Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Wow Murah! Segini Aja Lho Pajak Mobil Listrik di Indonesia
pajak mobil listrik
Otomotif

Wow Murah! Segini Aja Lho Pajak Mobil Listrik di Indonesia

  • 18 May, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Mobil listrik telah menjadi buah bibir beberapa waktu belakangan ini. Untuk meningkatkan permintaan akan kendaraan listrik ini ditawarkan pajak mobil listrik lebih murah.

Mobil dengan bahan bakar listrik tersebut dinilai lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia bahkan mendukung penggunaannya bahkan meluncurkan mobil listrik lokal.

Mobil listrik pertama kali diproduksi pada 1880 an. Pemakaiannya kembali populer didukung oleh beberapa tokoh ternama mulai menggunakannya sebagai kendaraan pribadi.

Di beberapa negara maju penggunaan mobil listrik sudah umum dilakukan. Selain lebih hemat juga tersedia berbagai insentif yang diberikan pemerintah atas pembelian kendaraan ini.

Biaya Pajak Mobil Listrik

(Shutterstock)

Besaran pajak mobil listrik setiap tahunnya hanya sekitar 10 % dari nilai normal karena adanya insentif. Berkat insentif tersebut setiap tahunnya kendaraan listrik bisa membayar pajak kurang dari Rp. 1.000.000.

Contohnya saja untuk pajak tahunan mobil listrik Hyundai Ionik yang terdaftar di DKI Jakarta. Jumlah pajak tahunannya hanya sekitar Rp. 830.000. Sementara pada pajak mobil biasa dapat tembus hingga jutaan rupiah.

Biaya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) tidak mengalami pengurangan. Jumlah  SWDKLLJ yang dibayarkan sama dengan mobil biasa yaitu Rp.  143.000.

Jadi untuk mobil Hyundai Ioniq EV lansiran 2020 hanya perlu membayar total pajak sebesar Rp. 973.300. Contoh lainnya adalah Hyundai Kona Electric 2020 berkisar Rp. 974.400.

Jumlah tersebut belum termasuk  SWDKLLJ. Bila ditambahkan pemilik perlu membayar pajak setahun sebesar Rp. 1.117.400. Dengan total pajak tersebut bisa dikatakan mobil listrik lebih hemat dari mobil konvensional.

Baca Juga:

Dasar Hukum Pajak Mobil Listrik

(Shutterstock)

Dasar pengenaan pajak terkait kendaraan listrik diatur pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2021 terkait Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. 

Pada pasal 10 dan 11 dikatakan pajak kendaraan listrik hanya sekitar 10 % dari total keseluruhan. Tarif ini berlaku untuk kendaraan yang mengangkut orang ataupun barang serta angkutan umum barang atau orang dengan bahan bakar listrik.

Bunyi dari peraturan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Pasal 10 (1) 

Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan paling tinggi sebesar 10% (sepuluh persen) dari dasar pengenaan PKB. 

(2) Pengenaan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan paling tinggi sebesar 10% (sepuluh persen) dari dasar pengenaan BBNKB.

(3) Pengenaan PKB dan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) merupakan insentif yang diberikan oleh gubernur.

Pasal 11

(1) Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk angkutan umum orang ditetapkan paling tinggi sebesar 10% (sepuluh persen) dari dasar pengenaan PKB.

(2) Pengenaan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk angkutan umum orang ditetapkan paling tinggi sebesar 10% (sepuluh persen) dari dasar pengenaan BBNKB.

(3) Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk angkutan umum barang ditetapkan paling tinggi sebesar 10% (sepuluh persen) dari dasar pengenaan PKB.

(4) Pengenaan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk angkutan umum barang ditetapkan paling tinggi sebesar 10% (sepuluh persen) dari dasar pengenaan BBNKB.

(5) Pengenaan PKB dan BBNKB untuk KBL Berbasis Baterai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (4) merupakan insentif yang diberikan oleh gubernur.

Baca Juga:

Kelebihan Mobil Listrik

Selain dari segi perpajakan, mobil listrik mendapatkan keringanan dalam beberapa aturan yang berlaku saat ini. Keuntungan memakai mobil listrik diantaranya adalah sebagai berikut :

(Shutterstock)

Bebas Bea Masuk

Mobil listrik impor dikenai bea masuk khusus sebesar nol persen. Tarif ini berlaku untuk kendaraan bermotor listrik roda empat atau lebih. Berlaku untuk kendaraan dalam kondisi tidak utuh dan tidak lengkap (Incompletely Knocked Down/IKD).

Hal ini tertuang dalam PMK No 13/MK.010/2022 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6/PMK.010/2017. Tarif ini berlaku pada 22 Februari 2022 lalu.

Bebas Pajak Balik Nama

Kelebihan lainnya adalah bebas pajak balik nama kendaraan. Hanya saja insentif ini berlaku di beberapa wilayah saja. Aturan ini tercantum pada pasal 12 terkait bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dalam UU HKPD.

Baca Juga:

Ramah Lingkungan

(Bisnis.tempo.co)

Tidak bisa dipungkiri bila mobil listrik sangat ramah lingkungan. Tidak ada residu emisi yang dihasilkan baik CO2 atau CO. Sementara mobil berbahan bakar bensin atau diesel masih memiliki sisa pembakaran.

Selain itu sekali mengisi daya sudah mampu menempuh ratusan kilometer. Sebagai contoh Hyundai Kona Electric mampu menempuh 239 mill atau setara 384 km sekali pengisian daya.

Baca Juga:

Bebas Aturan Ganjil Genap

Mobil listrik juga bisa digunakan setiap saat ketika berkendara di Jakarta. Mobil ini tidak terikat dengan aturan ganjil genap saat melintas ruas jalan Jakarta.

Hemat Perawatannya

Perawatannya lebih hemat dibandingkan mobil konvensional. Perbandingan suku cadang mobil ini dengan konvensional mencapai 70 %. 

Bila mobil konvensional memiliki 10.000 lebih suku cadang maka mobil listrik hanya punya kurang dari 10 suku cadang.

Selain dari segi pajak mobil listrik yang lebih ringan juga membantu menjaga lingkungan. Mobil listrik hemat dari segi perawatan dan bahan bakarnya.

Mobil listrik yang ramah lingkungan tetap harus membutuhkan perawatan berkala. Pins bisa menggunakan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Forbes.com

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome sekarang!

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.