Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 7 Rekomendasi Oli Diesel Terbaik
oli diesel terbaik
Otomotif

7 Rekomendasi Oli Diesel Terbaik

  • 5 Jul, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 6 menit membaca

Mobil bermesin diesel memang masih jadi pilihan favorit para pengguna kendaraan roda empat. Selain lebih irit bahan bakar, mobil-mobil yang ditawarkan umumnya ‘tangguh’ dan kekar serta berkapasitas lebih besar. Namun mesin mobil tersebut, tentu harus ditunjang dengan oli diesel terbaik. Hal tersebut dikarenakan, oli mesin mobil diesel terbaik mampu menjaga dan meningkatkan kinerja mesin mobil diesel yang biasanya bekerja lebih berat.

Baca Juga:

Rekomendasi Oli Diesel Terbaik

(Freepik/Asphotofamily)

Apa saja rekomendasi oli mesin diesel terbaik? Intip yuk dalam ulasan Pinhome berikut!

Baca Juga: 10 Cairan Pembersih Mesin Mobil Terbaik

Castrol Magnatec

Castrol Magnatec adalah salah satu oli mobil diesel dengan full synthetic  yang kekentalannya di angka 10W-30. Menariknya, Castrol Magnatec mampu menjaga tingkat kekentalan oli pada berbagai temperatur sehingga bisa memberikan perlindungan maksimal dan mencegah pengendapan sisa hasil pembakaran.

Salah satu oli diesel terbaik ini, juga terkenal karena memiliki molekul pintar yang bisa melapisi permukaan komponen mesin mobil dari pertama kali dihidupkan. Meski tergolong lebih mahal, oli ini mampu menghemat bahan bakar dan menjaga performa mesin tetap responsif.

Shell Helix HX8

Oli Shell Helix tipe HX8 mungkin masih terbilang baru karena diperkenalkan pertama kali pada tahun 2019 lalu. Kekentalan atau viskositas yang ditawarkan juga ada dua yaitu 5W-30 dan 5W-40. Oli mesin diesel terbaik ini, juga multifungsi karena bisa digunakan untuk mesin diesel maupun mesin bensin.

Teknologi oli ini juga beragam dan mumpuni. Mulai dari active cleansing yang mampu membersihkan ruang mesin dari endapan sisa pembakaran hingga manfaatnya yang dapat menghemat biaya perawatan mesin. Seperti yang diketahui Pins, endapan sisa pembakaran bisa membahayakan komponen mesin seperti korosi maupun karat, karena itu oli ini diklaim bisa menghemat biaya perawatan mesin serta memperpanjang usianya.

Fastron Diesel

Untuk mobil diesel dengan sistem common-rail injection, exhaust-gas recirculation sampai turbocharger. Kekentalan atau viskositasnya di angka 15W-40 dan API CI-4 yang mampu mengurangi suara dan getaran kasar dari gesekan mesin dan keausan. Fastron diesel juga diklaim bisa menetralkan asam pada proses pembakaran.

Top 1 Evolution Diesel

Kekentalan atau viskositas oli TOP 1 Evolution Diesel adalah 5W-40 dengan memiliki teknologi common rail. Perlindungan maksimal juga didapatkan dari sistem extreme low share yang bisa menjaga tingkat kekentalan oli di temperatur dingin sekalipun. Namun, oli ini juga bisa melindungi karat ataupun korosi ketika menghadapi temperatur tinggi. Canggih, bukan?

Tidak hanya sampai disitu Pins, di oli ini juga ada teknologi Ester Forotifier yang bisa mengikat oli atau tetap melumasi permukaan logam agar tidak terjadi gesekan antar komponen secara langsung dalam waktu yang terbilang lama. Istimewanya, masa pakai oli ini juga lebih lama dibanding yang lain yaitu mampu bertahan sampai mencapai 20.000 km.

Eneos C1

Oli yang khusus didesain untuk semua mesin diesel dan di semua kondisi ada dari keluaran merek Eneos. Pelumas mesin ini memiliki kekentalan 15W-40. Formulanya juga mampu melindungi komponen mesin dari korosi, karat dan aur, sampai ke mesin diesel performa terkini sekalipun.

TMO Diesel

Oli dari Toyota Motor Oil ini di viskositas atau kekentalan 15W-40 dengan synthetic Formula. Oli TMO Diesel cocok untuk mobil seperti Toyota Land Cruiser Diesel, Toyota Fortuner Diesel, Toyota Kijang Diesel, Innova Diesel, Toyota Hilux Diesel dan Toyota Prado Diesel. Apa mobil pribadi milik kamu ada di salah satu daftar tersebut?

STP Diesel Oil

STP Diesel Oil juga dianggap sebagai salah satu oli mobil mesin diesel terbaik yang cocok untuk mesin turbo charger, TDI, DI dan common rail. Oli ini pun cocok digunakan baik itu untuk mobil baru maupun mobil lama. Kandungan di dalamnya terdapat detergent-dispersants yang bisa membersihkan ruang mesin dan mengurangi kerak yang bisa menyebabkan korosi ataupun kerak.

Hasilnya, performa mesin makin responsif, bahan bakar pun lebih irit. Namun ternyata tidak hanya pencegahan karat, pembentukan buih atau foam pada ruang mesin ketika dalam  temperatur tinggi juga sebaiknya dihindari. Nah, STP Diesel Oil sudah dilengkapi dengan Aditif Anti-wear yang mencegah hal tersebut terjadi.

Tak hanya itu, STP Diesel Oil dianggap terbaik dan cocok untuk mobil-mobil di Indonesia karena memiliki komponen unik bernama TBN yang tertinggi di kelasnya. Perlu diketahui pula, jika mobil-mobil diesel di Indonesia menggunakan bahan bakar solar dengan kandungan sulfur tinggi yang bisa meningkatkan keasaman oli sehingga menurunkan kualitas oli mesin. Kandungan TBN inilah yang bisa mencegah pembentukan asam tersebut.

Baca Juga: Berapa Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes? Simak Yuk!

Cara Memilih Oli Mesin Diesel Terbaik

oli diesel terbaik
(Freepik/peoplecreations)

Selain memilih yang mana oli mobil diesel terbaik untuk kendaraanmu, sebaiknya memperhatikan beberapa faktor lainnya seperti memahami kembali karakteristik oli seperti apa yang memang kompatibel untuk mobilmu. Semahal atau secanggih apapun teknologi yang ditawarkan, tapi jika kurang cocok dengan kebutuhan dan spesifikasi mobil diesel, oli tetap  dimungkinkan tidak bekerja maksimal.

Dari kecocokan itu juga bisa diketahui kebutuhan viskositas atau kekentalan oli untuk mobilmu, Pins. Semakin kental atau encer olinya juga akan berpengaruh pada performa mobil diesel. Pemilihan oli semi sintetik maupun full sintetik juga berperan pada bahan-bahan oli yang akan berefek pada jarak tempuh dan waktu servis rutinnya.

Sebaiknya, perhatikan juga rekam jejak dari oli itu sendiri. Selain nama besar, proses penelitian, pengujian serta kandungan zat aditif yang melindungi mesin mobil diesel nantinya juga diperhatikan.Dengan beberapa rekomendasi dan penjelasan di atas, kira-kira mana oli mesin diesel yang paling cocok untuk mobilmu, Pins? Apa kamu sudah bisa memilih oli diesel terbaik versi kamu? Selain oli, kamu pun juga harus memperhatikan tampilan kendaraan pribadi. Layanan cuci mobil dari Pinhome Home Service salah satunya. Lewat aplikasi Pinhome kamu sudah bisa membuat mobil kamu bersih dan mengkilap. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Freepik/Fabrikasimf

Baca Juga: 10 Rekomendasi Oli Mobil Avanza untuk Performa Maksimal


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.