Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Perbedaan Aki Kering dan Basah, Lebih Bagus Mana?
perbedaan aki kering dan basah
Otomotif

Perbedaan Aki Kering dan Basah, Lebih Bagus Mana?

  • 30 Jun, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 5 menit membaca

Tidak hanya mainan saja yang memerlukan tenaga untuk bisa menyala. Kendaraan pun mempunyai nyawa sebagai sumber untuk menyimpan energi yang biasa disebut dengan aki. Akumulator atau aki ini tentu sudah familiar didengar oleh para pengguna kendaraan mobil maupun motor. Umumnya terdapat dua jenis aki, yaitu kering dan basah. Namun, apa Pins tahu perbedaan aki kering dan basah tersebut?

Aki sendiri sebenarnya sangat penting bagi kendaraan karena merupakan sumber kelistrikan yang menghubungkan berbagai komponen mesin. Mulai dari starter, suplai tenaga mesin hingga menyalakan fuel pump.

Baca Juga:

Perbedaan Aki Kering dan Basah

perbedaan aki kering dan basah
(Kompas)

Perbedaan signifikan memang bisa terlihat dari jenis cairan yang digunakan. Air aki atau cairan elektrolit untuk aki basah sendiri, tekstur cairannya lebih encer dibandingkan yang berada pada aki kering. Namun, untuk lebih jelasnya, mari dibahas lebih detail dalam ulasan berikut!

Baca Juga: 5 Penyebab Kompresor Ac Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

Apa itu Aki Kering dan Basah?

Sebelum kita melihat perbandingan dalam berbagai sisi, ada baiknya mengenal terlebih dahulu kedua aki tersebut. Aki basah merupakan jenis aki yang tentunya menggunakan cairan sebagai bahan utama pengisian. Cairan tersebut adalah sulfuric acid atau disebut juga dengan cairan asam sulfat.

Nah, untuk aki kering sendiri, merupakan salah satu jenis aki yang memiliki kandungan timah pada cairan elektrolitnya lebih sedikit. Hal tersebut membuatnya tidak cepat menguap bila dibandingkan dengan aki basah. Maka dari itu, tidak heran aki mobil kering tidak memerlukan pengisian cairan secara berkala seperti penggunaan pada aki basah.

Dalam Segi Perawatan

Perbedaan aki kering dan basah pun juga dapat kamu rasakan dari segi perawatan. Aki kering yang terkenal dengan sebutan MF (maintenance free) ini sangat cocok untuk kamu yang kurang waktu dalam perawatan mobil secara berkala. Maksudnya adalah aki kering tidak memerlukan pemantauan pengisian cairan berkala layaknya aki basah yang membuat aki tersebut lebih efisien.

Dalam segi perawatan aki basah, kamu pun harus ekstra hati-hati. Bila kamu sampai lupa melakukan pengisian cairan secara rutin, aki basah akan kering yang dapat mengakibatkan kendaraan cepat rusak. Itulah mengapa banyak dari pengguna, sudah mempunyai catatan tersendiri pada kendaraan agar tetap bisa terpantau. Kamu bisa mulai mencatat awal pembelian aki dan juga tandai setiap tanggal pengecekan rutin.

Dalam Segi Harga

Untuk harganya sendiri, aki kering memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan aki basah. Sebut saja salah satu jenis aki kering Toyota Avanza dengan merek yang sama bisa kamu dapatkan di harga Rp800.000 sedangkan untuk aki basahnya harganya mencapai Rp600.000. Begitu pula dengan harga aki berdasarkan jumlah ampere. 

Untuk 85 ampere aki basah dijual dengan kisaran harga Rp700 ribu hingga Rp1 juta. Namun dengan ampere yang sama, aki kering dijual dengan harga lebih dari Rp1,5 juta. Dilihat dari harganya saja tentu terlihat sekali perbedaannya.

Lebih Awet yang Mana?

Untuk awet tidaknya antara aki basah dan kering sebenarnya balik lagi kepada para pengguna kendaraan. Baik aki basah maupun aki kering kira-kira bisa bertahan 1-3 tahun sesuai dengan sejarah pemakaian dan perawatan. Namun, bila dilihat dari umur kinerjanya, pasti aki kering lebih unggul dibandingkan dengan aki basah.

Awet tidaknya aki basah dapat diukur dari seberapa telitinya kamu melakukan pengisian ulang cairan. Walaupun aki kering tidak memerlukan pengisian secara berkala tetapi hendaknya untuk mengganti aki kering yang baru paling lama 3 tahun sekali. Itu pun kembali lagi melihat keadaan aki mobil yang kamu punya ya, Pins!

Baca Juga: 6 Nama Bagian Knalpot Mobil dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan Aki Kering dan Aki Basah

(Harapan Rakyat)

Bila ditarik garis kesimpulan, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perbedaan aki kering dan basah dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dalam berbagai sisi. Untuk lebih jelasnya lagi, mari dijabarkan apa kekurangan dan kelebihan masing-masing aki tersebut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Air Radiator Mobil yang Bagus

Aki Kering

Kelebihan

  • Minim perawatan
  • Mudah dalam pengisian daya
  • Ready to use atau siap pakai
  • Minim adanya jeadian air aki tumpah akibat dari guncangan
  • Proses pemasangan cepat dan hemat waktu

Kekurangan

  • Dalam segi harga yang tinggi
  • Proses perbaikan aki yang tergolong sulit, sekali rusak harus diganti dengan yang baru
  • Usia penggunaan yang relatif lebih singkat

Aki Basah

Kelebihan

  • Dalam segi harga, aki basah sangat terjangkau
  • Bila perawatannya baik, aki akan jauh lebih tahan lama
  • Perbaikan dan perawatan lebih mudah
  • Mudah ditemukan

Kekurangan

  • Dikarenakan pengisiannya menggunakan banyak cairan, maka air rawan tumpah
  • Cairan elektrolit pada aki basah lebih mudah menguap yang mengakibatkan cairan lebih cepat habis
  • Cairan aki yang tumpah pada mesin dapat merusak komponen mesin mobil lainnya
  • Harus menggunakan cairan air aki khusus, tidak diperkenankan mengisi cairan aki dengan cairan yang tidak dianjurkan

Bagaimana Pins, apa kini kamu sudah mengetahui apa perbedaan aki kering dan basah? Penjabaran di atas cukup jelas bukan? Bila kamu masih ragu, coba konsultasi dengan bengkel terpercaya untuk menempatkan aki terbaik untuk kendaraan pribadimu. 
Selain itu, jangan lupa juga menjaga tampilan kendaraan tetap istimewa ya! Kamu bisa menggunakan layanan cuci mobil datang ke rumah dari Pinhome Home Service Lewat aplikasi Pinhome. Harganya mulai Rp60 ribu tergantung lokasi. Mudah, cepat dan anti ribet. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Freepik/peoplecreations

Baca Juga: Pahami Tabel Ukuran Baut Lengkap dengan Cara Bacanya


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.