Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 7 Oli Yang Bagus Untuk Mendinginkan Mesin
Otomotif

7 Oli Yang Bagus Untuk Mendinginkan Mesin

  • 23 Jun, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Untuk kendaraan tersayang, tentu kamu perlu mengetahui oli yang bagus untuk mendinginkan mesin. Kenapa? Sebab, mesin yang cepat panas akan membuat komponennya cepat rusak.

Nah, fungsi oli yang mendinginkan mesin dapat menjaga agar performa mesin tetap prima dan komponennya tahan lama. Selain pemilihan merek oli yang bagus, mengganti oli secara berkala juga sama pentingnya.

Kalau sudah waktunya ganti oli, yuk simak beberapa rekomendasi oli bagus yang bisa kamu pilih.

Jenis Oli Yang Bagus Untuk Mendinginkan Mesin 

Pada dasarnya terdapat dua jenis oli mesin, yaitu oli mineral dan sintetis. Kemudian, oli sintesis dibedakan lagi menjadi full sintesis dan semi sintesis. Apa bedanya? Yuk, simak pengertiannya supaya kamu tidak salah pilih!

Baca Juga:

Oli Mineral

(Shutterstock)

Oli ini menggunakan bahan dasar minyak bumi. Oli jenis ini mungkin sering kamu dengar dan biasa disebut dengan oli standar. Untuk kamu yang memiliki mobil tua atau lawas sangat cocok dengan oli ini karena viskositasnya tinggi.

Selain mobil tua, oli mineral juga bagus untuk mobil-mobil yang tidak terlalu aktif untuk operasional atau jarang digunakan. Misalnya saja mobil yang hanya digunakan untuk liburan weekend bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Tidak hanya membahas mengenai hal positifnya saja, karena oli ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti mudah menguap dan kualitasnya mudah menurun. Karena hal ini para pengguna oli mineral harus sering mengganti olinya.

Baca Juga:

Oli Sintetis

(Shutterstock)

Oli sintetis juga menggunakan bahan dasar minyak bumi tetapi sudah melalui proses yang panjang. Untuk menghasilkan oli yang baik, terdapat proses penambahan zat aditif yang berguna untuk menunjang performa oli.

Dengan adanya tambahan beberapa zat dan bahan, oli sintetis membuat tarikan mobil lebih halus dan nyaman. Jika oli mineral cocok untuk mobil tua dan kendaraan yang jarang digunakan, oli jenis ini cocok untuk mobil modern dengan performa tinggi.

Oli sintetis tentu juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah pada harganya. Harga oli sintetis lebih mahal memang daripada oli mineral, tetapi beberapa penggunanya mengatakan tidak masalah karena waktu ganti olinya tidak secepat oli mineral.

Nah, oli sintetis sendiri terdiri dari dua varian, yaitu full sintetis dan semi sintetis. Untuk performanya, oli full sintetis lebih baik dibandingkan semi sintetis. Hanya saja, oli semi sintetis memiliki harga yang lebih murah. 

Baca Juga: Cara Memeriksa Kabel Busi / Kabel Tegangan Tinggi

Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk Mendinginkan Mesin

Untuk kendaraan kesayangan jangan pernah coba-coba, apalagi untuk masalah oli yang sangat vital bagi mesin dan performa kendaraan. Berikut ini beberapa rekomendasi merek oli yang bagus:

Mobil 1 FS X2 5W-50

(Amazon)

Merk Oli Mobil ini cocok digunakan pada mobil-mobil off road, mobil balap, dan mobil dengan kerja mesin berat. Cocok nih buat kamu yang suka automotive extreme sport.

Tidak perlu khawatir akan kualitasnya karena oli merek ini sudah melampaui standar API SN, SM, SL, dan SJ.

Fastron Gold

(Blibli)

Sudah menggunakan teknologi nano guard, membuat oli ini bekerja sangat ekstra. Bahkan  oli yang bagus untuk mendinginkan mesin diklaim dapat melapisi seluruh bagian mesin sampai pada celah yang sulit dijangkau.

Harganya tergolong standar tapi bisa digunakan untuk mobil biasa sampai mobil premium.

Castrol GTX Diesel 15W-40

(Blibli)

Biasanya mobil mesin diesel mengalami masalah asap knalpot yang hitam. Penyebabnya biasanya karena asap knalpot yang bercampur dengan kotoran sisa pembakaran.

Dengan menggunakan oli Castrol GTX Diesel, hal ini dapat dicegah. Selain bagus untuk mendinginkan mesin, Castrol GTX Diesel juga dapat membersihkan mesin secara maksimal.

Shell Helix HX7

(Shell)

Salah satu varian terbaik dari Shell Helix ini juga bagus untuk mendinginkan mesin. Dengan gabungan teknologi seperti Flexi molecule, merek oli ini bisa membersihkan sisi dan celah di mesin setiap saat.

Harganya cuma Rp300 ribuan saja untuk 4 liter dengan kualitas yang luar biasa.

Total Quartz 9000 5W-40

(Blibli)

Total Quartz 9000 juga termasuk ke dalam salah satu oli yang bagus untuk mendinginkan mesin. Tidak kalah dengan oli merek lain, Total Quartz menggunakan Age Resistance Technology yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin kendaraan.

Dengan adanya teknologi di atas membuat performa dan ketahanan mesin lebih optimal serta tahan terhadap oksidasi tinggi. Oli ini juga memiliki sertifikat API SN, sehingga usia pakainya lebih panjang dibandingkan dengan oli dengan grade yang lain.

TOP 1 HP Sport

(Blibli)

Oli yang bagus untuk mendinginkan mesinselanjutnya adalah dari TOP 1 HP Sport. Oli ini dibuat dengan bahan sintetis sehingga membuatnya lebih stabil pada suhu tinggi.

TOP 1 HP Sport yang  sudah melampaui standardisasi ILSAC GF-5 dan biasa digunakan pada mobil keluaran terbaru.

STP Synthetic Oil

(STP Oil)

Untuk mobil-mobil Indonesia, oli STP Synthetic Oil ini bisa menjadi pilihan oli yang bagus untuk mendinginkan mesin. Pasalnya, oli ini memiliki kandungan tropical formula yang dirancang untuk kendaraan di daerah tropis.

Selain mendinginkan mesin, Oli STP diklaim dapat membuat mesin mobil lebih tahan lama dan tarikan gasnya lebih ringan.

Nah, itu dia sederet rekomendasi merek oli yang bagus untuk mendinginkan mesin. Kamu pasti tahu kan seberapa pentingnya oli untuk kendaraan? Jadi, jangan lupa menggantinya secara rutin, ya!

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oli Mobil Terbaik

Selain ganti oli, cuci mobil juga harus rutin, lho, apalagi kalau mobilmu sering dipakai berkendara. Waktu yang paling ideal untuk cuci mobil biasanya di akhir pekan, ketika kamu tidak disibukkan dengan pekerjaan.

Namun, kalau weekend juga tidak sempat, Pins bisa menggunakan layanan cuci mobil dari Pinhome Home Service. Caranya pun mudah karena layanan ini bisa dipesan melalui aplikasi Pinhome.

Tarifnya mulai dari Rp60 ribuan tergantung di mana kamu tinggal. Klik di sini untuk coba.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.