Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Ini Dia Perbedaan Motor KLX dan CRF yang Perlu Kamu Ketahui
Otomotif

Ini Dia Perbedaan Motor KLX dan CRF yang Perlu Kamu Ketahui

  • 3 Aug, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 5 menit membaca

Motor KLX dan CRF mungkin sedikit sulit untuk dibedakan terlebih bagi orang awam. Jenis motor trail tersebut diproduksi oleh pabrik yang berbeda. Selain itu, terdapat perbedaan motor KLX dan CRF lainnya dari segi mesin, dimensi, dan harganya.

Motor KLX sendiri merupakan produksi dari Kawasaki. Sedangkan untuk motor CRF adalah motor trail yang diluncurkan oleh Honda. Tidak hanya beda pabrik, KLX dan CRF juga memiliki beberapa perbedaan seperti berikut.

Perbedaan Dimensi

perbedaan motor KLX dan CRF
(GridOto.com)

Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150 merupakan motor dual purpose dengan dimensi yang berbeda. Dimensi kendaraan ini memberikan pengaruh yang cukup besar untuk kenyamanan berkendara terutama untuk off road. Berikut perbedaan dimensi antara KLX dan CRF.

Panjang

KLX 150 memiliki panjang 2.070 mm sedangkan CRF 150 panjangnya 2.119 mm. Lebih panjang CRF dibanding KLX.

Lebar

Sedangkan untuk lebarnya sendiri KLX 150 memiliki lebar 825 mm dan CRF 150 lebarnya 793 mm. Mungkin terlihat lebih besar KLX dibanding CRF karena dimensi lebar KLX menang dibanding CRF.

Tinggi

Beralih ke tinggi motor, untuk KLX 150 memiliki tinggi 1.155mm dan CRF 150 tingginya 1.153 mm. Masih menang KLX 150 untuk segi dimensi tinggi motornya.

Jarak ke Tanah

Perbedaan motor KLX dan CRF lainnya juga terletak pada jarak motor ke permukaan tanah. KLX 150 didesain dengan jarak ke tanah 295 mm atau lebih tinggi dari CRF 150 yang jarak ke tanahnya yaitu 285 mm.

Bobot

Namun dari segi bobot, KLX 150 lebih ringan dengan bobot 118 kg. Sedangkan CRF 150 memiliki bobot kendaraan sebesar 122 kg.

Kapasitas tangki

Kapasitas tangki KLX juga lebih kecil yakni 6,9 liter. Tangki pada CRF 150 memiliki kapasitas hingga 7,2 liter.

Perbedaan Spesifikasi Mesin

perbedaan motor KLX dan CRF
(GridOto.com)

Sebenarnya untuk motor KLX 150 hadir dalam 2 varian yaitu tipe standar dan BF. Masing-masing menggunakan mesin yang sama hanya berbeda pada final reduction ratio.

Sedangkan untuk perbedaan motor CRF dan KLX dari performa mesin cukup banyak. Berikut beberapa perbedaan spesifikasi mesin CRF dan KLX.

Baca juga:

Kapasitas Mesin

Kawasaki KLX 150 mengusung mesin dengan kapasitas 144 cc. Kapasitas mesin yang sedikit lebih kecil dibandingkan mesin CRF 150. Honda CRF 150 menggunakan mesin berkapasitas 149 cc.

Jumlah Silinder

Namun untuk jumlah silinder yang digunakan KLX 150 lebih besar yakni 1 silinder 4 tak. Sedangkan untuk CRF 150 memiliki jumlah silinder yaitu 1 silinder.

Tenaga

Perbedaan lainnya dari segi tenaga yang dihasilkan, KLX 150 cukup besar yaitu 11,8 hp per 8.000 rpm. Namun masih kalah dengan CRF 150 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 12,7 hp untuk 8.000 rpm.

Torsi

Motor trail dari Kawasaki ini menggunakan torsi ukuran 11,3 Nm per 6.500 rpm. Sedangkan Honda menggunakan torsi 12,43 Nm per 6.500 untuk CRF 150.

Transmisi

Tidak ada perbedaan dari segi transmisi, baik KLX maupun XRF menggunakan transmisi 5 percepatan.

Suplai Bahan Bakar

Suplai bahan bakar untuk KLX 150 adalah karburator NCV24 dan untuk CRF 150 menggunakan suplai programmed fuel injection.

Jenis Kopling

Jenis kopling yang disematkan pada KLX 150 adalah basah multi disc. Sementara itu, untuk CRF 150 menggunakan jenis kopling basah multiplate.

Sistem Pendingin

Sistem pendingin yang digunakan pada KLX 150 adalah udara. Begitu juga dengan CRF 150 yang menggunakan udara pada sistem pendingin mesin.

Kompresi

Masing-masing untuk KLX dan CRF memiliki spesifikasi kompresi yang sama yaitu 9.5 : 1.

Perbedaan Kaki-Kaki

perbedaan motor KLX dan CRF
(GridOto.com)

KLX 150 menjadi motor off road yang menguasai pasar pada tahun 2010. Kemudian AHM hadir sebagai pesaing dengan meluncurkan CRF 150 pada tahun 2017. Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150 saling berkompetisi dengan berbagai perbedaan seperti berikut.

Suspensi Depan

Suspensi depan pada KLX 150 menggunakan 35 mm inverted fork. Sedangkan CRF 150 menggunakan suspensi 37 mm inverted fork.

Suspensi Belakang

Perbedaan berikutnya ada pada suspensi belakangnya. KLX menggunakan uni track, single shock adjustable spring preload. Sedangkan untuk motor CRF menggunakan monosuspension Pro-link suspension system.

Roda Depan

Roda depan pada KLX 150 memiliki ukuran 2.75 inci hingga 21 inci. Ukuran roda depan ini juga digunakan pada CRF 150.

Roda Belakang

Bagian roda belakang untuk masing-masing KLX dan CRF dapat menggunakan roda berukuran 4.10 inci hingga 18 inci.

Rem Depan

Perbedaan motor CRF dan KLX lainnya terletak pada rem depan. Rem depan KLX 150 adalah jenis cakram 240 mm, begitu juga untuk rem depan CRF 150.

Rem Belakang

Namun untuk rem belakang KLX dan CRF berbeda. KLX menggunakan cakram 190 mm dan CRF menggunakan cakram 220 mm.

Perbedaan Harga di Pasaran

perbedaan motor KLX dan CRF
(Otoasia.com)

KLX sendiri memiliki 2 varian dengan harga yang berbeda, hanya saja selisihnya tidak terlalu jauh. Sedangkan untuk CRF hanya tersedia dalam 1 varian. Berikut perbedaan harga KLX dan CRF untuk OTR Jakarta.

Harga Kawasaki KLX 150

Perbedaan motor CRF dan KLX selanjutnya adalah pada harganya. Harga Kawasaki KLX 150 untuk varian standar sekitar Rp 31,2 juta dan varian BF sekitar Rp 35 juta.

Harga CRF 150

Tidak beda jauh dari motor KLX, motor trail dari Honda ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 34,8 jutaan saja.

Itulah beberapa perbedaan motor KLX dan CRF yang mungkin selama ini belum Pins ketahui. Apakah Pins akan memilih KLX hijau atau CRF merah? Silahkan pilih sesuai selera Pins sendiri.

Jika kamu sudah menentukan pilihan, hal selanjutnya adalah memastikan motor tetap terawat dengan baik. Tidak hanya motor, jika Pins memiliki mobil perlu lho untuk merawat dan membersihkannya secara rutin. Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.