Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 5 Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip & Berkedip Lebih Cepat
penyebab lampu sein berkedip lebih cepat
Otomotif

5 Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip & Berkedip Lebih Cepat

  • 28 Jun, 2018 oleh Omri Christian
  • 4 menit membaca

Lampu sein menjadi komponen penting yang harus dirawat. Tidak jarang terjadi beberapa penyebab lampu sein tidak berkedip. Bila ini terjadi sebaiknya kamu harus segara memperbaiki masalah tersebut.

Ini karena meskipun lampu sein kecil, kompenen ini punya pranan penting. Lampu sein memastikan perjalanan berkendara kamu lebih nayman. Lalu, apa saja penyebab lampu sein tidak berkedip? Simak jawabannya di bawah ini!

Pengertian Lampu Sein

(Liputan6)

Sama seperti lampu indikator, lampu sein pada mobil dan motor memiliki kegunaan yang sangat penting. Lampu sein adalah lampu yang digunakan untuk memberikan kode kepada pengendara di depan dan di belakang bahwa akan berbelok ke kanan maupun ke kiri.

Tak jarang terjadi kecelakaan akibat pengendara lupa untuk menyalakan lampu sein, tak jarang juga ada yang salah dalam menyalakan lampu sein, misalnya di reting kanan tapi beloknya kiri.

Ada juga yang disebabkan oleh kerusakan lampu sein, seperti tidak nyala dan menyalanya kurang terang, sehingga pengendara yang dibelakangnya tidak memperhatikannya.  Masalah lain yang sering terjadi adalah beberapa masalah penyebab lampu sein tidak berkedip.

Fungsi Lampu Sein

(Tribun)

Lampu sein berbeda dengan lampu yang lainnya, karena lampu reting ini memiliki tempo atau ritme dalam berkedip. Tujuannya agar lebih diperhatikan oleh pengendara lain.

Namun seringkali ada trouble pada lampu sein yang menyebabkan tempo lampu reting berkedip lebih cepat atau lebih lambat bahkan tidak berkedip sama sekali. Bila lampu sein mengalami masalah tersebut, segera cari penyebab lampu sein tidak berkedip tersebut!

Baca Juga:

Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip atau Berkedip Lebih Cepat

(Momobil.id)

Lampu reting yang berkedip lebih cepat biasanya disebabkan oleh watt lampu yang berbeda, umumnya sih lebih besar dari standarnya. Sehingga membuat arus yang mengalir untuk menyalakan lampu tersebut lebih besar, arus yang melewatu flashe (komponen yang berfungsi untuk mengedipkan lampu) juga akan lebih besar. Otomatis akan lebih cepat berkedip.  

Bisa juga voltnya berbeda, seperti ketika mencoba-coba memasang lampu reting dengan lampu yang digunakan untuk 24 volt, padahal aki tersebut memliki teganagan 12 volt. Hasilnya lampu reting berkedip lebih cepat.  

Jadi bila lampu sein kamu mengalami kedipan yang tidak normal setelah dilakukan penggantian, mungkin saja spesifikasi lampunya berbeda.  

Ada juga jenis flasher yang bisa disetel, seberapa cepat lampu sein akan berkedip. Nah bila tiba-tiba kedipan lampu reting motormu lebih cepat dari biasanya mungkin juga disebabkan karena setelannya berubah atau karena flashernya yang mulai eror.  

Apabila terdapat masalah pada lampu sein, seperti tidak berkedip, kamu harus mengecek beberapa komponen mobil. Penyebab lampu sein tidak berkedip pun beragam. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah:

Lampu Bohlam Putus

Lampu sein yang tidak berkedip sangat mungkin terjadi karena lampu bohlam sudah putus. Bohlam putus bisa disebabkan karena tidak bisa menahan arus listrik yang terlalu besar.

Bukan hanya itu, putusnya bohlam juga dapat diakibatkan arus listrik yang terlalu kecil. Oleh karena itu, penting untuk kamu memakai lampu bohlam yang sesuai.

Flasher Rusak

Flasher adalah komponen yang menyalurkan arus listrik ke lampu sein. Apabila flasher tidak berfungsi dengan baik lampu sein pun bisa tidak berkedip. Tidak jarang pula flasher rusak membuat lampu sein tidak menyala sama sekali.

Soket Kotor atau Rusak

Soket tempat menyimpan lampu bisa menjadi kotor karena menumpuknya debu di dalam. Ini dapat menyebabkan masalah dan membuat lampu sein tidak berkedip.

Tidak hanya karena kotor, soket juga bisa rusak bila sudah dipakai terlalu lama. Faktor lainnya yang membuat lampu sein tidak berkedib adalah pemasangan soket yang longgar.

Aki sudah Usang

Aki adalah komponen yang mengaliri listrik ke lampu sein dan komponen lainnya. Bila aki tidak lagi punya tegangan yang seharusnya atau karena sudah lama digunakan, maka lampu sein bisa saja tidak berkedip.

Ada Masalah Pada Sistem Kelistrikan

Komponen kelistrikan di dalam mobil adalah bagian yang memiliki peranan penting. Komponen ini bekerja dengan saling tersambung satu sama lainnya. Oleh karena itu sistem kelistrikan yang bermasalah bisa membuat bagian lain bekerja kurang optimal, termasuk lampu sein

Kesimpulannya, ada dua yang bisa kamu lakukan jika lampu sein berkedip lebih cepat yaitu cek semua lampu, spesifikasinya termasuk mati atau tidak. Selain itu, periksa komponen lain yang tersabung dengan lampu. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Viva.co.id


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.