yang harus dibayarkan dan data kendaraan.

Lakukan pembayaran sesuai instruksi yang diberikan kemudian kunjungi kantor Samsat untuk penukaran struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah. Keunggulan perpanjangan dengan cara ini adalah menghemat waktu, biaya transport dan tenaga.

Pembayaran pajak kendaraan dilakukan setiap tahunnya. STNK sendiri merupakan bukti penting karena menunjukan pemilik kendaraan yang Pins gunakan. Keterlambatan dalam memperpanjang maupun membayar pajak akan dikenai sanksi berupa denda.

Dalam memperpanjang STNK tanpa KTP biasanya hanya dilakukan pada pembelian kendaraan bekas saja. Pins akan melakukan balik nama terlebih dulu untuk bisa memperpanjang STNK. Setelah itu proses perpanjangan STNK bisa melalui daring atau secara SMS.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah