Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Kelebihan Mobil Toyota Kecil Beserta Rekomendasi Terbaru
Otomotif

Kelebihan Mobil Toyota Kecil Beserta Rekomendasi Terbaru

  • 28 Jul, 2022 oleh Pandu Pamungkas
  • 6 menit membaca

Ada banyak keunggulan mobil Toyota kecil. Walaupun kapasitasnya hanya muat untuk 2-5 penumpang namun sparepart mudah didapat. Toyota dikenal unggul dalam inovasi serta memiliki variasi model.

Berikut beberapa daftar mobil Toyota kecil yang pernah dipasarkan. Beberapa bahkan unggul di pasaran karena desain, konsep dan fitur yang dimilikinya.

Pengertian Mobil Kecil Toyota

mobil toyota kecil
(motor1)

Istilah mobil kecil pertama kali digunakan di Inggris pada awal abad ke 20. Mobil kecil merujuk pada mobil yang memiliki kapasitas mesin kurang dari 1,5 liter. Di era modern ini mobil kecil ini juga sama seperti mobil subcompact.

Toyota salah satu pabrikan yang terus memproduksi dan mengembangkan mobil kecil. Tidak hanya harga yang cukup kompetitif, desain yang dibuat oleh Toyota juga tidak ketinggalan zaman.

4 Kelebihan Mobil Kecil

Dengan dimensi dan desain yang cukup unik, tentu saja mobil Toyota kecil memiliki sejumlah kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan yang didapatkan dengan menggunakan mobil kecil.

mobil toyota kecil
(Cinta Mobil)

Energi Terbarukan

Mobil kecil biasanya tidak menggunakan bahan bakar bensin melainkan baterai. Sehingga mobil ini jauh lebih ramah lingkungan dan menghemat anggaran Pins. Karena memang penggunaan bahan bakar listrik jauh lebih hemat ketika digunakan. Akan tetapi memang bahan bakar listrik tidak bisa membuat Pins berjalan jauh seperti antar provinsi. Bagi Pins yang ingin menggunakan bola kecil untuk aktivitas sehari-hari, maka ini akan cocok.

Lincah

Karena ukurannya yang kecil, mobil jenis seperti akan sangat lincah untuk melakukan manuver di jalanan. Mobil kecil akan mudah untuk melalui jalanan kecil ataupun macet. Jika Pins tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta, mobil ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak Membutuhkan Carport yang Terlalu Besar

Dengan ukurannya yang kecil, Pins tidak perlu khawatir mencari lahan untuk memarkir mobil. Pada perumahan padat pun Pins bisa menyisihkan sedikit space untuk carport.

Biaya Maintenance Murah

Dengan dimensinya yang kecil tentu saja perawatan mobil kecil akan jauh lebih murah jika dibandingkan mobil pada umumnya. Selain itu komponen dan teknologi yang digunakan mobil pada umumnya jauh lebih kompleks sehingga biaya servis akan jauh lebih mahal.       

BEV

(Suara)

Walau masih terbatas untuk pasar Jepang namun mobil BEV sudah menarik banyak perhatian publik. Apalagi saat pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2019.

Ajang tersebut diadakan pada 23 Oktober-4 November 2019 di Tokyo. BEV sendiri dijual pada pertengahan 2020. Mobil ini hanya berkapasitas dua orang dan pemakaiannya untuk ke mall atau dipakai oleh pengemudi pemula dan lansia.

Dimensinya sekitar 2.490 x 1.290 x 1.550 mm. Radius putar mencapai 3.9 m sehingga mampu bermanuver di perkotaan Jepang yang serba terbatas. Bila baterai terisi penuh maka mobil mampu melaju hingga 100 km dengan kecepatan 60 kpj.

Proses pengisian daya baterainya sendiri membutuhkan waktu 5 jam (200 volt). BEV juga dilengkapi fitur keselamatan berupa Intelligent Clearance Sonar serta Pre-Collision System. 

Tak hanya itu saja lengkap dengan auto brake guna keperluan darurat bila mobil tak bisa menghindar lagi. Desain kabinnya minimalis dan bisa dipakai untuk bekerja, beristirahat dan berkendara.

Baca Juga :

Etios Valco

(Commons Wikimedia)

Etios Valco diperkenalkan pertama kali pada Maret 2013. Varian yang tersedia diantaranya adalah J, JX, G dan E. Harga bekasnya terjangkau mulai dari Rp. 60 jutaan.

Kelebihannya adalah memiliki desain modern dan proper. Konsep city car modern dan desain yang minimalis namun tetap dinamis. Bagian depan memiliki grill yang dibagi menjadi dua bilah dan buritan didesain proporsional.

Fitur yang dimiliki Toyota Etios Valco diantaranya adalah head unit double-din terintegrasi steering wheel audio control switch, AC, MID, cooler dalam glovebox, power window, dan electric mirror dan Electronic Power Steering (EPS).

Sementara fitur keselamatannya adalah ABS+EBD, dual airbags serta brake assist dan Isofix. Bagian kabin lapang dan handling cukup stabil. Mesin yang dimilikinya 3NR-FE DOHC 4-silinder segaris.

Konsumsi bahan bakar tergolong irit karena mampu menempuh jarak 17-22 km/liternya. Mesinnya sudah memakai teknologi injeksi dan suku cadangnya pun melimpah.

iQ

(Pixabay)

Mobil ini pernah bertahan dari 2008 hingga 2015. iQ dipasarkan pada pasar Amerika, Jepang hingga Eropa. Ada tiga pilihan mesin yang tersedia untuk iQ diantaranya adalah 1.000 cc 1KR-FE 3 silinder.

Ada pula mesin 1.300 cc 1NR-FE 4 silinder dan diesel 1.400 cc 1ND-FTV 4 silinder. Untuk ukurannya lebih kecil daripada Agya karena hanya sekitar 2.985 x 1.680 x 1.500 mm.

Mobilnya cukup ramah lingkungan karena konsumsi bahan bakar rata-rata 6 liter. Sejumlah bahan bakar tersebut mampu menempuh jarak 100 km. Harganya terjangkau yakni mulai dari US$ 16.000.

Selain itu iQ mampu membuang emisi gas buang hingga 110 gram/km. Mobil ini mampu menampung dua penumpang dewasa dan satu anak-anak. 

Tenaga yang dihasilkannya mencapai 68 HP dan putarannya 6000 rpm. Torsi maksimum mencapai 91 Nm pada 4.800 rpm. 

Baca Juga : Cek Harga Toyota Voxy Bekas yang Banyak Diincar

Yaris

(Commons Wikimedia)

Yaris memiliki tampilan sporty khas anak muda. Ada dua varian Yaris yang ada di pasaran saat ini yaitu G dan TRD Sportivo. Transmisinya manual serta CVT otomatis. Harganya sendiri dipasarkan mulai dari Rp. 259 jutaan untuk Yaris G.

Sementara Yaris TRD Sportivo CVT berkisar Rp. 291 jutaan. Kelebihannya selain dari eksterior yang memikat ialah fitur hiburan yang melimpah. 

Diantaranya adalah head unit layar sentuh 7 inci yang mampu memutar DVD, Radio FM/AM, Aux, SUV, dan Bluetooth. Pada model Yaris TRD Sportivo terdapat fitur iPod Ready, remote apps, web link hingga Miracast melalui smartphone.

Sistem keselamatan yang lengkap diantaranya adalah ABS+EBD+BA serta kontrol traksi, dan vehicle stability control. Mesinnya menggunakan 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder segaris dengan teknologi dual VVT-I.

Tenaga yang dikeluarkan sebesar 104.5 kuda dan torsi puncak 140 Nm. mesin halus dengan vibrasi yang rendah.

Agya

(Commons Wikimedia)

Terakhir ada Agya yang memiliki 6 varian dengan harga termurah Rp. 144.000.000 dan termahal Rp. 169.300.000. Ada varian yang bermesin 1000 c dan 4 varian berkapasitas 1200 cc.

Fitur yang dimiliki Agya cukup keren karena tersedia engine start-stop button.  Pada varian Agya G TRD bertransmisi manual atau matic. Desainnya memiliki banyak sudut tajam sehingga lebih sporty. 

Interior cukup luas dan nyaman yang mampu menampung 5 penumpang sekaligus. Hemat bahan bakar karena mampu menempuh 20 km per liternya.  Beberapa fitur keselamatan yang dimiliki adalah ISOFIX, dual SRS Airbag hingga Audio DIN.

Itulah beberapa daftar mobil Toyota kecil yang diminati pasar saat ini. Jangan lupa jaga performanya dengan rutin mencuci mobil. 

Jika tidak sempat, tak perlu khawatir karena kini ada layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga : Keren dan Gagah! Intip 5 Mobil Toyota dengan Sunroof


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.