Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Pengertian Camber, Caster dan Toe (toe-in dan toe-out)
pengertian camber caster dan toe
Otomotif

Pengertian Camber, Caster dan Toe (toe-in dan toe-out)

  • 21 Dec, 2015 oleh Budi Santoso
  • 3 menit membaca

Wheel aligment juga disebut dengan geometri roda. Pada umumnya wheel aligment ini terdapat beberapa faktor-faktor, yaitu camber, steering axis inclination, caster, toe angle, dan turning radius. Lalu, apa itu pengertian chamber, caster dan toe?

Pertanyaan pentingnya, apa pengertian dari masing-masing faktor tersebut? Berikut ini kami jelaskan tentang pengertian atau definisi dari camber, caster, toe angle, dan turning radius.

Baca Juga:

Pengertian Camber

Pengertian camber
(Ebay)

Roda roda depan kendaraan bila kita lihat dari depan, maka akan miring ke arah luar atau ke arah dalam. Inilah yang disebut dengan camber. Definisi dari camber adalah kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan.

Apabila miringnya ke arah luar disebut juga dengan camber positi, dan sebaliknya apabila miringnya ke arah dalam maka disebut juga dengan camber negatif.

Baca Juga:

Pengertian Caster

Caster - wheel aligment
(Researchgate)

Setelah mengetahui tentang pengertian camber. Kini saatnya kita membahas tentang caster. Definisi dari caster adalah kemiringan sumbu putar kemudi (king pin) terhadap garis tengah roda vertikal jika dilihat dari samping kendaraan.

Apabila miringnya steering axis inclinationnya ke arah belakang maka disebut dengan caster positif, sebaliknya apabila kemiringan ke arah depan disebut dengan caster negatif.

Pada caster ada yang disebut dengan trail, trail ini adalah jarak dari titk potong garis tengah steering axis inclination, ke titik pusan singgung ban.   Caster positif yang besar membuat trail panjang dan daya balik kemudi makin besar. Namun caster positif memiliki kekurangan kemudi menjadi lebih berat. (Gambar diatas yang paling bawah).

Sedangkan caster negatif membuat kemudi ringan, tetapi kestabilan kendaraan menjadi berkurang, kemudipun juga lebih sulit untuk dikontrol. (Gambar di atas yang di tengah).

Pengertian TOE

Pengertian toe
(Fsu.edu)

Definisi dari TOE adalah selisih jarak antara roda bagian depan dengan roda bagian belakang jika dilihat dari atas kendaraan. Apabila jarak roda bagian depan lebih kecil daripada jarak roda mobil bagian belakan (roda mengarah kedalam bila dilihat dari atas) disebut toe in.

Sebaliknya disebut dengan toe out.  Berikut ini adalah gambar toe in, untuk toe out adalah kebalikannya. Itulah beberapa pengertian camber, caster dan toe selengkapnya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Gridoto

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.