Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 12 Rekomendasi Oli Mobil Terbaik
Otomotif

12 Rekomendasi Oli Mobil Terbaik

  • 30 Jan, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Penggunaan oli mobil terbaik dapat meningkatkan performa mesin. Jika dibedakan berdasarkan bahan dasarnya maka oli terbagi atas tiga jenis.

Diantaranya adalah oli full sintetik, oli mineral dan oli semi sintetik. Oli mineral umumnya digunakan untuk mobilitas rendah. Oli semi sintetik biasa digunakan untuk kendaraan yang dapat berlari kencang.

Sementara oli full sintetik untuk kendaraan dengan performa tinggi. Dalam memilih oli terbaik sebaiknya sesuaikan dengan medan berkendara. Adapun rekomendasi oli mobil yang bisa Pins pilih adalah sebagai berikut:

TOP 1 HP Sport

(Shopee)

Keunggulan TOP 1 HP Sport ialah memakai bahan dasar 100 persen. Oli ini telah sesuai dengan standar International Lubricant Standardization and Approval Committee (ILSAC) GF-5.

Harga oli ini mulai  dari Rp. 95.000-Rp. 100.000 per liternya. Oli TOP 1 HP Sport dapat digunakan untuk mobil LCGC dan cocok untuk kondisi jalan tidak terduga.

Total Quartz 9000 5W30

(Blibli)

Oli mobil terbaik dari Total Quartz ini dibanderol mulai dari Rp. 100.000 per kg. Keunggulannya adalah mampu bekerja maksimal meskipun mesin panas dan beban berat.

Total Quartz 9000 5W30 cocok untuk mobil yang sering melakukan perjalanan jarak jauh. Kelebihan lainnya adalah mencegah penyumbatan pada mesin sehingga performanya selalu maksimal.

Castrol Magnatec SAE 10W-40

(Blibli)

Oli Castrol menggunakan kandungan molekul pintar sehingga mampu membersihkan mesin secara menyeluruh. Castrol Magnatec SAE 10W-40 memiliki bahan sintetik murni yang melekat pekat pada permukaan mesin.

Tujuannya untuk membentuk lapisan ekstra yang ampuh melindungi mesin ketika digunakan. Harga dari Castrol Magnatec SAE 10W-40 dengan ukuran 4 liter ini adalah Rp.350.000.

Baca Juga : Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes? Simak Yuk!

Fastron GOLD SAE

(Pertaminalubricants)

Fastron adalah merek lokal keluaran Pertamina. Oli ini dilengkapi dengan teknologi nano guard yang mampu melapisi dan melindungi mesin. 

Fastron GOLD SAE dapat digunakan untuk berbagai jenis mobil mulai dari standar sampai premium. Harga dari oli Fastron dengan ukuran 4 liter ini adalah Rp. 430.000.

Motul H-Tech 100 Plus

oli mobil terbaik
(Shopee)

Keunggulan menggunakan oli Motul H-Tech 100 Plus adalah mampu membuat tarikan mesin lembut dan ringan. Dilengkapi dengan teknologi ester yang biasa dipakai pada pesawat terbang.

Jangka waktu penggunaan oli ini hanya untuk jarak 2.000-5.000 km saja. Harga Motul H-Tech 100 Plus sekitar Rp. 200.000.

Chevron 400 Synthetic

oli mobil terbaik
(Bukalapak)

Pelumas Chevron 400 Synthetic dibanderol mulai dari harga Rp. 600.000. Kemampuan oli Chevron adalah mampu membersihkan mesin hingga bagian sudut atau sulit dijangkau.

Penggunaan oli Chevron mampu membuat akselerasi menjadi lebih ringan.  Mesin terlindungi hingga menyeluruh sehingga mampu bertahan lama. 

Eneos CVT Fluid Asia 1L

oli mobil terbaik
(Shopee)

Selanjutnya ada Eneos CVT Fluid Asia 1L yang diklaim sebagai oli terbaik di Asia Tenggara. Oli Eneos sering digunakan untuk mobil yang memiliki sistem transmisi CVT Metal Belt.

Harga Eneos CVT Fluid Asia 1L cukup terjangkau yakni mulai dari Rp. 150.000 saja. Keunggulannya adalah pergantian gigi bebas masalah dan lebih halus.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

TMO Oil

oli mobil terbaik
(Blibli)

TMO merupakan singkatan dari Toyota Motor Oil. oli khusus untuk mobil dengan merk Toyota berbagai tipenya. Oli TMO memberikan perlindungan pada mesin agar tidak cepat panas, kotor dan aus.

Dilengkapi dengan Actfilm Technology dengan desain double protector formula. Fungsi teknologi ini adalah membentuk lapisan membran yang berguna melindungi celah terkecil mesin. Harga untuk oli TMO ialah Rp. 280.000 untuk kemasan 4 liter.

Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40

oli mobil terbaik
(carpartsstore)

Oli mobil terbaik selanjutnya adalah Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40. Harganya mulai dari Rp. 247.000 per 1 liter yang dapat digunakan untuk mobil mesin diesel dan bensin.

Liqui Moly TOP TEC 4100 SAE 5W-40 mampu menjaga mesin tetap stabil di segala suhu kondisi. Mesinpun terlindungi dari kinerja yang berat dan 100% pembuatannya dari Jerman. 

Keunggulan lainnya adalah memiliki teknologi sintetis oli motor viskositas rendah. Stabilitas geser tinggi sehingga mesin dapat berjalan dengan mulus.

STP Synthetic Oil

oli mobil terbaik
(Shopee)

Oli STP Synthetic Oil dibanderol mulai dari Rp. 300.000. Oli memiliki kandungan tropical formula sehingga cocok untuk mobil yang berada di daerah dengan iklim tropis.

Penggunaan oli dalam jangka panjang bisa membuat tarikan gas lebih ringan dan lembut. Mesin mobilpun akan semakin mudah untuk dinyalakan serta memberikan perlindungan mesin jangka panjang. 

Shell Helix Ultra 5W-40

oli mobil terbaik
(Shell)

Oli ini dilengkapi dengan Active Cleansing Technology yang berguna membersihkan mesin mobil secara optimal. Bahan dasarnya full synthetic dengan standar kualitas API SN dan CF.

Harga Shell Helix Ultra 5W-40 mulai dari Rp. 124.000 untuk ukuran 1 liter. Oli juga memberikan perlindungan terhadap residu tinggi.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Repsol Elite Injection 10W-40

oli mobil terbaik
(Repsol)

Untuk pemilik mobil Mercedes maupun VW sangat disarankan menggunakan Repsol Elite Injection 10W-40. Bahan dasarnya full synthetic dan dibanderol mulai dari Rp. 70.000 per 1 liter.

Penggunaannya dalam jangka waktu panjang akan melindungi kebersihan mesin. Selain itu formulanya mampu melindungi mesin dari aus dan karat.

Pemilihan oli mobil terbaik akan membuat performa mobil terjaga layaknya mesin baru. Lakukan pergantian oli secara berkala dan bersihkan mobil untuk menjaga mesin tetap bekerja optimal.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.