Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 8 Mobil Tua Irit Bahan Bakar dan Murah Perawatan
mobil tua irit bbm dan murah perawatan
Otomotif

8 Mobil Tua Irit Bahan Bakar dan Murah Perawatan

  • 22 Jun, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Biaya perawatan dan konsumsi bahan bakar memang jadi faktor penentu ketika membeli mobil, khususnya mobil-mobil tua. Untungnya, ada beragam mobil tua yang tergolong irit BBM dan murah dari segi perawatan, lho

Berikut ini rekomendasi mobil-mobil bekas yang memang sudah diberhentikan produksinya, tetapi masih banyak dicari orang. Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

Rekomendasi Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatan

Sudah bukan rahasia lagi bila banyak masyarakat di Indonesia yang masih menggemari mobil tua keluaran 80 hingga 90an. Selain harga belinya terjangkau, beberapa mobil lawas ini tergolong hemat bensin. 

Walau begitu, Pins juga perlu mencermati berapa biaya perawatan yang dikeluarkan oleh mobil bekas yang akan dibeli. Dengan begitu, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran dari membeli sebuah mobil bekas, deh

Untuk memudahkan kamu memilih, ini rekomendasi mobil tua yang masuk kategori irit BBM dan murah perawatan!

Baca Juga:

BMW 325 E30

Salah satu mobil tua yang diincar banyak orang karena irit bahan bakar adalah BMW 325 E30. Mobil yang dirilis pada 1980an ini mengonsumsi bahan bakar sekitar 8–9 kilometer per liter. Ini tergolong irit, asalkan tidak dimodifikasi komponen tambahan.

Bila dilihat dari biaya perawatan, komponen BMW E30 mudah dicari dan dibanderol dengan harga terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp 15 jutaan hingga Rp 100 juta, kamu bisa mendapatkan mobil tua dengan performa mesin yang tangguh. 

Baca Juga:

Toyota Starlet XL

(Wikimedia Commons)

Mobil tua jenis Toyota yang masuk dalam golongan irit BBM dan murah perawatan adalah Starlet XL. Mobil klasik yang dicari banyak kolektor ini sudah didukung mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.000 cc dan 1.300 cc. 

Kapasitas mesin tersebut menghasilkan mobil yang irit bahan bakar. Selain hemat bensin, biaya perawatan Starlet XL cenderung murah. Pasalnya, suku cadang mobil Toyota, baik keluaran terbaru maupun lama, beredar di banyak bengkel, nih

Bagi Pins yang tertarik bisa mempertimbangkan Toyota Starlet yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 35 jutaan hingga Rp 45 jutaan. 

Suzuki Esteem

(Wikimedia Commons)

Mobil keluaran Jepang memang tidak dapat dipungkiri mengusung teknologi hemat bahan bakar dengan harga terjangkau. Salah satu yang namanya sempat naik adalah Suzuki Esteem dengan dua varian mesin, yakni 1.300 cc dan 1.600 cc. 

Mesin mobil keluaran 1991 ini pun mudah dirawat dengan suku cadang yang mudah ditemukan, serta biaya perawatan yang terjangkau. Sementara itu, konsumsi BBM mobil Suzuki ini bisa mencapai 12 km/liter untuk perjalanan dalam kota. 

Bila kamu mengendarai Suzuki Esteem untuk perjalanan jarak jauh, konsumsi BBM mobil bisa sebanyak 13–16 km/liter. Harga mobil sedan tua yang satu ini cukup murah kok, mulai dari Rp 20 jutaan sampai Rp 35 jutaan. 

Baca Juga:

Suzuki Baleno

(Flickr/LorenzoSSC)

Suzuki Baleno merupakan salah satu mobil keluaran 1995 yang sangat populer dari dulu hingga saat ini. Bagaimana tidak, mobil sedan tua premium ini tergolong irit BBM dan murah dari segi perawatan rutin. 

Ini karena mobil asal pabrikan Jepang ini mempunyai suku cadang yang mudah dicari dengna harga yang cukup terjangkau. Pins juga tinggal membawa Suzuki Baleno ke bengkel-bengkel resmi Suzuki yang tersebar di kota-kota di Indonesia. 

Kamu bisa mendapatkan mobil dengan mesin injeksi 1.5 liter G15B ini pada harga Rp 35 jutaan hingga Rp 45 juta. 

Daihatsu Espass

(Daihatsu)

Pins mungkin melihat Daihatsu Espass sebagai mobil jemputan ketika masa-masa sekolah. Tidak heran bila banyak orang memilih mobil ini karena cukup hemat bahan bakar dan mudah dirawat. 

Mobil MPV keluaran tahun 1995 ini mengonsumsi BBM sekitar 12 km/liter dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Harga Daihatsu Espass pun tidak begitu mahal di kelasnya, yakni mulai dari Rp 15 juta sampai Rp 45 juta. 

Peugeot 306

(Wikimedia Commons)

Selain BMW, mobil tua keluaran Eropa lainnya yang masuk dalam jenis irit BBM dan murah perawatan adalah Peugeot 306. Konsumsi mobil tahun 1997 ini cukup irit, yaitu sekitar 10 km/liter di dalam kota, sedangkan 12 km/liter untuk luar kota. 

Mesin Peugeot 306 pun diklaim awet dan tangguh bila rutin dirawat, Pins. Harga mobil ini cukup beragam, mulai dari Rp 20 jutaan hingga Rp 40 juta berdasarkan kondisi mobil. 

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second Dibawah 100 Juta

Mitsubishi Lancer GTi

(Flickr/Neil Potter)

Mitsubisihi Lancer GTi pertama kali dirilis di Indonesia pada 1992. Mobil yang menjadi pesaing Honda Grand Civic dan Toyota Corolla padan tahun-tahun tersebut terbilang irit bahan bakar dan mudah dirawat.  

Ini karena mobil keluaran Jepang ini sudah didukung dengan mesin sistem injeksi. Alhasil, konsumsi bahan bakar Lancer berada di kisaran 6 sampai 8 km/liter untuk dalam kota, sedangkan 9 sampai 12 km/liter untuk perjalanan luar kota. 

Harga Mitsubishi Lancer GTi untuk varian bekas mulai dari Rp 40 jutaan sampai Rp 70 juta. 

Suzuki Katana 1.0

(Flickr/Chrisspitt1955)

Walau sudah tidak diproduksi, mobil tua Suzuki Katana masih banyak diincar kolektor. Suzuki Katana mengusung teknologi mesin yang irit bahan bakar dengan harga perawatan yang murah karena suku cadangnya masih tersedia banyak. 

Dengan harga mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 50 juta, kamu bisa mengendarai mobil tua irit BBM ini di jalanan, deh

Nah, setelah mengetahui apa saja rekomendasi mobil tua yang irit BBM dan murah perawatan, jangan lupa perhatikan tampilan mobil. Pins tentu perlu rutin mencuci mobil agar kendaraan roda empat ini tetap mempesona. 

Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan di aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga: 21 Mobil Hatchback Terbaik Bekas dan Terbaru


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.