Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Memahami Perbedaan Spooring dan Balancing Ban Mobil
perbedaan spooring dan balancing ban mobil
Otomotif

Memahami Perbedaan Spooring dan Balancing Ban Mobil

  • 15 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Pengalaman berkendara yang nyaman adalah impian banyak orang, bukan? Untuk itu, perawatan rutin mobil patut dilakukan agar hal tersebut tercapai, termasuk spooring dan balancing. Namun, apa perbedaan antara spooring dan balancing? 

Beberapa orang yang baru saja punya mobil mungkin kurang awam dengan istilah ini. Alhasil, tidak jarang mereka bingung apa yang perlu dilakukan ketika servis mobil dilakukan. 

Maka dari itu, kenali dulu yuk apa bedanya spooring dan balancing ban mobil agar kamu lebih paham dengan mobil sendiri!

Perbedaan Spooring dan Balancing Ban Mobil

Pada dasarnya spooring dan balancing merupakan bagian dari proses perawatan mobil yang tidak boleh terlewatkan. Walau begitu, ada beberapa perbedaan yang patut kamu lihat antara spooring dan balancing. 

Cara Kerja

perbedaan spooring dan balancing ban mobil
(Pexels)

Spooring adalah proses perawatan mobil yang bertujuan mengembalikan kondisi sesuai dengan pengaturan mobil. Ini dilakukan dengan menyetel sudut-sudut geometri bagian depan, yaitu chamber, caster, dan toe

Ketiganya dapat diatur kembali agar selaras dengan lingkar kemudi. Pasalnya, pemakaian mobil dalam waktu lama bisa mengubah pengaturan pada roda mobil, terutama ketika dipakai sehari-hari. 

Ini biasanya diperlukan ketika kamu sering mengendarai mobil di jalan yang rusak atau tanpa sengaja menabrak lubang ketika mobil melaju kencang. Guna mengembalikan settingan roda tersebut, Pins butuh spooring

Sementara itu, balancing merupakan tindakan guna mengembalikan keseimbangan roda mobil. Idealnya, proses ini dilakukan dengan menambahkan pemberat pada velg di mobil agar putaran roda seimbang dan stabil. 

Umumnya, setiap produsen mobil merekomendasikan balancing atau spooring setiap kali mobil menempuh jarak 20.000 km. Bila kamu sering menggunakannya di jalana yang rusak dan berlubang, kedua perawatan ini dianjurkan rutin dilakukan setiap 10.000 km. 

Melihat dari cara kerjanya, spooring dan balancing punya perbedaan yang cukup kentara bukan, Pins?

Baca Juga: Cara Memahami Arti dan Ukuran Ban Mobil Beserta Ukuran Idealnya

Ciri-ciri

Selain cara kerja, spooring dan balancing akan terlihat berbeda ketika kamu tahu ciri-ciri ban yang membutuhkan salah satu dari perawatan ini. 

Ciri Mobil Butuh Spooring

perbedaan spooring dan balancing ban mobil
(Pexels)

Berikut kondisi yang mungkin membuat kamu harus membawa mobil ke bengkel dan mendapatkan spooring

  • Salah satu ban aus
  • Permukaan ban tidak rata
  • Posisi roda miring
  • Setir sering bergerak ke sisi kiri atau kanan
  • Sulit mengendalikan setir
  • Ban belakang tidak lurus
  • Ban belakang bergeser
  • Mobil sering bergetar

Ciri Mobil Butuh Balancing

Dibandingkan spooring, berikut ciri-ciri mobil yang butuh balancing yang patut kamu perhatikan. 

  • Bagian lingkar setir bergetar
  • Laju mobil mengarah ke kiri atau kanan
  • Kemudi terasa berat saat dikendarai
  • Mobil terasa miring

Mengenali perbedaan ciri-ciri spooring dan balancing membuat kamu bisa segera membawa mobil ke bengkel. Dengan begitu, Pins bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman, ya!

Baca Juga:

Biaya

uang
(Pexels)

Mengingat fungisnya berbeda, tentu biaya antara balancing dan spooring mobil tidak akan sama pula, Pins. 

Umumnya, biaya yang akan kamu keluarkan ketika melakukan salah satu atau kedua perawatan ini tergantung model atau merk mobil. Bengkel biasanya mengeluarkan kisaran harga balancing dari Rp10.000 – Rp30.000 per roda. 

Sementara itu, spooring untuuk mobil LCGC seperti Toyota Yaris atau Toyota Avanza dibanderol mulai dari Rp150.000 – Rp175.000 per roda. Jika kamu punya mobil kelas menengah ke atas, seperti Toyota Alphard, harganya akan lebih mahal, yaitu sekitar Rp200.000 per roda. 

Tidak hanya itu, harga paketan spooring dan balancing bisa berdasarkan kebijakan masing-masing bengkel. Bila ada bengkel yang menawarkan paket ini dengan harga mulai dari Rp174.000, jangan kaget ketika melihat harga di tempat lain dengan harga Rp225.000. 

Manfaat Spooring dan Balancing Ban

Setelah memahami apa saja perbedaan spooring dan ban mobil, kenali apa saja manfaat yang didapat setelah melakukan keduanya, yuk!

  • Lebih aman dan nyaman saat berkendara. 
  • Hemat karena ban tidak cepat habis dan lebih tahan lama. 
  • Irit konsumsi bahan bakar
  • Mencegah keausan yang tidak merata pada ban. 
  • Kendali mobil lebih stabil. 
  • Kaki-kaki atau understeel mobil lebih awet. 
  • Roda kemudi lebih seimbang dan stabil. 
  • Suara decit pada ban saat berbelok berkurang. 
  • Posisi kemudi bisa segera kembali lurus setelah belok. 

Baca Juga:

Pentingnya Servis Mobil Secara Berkala

memperbaiki ban mobil di bengkel
(Pexels)

Spooring dan balancing memang menjadi bagian dari perawatan mobil yang punya perbedaan masing-masing. Hanya saja, keduanya sering diabaikan oleh banyak orang karena ciri-cirinya yang terkadang tidak begitu kentara untuk dirasakan. 

Padahal, ban yang tidak rata bisa menyebabkan pengalaman berkendara kamu tidak baik. Akibatnya, mobil bekerja lebih keras ketika dijalankan. Jika ini dibiarkan, tentu ada risiko kerusakan lain yang cukup berbahaya bagi kamu dan mobil. 

Alih-alih menghemat uang servis mobil, kamu mungkin harus merogoh kocek yang dalam untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk servis mobil secara berkala guna merawat performa mesin hingga kaki-kaki mobil, ya!

Nah, itu tadi beberapa perbedaan antara spooring dan balancing ban mobil yang patut Pins perhatikan. Dengan mengenali hal tersebut berikut manfaatnya, kamu jadi jauh lebih paham deh seputar mobil dan bisa merawatnya dengan baik agar tahan lama!

Baca Juga: 4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Timbul Bunyi Tek Tek


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.