Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 3 Merk Pembersih AC Mobil Terbaik
ac dalam mobil
Otomotif

3 Merk Pembersih AC Mobil Terbaik

  • 27 May, 2022 oleh Sekar Kinasih
  • 5 menit membaca

Menjaga kebersihan AC mobil adalah hal yang penting untuk dilakukan supaya performa AC bisa bertahan lama. Itu sebabnya, kamu memerlukan pembersih AC terbaik supaya pendingin udara ini bisa bekerja maksimal dan memberikan kenyamanan untuk para penumpang di dalamnya.

Apalagi, Indonesia sendiri merupakan kawasan tropis, sehingga kamu perlu memastikan apakah AC dalam kendaraanmu bisa memberikan suhu dingin ketika berkendara di siang hari. 

Baca juga:

Rekomendasi Merk Pembersih AC Mobil Terbaik

Nah, di bawah ini, ada beberapa rekomendasi merk pembersih AC mobil terbaik yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Yuk, simak apa saja rekomendasinya!

1. Zerone AC Refresher 

tokopedia.com

Pembersih AC mobil terbaik pertama yang bisa kamu gunakan adalah merk Zerone AC Refresher. Pembersih AC ini bisa membuat udara di dalam kendaraanmu semakin segar, sekaligus membersihkan dalam AC dari segala debu, jamur maupun bakteri.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, Pins. Kamu cuma perlu menyemprotkan pembersih ke blower AC yang sudah dinyalakan sebanyak 3 hingga 4 kali secara bertahap. Setelah itu, pembersih AC akan membersihkan otomatis bagian kisi-kisi evaporator maupun ventilasi AC secara menyeluruh.

Baca Juga:

2. AC Cleaner GST52

shopee.co.id

Rekomendasi pembersih AC mobil terbaik berikutnya adalah AC Cleaner GST52. Yup, pembersih ini juga sangat handal dalam membersihkan AC kendaraan dengan efektif. Di dalam pembersih ini terdapat kandungan aerosol yang dapat tersebar dengan mudah, sehingga segala bakteri dan debu dalam AC akan hilang seketika.

Di samping bisa membersihkan AC dengan tuntas, pembersih AC mobil terbaik ini juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap, sehingga akan membuat suasana di dalam mobil menjadi lebih terasa segar.

Baca juga: Kenali Pengertian dan Fungsi Kapasitor AC

Zone Spray 400ml

lazada.co.id

Gak cuma mampu membersihkan, merk pembersih AC mobil terbaik satu ini juga bersifat antibakteri yang dapat menghilangkan kuman dan jamur pada setiap sisi evaporator AC.

Selain itu, produk ini juga bisa mengatasi segala kotoran yang disebabkan oleh udara kotor yang tersebar di dalam ruangan mobil. Unggulnya lagi, pembersih ini juga dapat menghilangkan bau apek di dalam mobil.

Cara pemakaiannya pun mudah, sama seperti pembersih lainnya, yakni dengan mengocokkan botolnya, kemudian disemprotkan ke ventilasi AC mobil.

Baca juga: Komponen AC Rumah dan Fungsinya

Penyebab AC Mobil Cepat Kotor

autobymars.com

Meskipun kamu sudah menggunakan pembersih ac mobil terbaik, bila tidak mencegah faktor-faktor yang menjadi penyebabnya, maka akan sia-sia belaka. 

Walaupun saat ini sudah banyak cairan pembersih AC mobil di pasaran, tapi ada baiknya kalo kamu juga tau apa saja yang menjadi faktor penyebab AC dalam mobilmu jadi kotor, bau, atau tidak dingin.

Dengan mengetahui penyebabnya, kamu jadi bisa menghindari hal-hal yang membuat AC dalam mobilmu cepat kotor. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab yang membuat AC mobil kamu mudah kotor.

AC Mobil Menyala Ketika Jendela Mobil Dibuka

Dengan kebiasaan membuka jendela ketika AC mobil masih dalam kondisi menyala, itu tidaklah baik lho, Pins. Sebab, hal ini malah bisa membuat AC mobil kamu cepat kotor dan membuat kompresor AC bekerja lebih keras.

Maka itu, jangan biasakan untuk membuka jendela mobil ketika AC mobil masih menyala. Apalagi di saat kamu sedang berkendara di tengah jalan yang banyak sekali debu-debu beterbangan.

Baca juga: 11 Merk Air Cooler Terbaik yang Bikin Ruangan Menjadi Sejuk

Memakai Pengharum (Parfum) Mobil Berbentuk Gel

Nah, faktor kedua yang tak disadari membuat AC mobil kotor adalah penggunaan parfum mobil yang terbuat dari gel. Yup, pengharum mobil berbentuk gel ini memiliki bahan kandungnya yang membuat gel akan masuk ke filter AC mobil.

Alhasil, evaporaotr AC dan filter AC mobil kamu jadi gampang tersumbat karen banyaknya gel yang menyangkut.

Akan tetapi, pengharum mobil yang terbuat dari bahan gel memang banyak digunakan lantaran tidak mudah tumpah ketika mobil terguncang. Di samping itu, aroma yang dihasilkan juga lebih kuat dan membuat seisi mobil jadi harum.

Apabila kamu tetap masih ingin menggunakan jenis pengharum ini, solusinya kamu harus sering mengecek kondisi AC mobilmu dan membersihkannya dengan cairan pembersih AC. 

Merokok di Dalam Mobil

Faktor penyebab berikutnya adalah kebiasaan penumpang yang merokok di dalam mobil. Kebiasaan buruk ini tentu akan lebih cepat membuat AC mobil mudah kotor atau bahkan rusak.

Asap rokok mengandung banyak debu kotor yang akan diserap oleh AC mobil. Dan hal ini bakal membuat kerja filter AC semakin berat dan menumpukkan banyak sisa kotoran di dalamnya.

Sebagus apa pun kualitas alat pembersih AC mobil kamu, kalo kebiasaan ini masih terus dilakukan, maka semuanya akan sia-sia. Sebab, partikel pada debu rokok tentu akan mudah masuk ke mesin AC kamu sehingga membuatnya cepat kotor.

Baca juga: Bahaya Mode Dry Pada AC! Jangan Terlalu Sering Menggunakannya Ya!

Mematikan Mesin Mobil Ketika AC Masih Menyala

Sesekali, mungkin kamu pernah sengaja mematikan mesin mobil namun AC dalam mobil kamu masih tetap dinyalakan. Padahal, kebiasaan yang tak disadari ini bisa membuat AC mobil kamu jadi gampang rusak, lho.

Sebab, saat mematikan mesin ketika AC mobil masih dalam kondisi menyala, hal ini bisa mmebuat kinerja arus listrik jadi gak stabil. Hingga akhirnya, kinerja listrik yang tidak stabil ini bakal berpengaruh ke komponen lain, salah satunya adalah membuat AC mobil jadi gampang rusak.

Nah, itu dia Pins beberapa rekomendasi merk pembersih AC mobil terbaik yang bisa kamu beli. Oh iya, jangan lupa juga untuk hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang memicu AC mobil kamu cepat rusak, ya.

Source feature image: unsplash.com


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.