Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Keren! Modifikasi Pajero Sport Ini Buat Terlihat Lebih Gagah
modifikasi pajero sport
Otomotif

Keren! Modifikasi Pajero Sport Ini Buat Terlihat Lebih Gagah

  • 12 May, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Pajero Sport merupakan salah satu mobil SUV berukuran sedang yang diproduksi oleh Mitsubishi. Walau sudah tampak gagah, banyak pengguna Pajero Sport yang melakukan modifikasi pada beberapa bagian, baik eksterior, interior, hingga mesin. 

Sementara itu, memodifikasi mobil telah populer sejak lama. Kini, ada banyak pilihan suku cadang aftermarket yang sudah tersedia. Beberapa di antara spare part tersebut bahkan lebih baik dibandingkan yang ada di dalam mobil aslinya. 

Tidak heran bila banyak orang yang melakukan modifikasi pada Pajero Sport agar tampak lebih elegan dan tentu saja gagah, Pins. Penasaran? Begini ulasan lengkapnya. 

Modifikasi Pajero Sport oleh Arctic Trucks

pajero sport modifikasi
(Carscoops)

Pada dasarnya modifikasi mobil seperti Pajero bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, ada sebuah perusahaan bernama Arctic Trucks yang berfokus dalam modifikasi kendaraan penggerak empat roda, termasuk Pajero Sport. 

Pins mungkin penasaran bagiamana perusahaan dari Islandia, Rusia, hingga Uni Emirat Arab ini memodifikasi Pajero Sport? Simak hasilnya di bawah ini, yuk!

Baca Juga:

Tapak Ban yang Lebih Besar

Pajero Sport masuk dalam kategori mobil SUV ladder frame yang sebenarnya sudah mengalami perubahan seiring perkembangan. Salah satu yang paling signifikasn adalah kaki-kaki mobil untuk berkendara di jalanan yang ekstrem lebih nyaman. 

Di sisi lain, Arctic Trucks tetap menjaga desain interior dan eksterior mobil yang cocok dipakai offroad ini. Walau begitu, mereka tetap mencoba melakukan modifikasi di bagian lain Pajero Sport, salah satunya adalah ban mobil. 

Mereka memasang ban mobil berukuran 17 inci. Walau tergolong lebih kecil dibandingkan ban bawaan Pajero, tapak ban mobil ini cukup lebar, yaitu 315/70. Ukuran ini berlaku di ban depan maupun belakang. 

Penambahan Suspensi

Selain ban, modifikasi Pajero Sport terlihat di suspensinya. Arctic Trucks memutuskan untuk meng-upgrade suspensi mobil SUV ini dengan model heavy duty agar terlihat lebih jenjang. 

Peningkatan tersebut meningkatkan ground clearance Pajero Sport yang mencapai 270 mm. Angka ini tergolong lebih tinggi dibandingkan ground clearance bawaan, yaitu 218 mm. 

Berkat suspensi yang diubah juga, approach angle berubah menjadi 28.8 derajat yang juga berpengaruh terhadap departure angle, yaitu 34.5 derajat. 

Walau suspensi dan ban mobil telah diganti, perusahaan modifikasi ini tidak mengubah bagian dalam mesin. Hasil modifikasi Pajero Sport hanya mengubah tampilannya jadi lebih elegan dengan grip yang lebih pakem. 

Sementara itu, mesin yang dipakai mobil ini masih tetap sama, yaitu diesel 2.400 cc turbo. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 181 tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 Nm. 

Baca Juga: 10 Deretan Mobil Taft Modifikasi Keren

Tips Modifikasi Mobil

service mobil honda

Nah, setelah melihat bagaimana Arctic Monkeys melakukan modifikasi Pajero Sport menjadi lebih gagah dan elegan, bukankah Pins juga ingin melakukannya? 

Sebelum melakukannya, Pins bisa melihat beberapa tips modifikasi mobil di bawah ini agar lebih mudah melakukannya, ya!

Sesuaikan Budget dengan Ekspektasi 

Sebelum mulai, penting untuk lebih realistis terhadap apa yang Pins harapkan setelah memodifikasi mobil. Pins perlu tahu persis penambahan atau upgrade mana dengan fungsi apa. 

Sebagai contoh, pemasangan camshaft angkat tinggi dengan sayap besar untuk mobil yang sering dipakai sehari-hari, siap-siap kecewa. Pasalnya, modifikasi mobil seperti ini justru menghasilkan pandangan belakang yang terhalang. 

Lain ceritanya bila kamu ingin melakukan modifikasi seperti itu pada mobil yang dipakai di trek balapan, lho. Perlu diingat bahwa setiap modifikasi datang dengan kompromi.

Jika kamu melakukan modifikasi di bagian tertentu di Pajero Sport, ada bagian lain yang mungkin perlu dikurangi atau ikut ditambahi agar seimbang. 

Pilih Mobil yang Cocok Dimodifikasi

Seperti yang Pins tahu, ada bagian tertentu dari mobil yang tidak dapat hingga tidak boleh diubah. Sebagai contoh, sasis, ukuran, dan distribusi berat yang menyatu dengan apa yang dirasakan oleh mobil. 

Aspek tersebut ternyata tidak masuk dalam kategori modifikasi yang mudah dilakukan, atau bahkan tidak boleh dilakukan. Untuk itu, mulailah modifikasi dengan mobil yang tepat. 

Hindari Modifikasi Mobil yang Baru Dibeli

Bila Pins baru membeli mobil bekas atau baru, sangat disarankan untuk setidaknya menunggu satu bulan sebelum memodifikasinya. Bila membeli mobil baru, Pins perlu menunggu periode engine break-in

Kamu juga butuh merasakan seperti apa mobil baru tersebut tanpa melakukan modifikasi apa pun termasuk pada Pajero Sport. Sementara itu, modifikasi pada mobil bekas harus lebih berhati-hati. 

Ini karena mobil bekas sering dijual dengan riwayat servis yang tidak akurat sehingga dikhawatirkan ada banyak masalah yang tidak terduga. Hal ini juga bertujua melihat bagaimana performa mobil sebelum dimodifikasi, Pins. 

Perawatan Dulu, Baru Modifikasi

Modifikasi Pajero Sport yang berhasil punya kunci utama yang paling penting, yaitu disiplin dan tekun. Bila Pins menyukai mobil kepunyaan, tentu saja kamu akan melakukan yang terbaik, termasuk perawatan rutinnya. 

Jadi, jauh sebelum modifikasi mobil dilakukan, sebaiknya lakukan perawatan mobil secara rutin agar kondisinya tetap prima, seperti:

  • Pakai oli mesin dan bahan habis pakai apa pun yang paling baik untuk mobil. 
  • Gunakan ban berkualitas terbaik. 
  • Selalu periksa tekanan ban mobil. 
  • Rutin mengisi daya aki atau menggantinya. 
  • Pakai kit uji kebocoran atau kompresi mesin. 
  • Periksa sistem pengapian. 
  • Ganti filter, selang, dan gasket yang sudah lama dipakai. 
  • Perbaiki kebocoran yang terjadi di mesin mobil. 

Setelah dirawat dengan baik, Pins bisa mulai merencanakan modifikasi apa yang bagus untuk Pajero Sport yang dimiliki. Jangan lupa untuk menghormati desain bawaan mobil dan hindari modifikasi yang tidak bisa diubah nantinya. 

Bila sudah selesai dimodifikasi, jangan lupa ruti mencuci mobil agar tampilannya semakin bersih dan elegan. Bila merasa repot, kamu bisa meminta bantuan dari jasa Cuci Mobil Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. Klik di sini untuk mencoba!

Baca Juga: Ide Modifikasi Hiace dengan Interior Mewah

Image Feature Source: Carscoops


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.