Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin beserta Cara Mengatasinya
penyebab ac mobil tidak dingin
Otomotif

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin beserta Cara Mengatasinya

  • 4 Jan, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 6 menit membaca

Setiap mobil dilengkapi dengan AC untuk mendinginkan suhu di kabin. Tak jarang AC mobil tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Alhasil, AC mobil pun tidak dingin atau hanya keluar angin dengan berbagai penyebab yang patut Pins ketahui.

AC mobil yang tidak dingin biasanya terkait dengan spare part yang berhubungan dengan kompresor. Untuk lebih lengkapnya, simak alasan mengapa AC mobil kamu tidak berfungsi dengan baik di bawah ini, yuk!

Baca Juga:

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Ini beberapa penyebab AC Mobil tidak dingin dan menjadi tidak nyaman!

Freon Habis

(Pinterest)

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin yang paling umum adalah freon yang sudah habis. Freon atau refrigerant merupakan zat kimia yang mengubah udara panas yang diserap evaporator menjadi udara dingin.

Freon pada AC mobil sebenarnya dapat bertahan bertahun-tahun. Untuk mengetahui apakah freon habis atau tidak butuh pengecekan keseluruhan komponen AC mobil.

Sebaiknya ketika servis mobil dilakukan minta teknisi untuk sekalian mengecek freon mobil. Freon tidak memiliki warna dan bau sehingga sulit untuk dicek secara mandiri.

Baca Juga:

Kompresor & Ekstra Fan Rusak

penyebab ac mobil tidak dingin
(Pinterest)

Selain freon habis, AC mobil yang hanya keluar angin bisa disebabkan oleh kompresor yang rusak. Kompresor berfungsi memompa freon untuk disalurkan ke sistem AC.

Kompresor memiliki dua bagian yakni saluran hisap dan buang. Saluran buang memiliki tekanan tinggi menuju kondensor, sementara saluran hisap memiliki tekanan rendah yang disambungkan dengan evaporator.

Kompresor yang aus juga menyebabkan AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Jika terlihat sight glass berwarna hitam, tandanya kompresor telah aus. Selain aus, warna ini dapat menandakan penumpukan kotoran.

Jika hanya terkena noda, ini dapat dibersihkan dengan segera. Bila kompresor ternyata sudah aus, kamu harus segera menggantinnya. Motor pada ekstra fan yang mati juga menjadi  penyebab AC mobil tidak dingin.

Apabila unit ini rusak, ini berpengaruh pada kondensor yang berfungsi menurunkan suhu. Hal tersebut juga menyebabkan mobil menjadi overheat.

Baca Juga:

Filter AC Tersumbat

(Pinterest)

Ada kalanya AC mobil yang tidak dingin disebabkan oleh penumpukan kotoran filter AC. Ini bisa menyumbat spare part dan menghambat udara dingin yang keluar dari sistem pendingin. Selain membuat AC tidak dingin, kotoran bisa menghasilkan aroma tidak sedap.

Bau apek dapat keluar bersamaan dengan angin yang dikeluarkan dari AC. Bongkar filter dan bersihkan total sehingga kualitas udara kembali bersih.

Thermostat Bermasalah

Penyebab AC mobil tidak dingin dapat terjadi karena adanya masalah thermostat. Thermostat adalah komponen yang ada pada evaporator untuk membaca temperatur.

Data yang dihasilkannya akan dilanjutkan ke amplifier. Dari amplifier akan diatur waktu cut off pada kompresor. Bila thermostat terganggu, tentu sistem pendinginan AC ikut rusak.

Konsleting Listrik

Untuk menjawab kenapa AC mobil tidak dingin coba lakukan tes listrik. Listrik yang kurang stabil dapat mengganggu sistem pendingin mobil. Penyebab korsleting mobil ada banyak faktor.

Sebagai contoh, kabel yang terputus bisa mengganggu arus listrik di dalam mobil atau penggunaan kabel yang tidak sesuai. Bila dibiarkan, tidak hanya sistem pendingin saja yang terganggu. Hal ini bisa memicu risiko mobil terbakar.

Baca Juga:

Magnetic Clutch Terganggu

penyebab ac mobil tidak dingin
(Pinterest)

Magnetic clutch adalah komponen mobil berbentuk katrol. Katrol ini akan berputar mengikuti putaran mesin yang tersambung dengan fan belt. Sementara itu, clutch berfungsi menghubungkan putaran mesin dengan kompresor.

Kerusakan pada magnetic clutch bisa menimbulkan bunyi kasar pada AC mobil. Ini terjadi akibat adanya gesekan antara plat centerpiece dengan magnet pullet. Selain itu, kompresor tidak akan bekerja bila magnetic clutch bermasalah.

Bila kompresor tidak bekerja, freon tak dapat disalurkan ke sistem pendingin AC. Hal inilah yang menyebabkan kenapa AC mobil tidak dingin. Kerusakan pada satu unit mampu berdampak unit lainnya.

Kondensor & Evaporator Kotor

AC mobil tidak dingin hanya keluar angin dapat dipengaruhi penumpukan kotoran pada evaporator dan kondensor. Cara kerja kondensor adalah membuang panas yang dilepaskan oleh kompresor.

Proses pembuangan gas panas yang tidak sempurna hanya akan membuat AC mengeluarkan angin. Kotoran yang menempel pada kondensor jika tidak dibersihkan akan menyebabkan kerak lalu menimbulkan karat.

Di samping itu, evaporator berfungsi menyalurkan udara dari blower. Kotoran dapat masuk ke evaporator karena terhisap oleh blower. Untuk mengatasinya, kamu tinggal rutin saja membersihkan evaporator setiap 3-4 bulan sekali.

Baca Juga:

Mesin Mobil Overheat

(Unsplash)

Penyebab AC mobil tidak dingin dapat dikarenakan mesin mobil yang overheat. Kondisi ini juga berbahaya bagi penumpang. Mesin yang overheat dapat menandakan kebocoran sistem mobil termasuk AC.

Bila mesin mobil overheat, sebaiknya kamu berhenti berkendara. Lalu, buka kap mesin dan periksa tabung air cadangan radiator. Untuk lebih amannya, bawa mobil ke bengkel guna mengecek kerusakan mesin lebih lanjut.

Masalah Pada Sensor AC

Sensor AC yang terganggu dapat mematikan magnetic clutch. Dari gangguan satu unit ini mampu mempengaruhi unit lainnya. Kerusakan pada sensor berpengaruh pada on/off magnetic clutch.

Drive Belt Terputus

penyebab ac mobil tidak dingin
(Unsplash)

Gunakan drive belt berkualitas dan tahan panas agar tidak mudah putus ketika berkendara. Drive belt atau fan belt menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin. 

Kompresor tidak akan berputar jika drive belt putus sehingga tak dapat menyalurkan udara dingin. Alhasil, suhu tidak akan dingin ketika AC mobil dinyalakan karena freon tidak dipompa dan tersalurkan.

Nah, itu tadi beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Mengingat ada begitu banyak hal yang bisa tidak terdeteksi oleh kamu, ada baiknya rutin servis mobil untuk mencegah masalah ini terjadi, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Carmudi.co.id

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.