Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Ini Dia Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2
Elektronik

Ini Dia Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2

  • 20 Jul, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Nintendo menjadi konsol game paling laris manis khususnya saat pandemi tiba. Banyak orang mengisi waktu dengan nonton film dan bermain game. Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2 juga menjadi perhatian publik.

Dari segi harga keduanya jauh berbeda. Nintendo Switch V2 jauh lebih murah dibandingkan versi terdahulunya. Bila dilihat sekilas desainnya hampir sama sehingga banyak yang ingin tahu mana yang lebih baik dari keduanya.

Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2

(Wikimedia Commons)

Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2 pada dasarnya dapat diketahui dari spesifikasi masing-masing konsol. Pada Nintendo Switch V1 dilengkapi dengan Joy Con (L), ®, Joy Con Grip dan AC Adapter. 

Perbedaan keduanya terlihat jelas dari baterai yang digunakan.  Versi ini menawarkan waktu gameplay dari 2.5-6.5 jam. Pada bagian belakang perangkat terdapat nomor model HAC-001.

Pins dapat menemukannya di bagian bawah logo. Sementara pada V2 memiliki nomor model HAC-001-(01). Versi kedua mampu memainkan game selama 4.5 jam hingga 9 jam. Ketahanan baterai jauh lebih unggul dibandingkan versi terdahulunya.

Pada generasi kedua memiliki kotak kemasan berwarna merah secara keseluruhan. Selain komponen diatas dari desain dan spesifikasi keduanya sama persis.

Baca Juga : Yuk Intip 7 Perbedaan Nintendo Switch dan Lite

Tips Membeli Nintendo Switch

(Wikimedia Commons)

Setelah mengetahui perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2, Tentu Pins semakin tidak sabar untuk membeli konsol game ini. Walaupun demikian pertimbangkan beberapa faktor sebelum membeli Nintendo Switch diantaranya adalah sebagai berikut :

Ketahui Versi Nintendo Switch

Pada dasarnya Nintendo Switch memiliki empat versi yang beredar di pasaran. Versi pertama adalah V1, Nintendo Switch V2 untuk generasi pembaharuan dari yang sebelumnya, Nintendo Switch Lite, dan Nintendo Switch OLED Model.

Seperti diungkapkan sebelumnya Nintendo Switch V1 dan V2 memiliki bentuk yang sama persis. Spesifikasinya mirip hanya berbeda dari segi baterai yang digunakan saja.

Untuk membedakan keduanya bisa melihat nomor model pada perangkat. Nintendo Switch Lite versi yang lebih murah dan ringan. Harganya yang jauh lebih murah juga memangkas beberapa  spesifikasi perangkat.

Nintendo Switch Lite hanya untuk mode permainan handheld saja. Sementara Nintendo Switch OLED Model memakai tampilan layar tanpa tepi. Varian ini lebih canggih dibandingkan varian lainnya.

Nintendo Switch OLED Model dirilis pada akhir 2021 lalu. Bagian layar menggunakan OLED sehingga gambar lebih tajam. Ukurannya sendiri sekitar 7 inci dan lebih besar dari Switch yang memiliki layar 6.2 inci.

Nintendo Switch mempunyai dudukan lebih besar, LAN port di housing serta sistem audio yang lebih baik. Memori internalnya menjadi 64 GB sementara pada model sebelumnya memiliki kapasitas internal 32GB.

Tidak Hadir Di Indonesia

Nintendo Switch tidak hadir resmi di Indonesia. Alhasil garansi yang diberikan bukan garansi resmi melainkan garansi toko. Para toko umumnya mengimpor sendiri mesin hibrida tersebut.

Walaupun begitu jika konsol game yang dimiliki rusak maka pihak toko siap membantu. Entah dengan mengirimkan kembali produk ke negara lain maupun diperbaiki sendiri.

Baca Juga : 20 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik

Pilih Region

Mesin Nintendo Switch hadir dalam beberapa region. Misalnya saja Asia, Jepang yang dipisah dari Asia, Amerika Serikat dan Eropa. Game inipun dijual berdasarkan regionnya.

Nintendo Switch hadir secara region free atau region unlocked. Artinya adalah Nintendo yang dibeli bisa memainkan semua game dari region manapun. 

Sebagai contoh ketika membeli konsol game dari Jepang bisa memainkan game dari region lain seperti Amerika Serikat. Semua region sudah mendukung bahasa Inggris jadi tidak akan terkendala bahasa.

Sayangnya game dari beberapa region tidak mendukung bahasa Inggris. Game untuk pasar Tiongkok tak jarang tidak dilengkapi bahasa Inggris.

Nintendo Switch versi jepang dijual lebih murah di pasar Indonesia. Selisihnya bisa mencapai Rp. 500.000.

Beli Aksesorisnya

Aksesoris dari Korea Selatan lumayan mahal. Bila membeli aksesoris secara lengkap perlu mengeluarkan dana hingga Rp. 6.000.000. Sebaiknya beli aksesoris yang penting terlebih dulu.

Contohnya saja bagian cover dan screen protector. Ada pula yang membeli paket lengkap keduanya dengan harga cukup murah yakni Rp. 175.000.

Baca Juga : 11 Kabel Type C Terbaik dan Paling Awet

Game Yang Paling Bagus Untuk Switch

(Shopee)

Game Nintendo Switch cukup mahal yakni satu game bisa dijual mulai dari Rp. 600.000-Rp. 1.000.000. Ada beberapa saran game yang bisa Pins beli diantaranya adalah Legend of Zelda: Breath of the Wild untuk game RPG.

Bagi game balapan kasual bisa memainkan Mario Kart 8. Sementara jika gemar bermain platformer dapat bermain Mario Odyssey. Selain itu kapasitas penyimpanan Nintendo Switch hanya 32GB.

Satu game bisa memiliki besaran penyimpanan 10-15GB. Bahkan ada yang mencapai 20GB.jika ingin membeli game secara digital dapat melalui eShop dan sekalian membeli kartu memori.

Jika membeli game fisik ditunda dulu untuk menghemat budget. Kini Pins bisa mengenal jenis Nintendo Switch mana yang sebaiknya dibeli setelah ulasan diatas, bukan?

Apalagi setelah mengetahui perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2. Bila memiliki modal berlebih bisa membeli konsol game lengkap dengan aksesorisnya. Harga game konsol ini juga tidak murah sehingga perlu disiapkan budget lebih.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.