Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 7 Mobil Suzuki yang Kecil
mobil suzuki kecil
Otomotif

7 Mobil Suzuki yang Kecil

  • 20 Jul, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 6 menit membaca

Ada begitu banyak produsen yang menawarkan mobil berukuran kecil dan salah satunya adalah Suzuki. Merk asal Jepang ini terkenal akan mobil yang memiliki daya tahan yang bagus, terlepas dari medan jalanan. 

Selain itu, banyak mobil Suzuki dirancang dengan mempertimbangkan manfaat yang bisa didapat oleh pengguna. Sebagai contoh, mobil Suzuki cenderung hemat bahan bakar tanpa mengorbankan nilai dan pengalaman berkendara. 

Penasaran apa saja varian mobil Suzuki berukuran mungil dengan fitur-fitur yang andal di masanya? Simak ulasan lengkapnya di sini!

Daftar Mobil Suzuki yang Kecil

Terlepas dari ukurannya, mobil Suzuki kecil menawarkan spesifikasi mesin dan teknologi yang tidak main-main. Tidak heran bila ada saja orang yang memilih mobil ini dibandingkan lainnya. Ini daftar lengkapnya!

Suzuki Celerio

(Flickr/Alan Gold)

Suzuki Celerio merupakan salah satu mobil mungil buatan Suzuki yang digadang-gadangkan mirip dengan Daihatsu Ayla. Sayangnya, Celerio hanya bertahan dari 2015 hingga 2017 karena kurang peminat di Indonesia. 

Padahal, desain eksterior mobil city car ini tidak ketinggalan zaman meski dikendarai di tahun 2022. Belum lagi mesin K10B 3 slinider 1.0 liter yang ditempatkan di ruang mesin kedua trim Celerio. 

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 67 hp dan torsi 90 nm dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Walau kecil, Celerio masuk dalam jajaran mobil hemat bahan bakar dengan harga yang cukup terjangkau. 

Sayangnya, fitur keamanan Celerio dibandingkan mobil sekelasnya cenderung sangat standar. Jadi, Pins perlu mencari mobil lain jika menginginkan fitur-fitur keamanan yang canggih. 

Baca Juga:

Suzuki Swift

mobil suzuki kecil
(Wikimedia Commons)

Suzuki Swift adalah mobil berkapasitas 5 pintu yang muncul di awal tahun 80-an dan diperbaharui 2004 hingga menjadi model seperti ini. Selama bertahun-tahun, Swift sudah menggunakan beberapa mesin, mulai dari 1,2 hingga 1,6 liter. 

Mobil kecil ini pun tergolong hemat bahan bakar dengan rata-rata konsumsi antara 18 km/l hingga 21 km/ l. Desain Suzuki Swift juga cenderung timeless dengan pintu bukaan yang lebar untuk memudahkan penumpang dan pengemudi. 

Terlebih lagi, interior Suzuki Swift menampilkan dasbor dan pandangan ke depan yang baik. Teknologi yang dibangun Suzuki guna memberikan infotainment yang mumpuni juga terlihat dari layar sentuh yang bisa dipakai untuk lagu dan telpon.

Pins juga bisa menikmati beberapa opsi penyimpanan di bagian depan, termasuk glovebox, tempat botol di pintu, dan ruang untuk barang-barang kecil. Kapasitas bagasi mobil kecil ini terbilang cukup besar, yaitu 242 liter.  

Baca Juga:

Suzuki Ignis

(Flickr/Hog Troglodyte)

Keluar pada 2017, Suzuki Ignis mencuri perhatian para pecinta mobil city car. Pasalnya, mobil buatan Suzuki ini tergolong kecil dengan bobot yang ringan. 

Walau begitu, mobil yang didesain mirip dengan SUV ini cocok dikendarai di jalanan perkotaan. Kamu juga bisa merasakan perubahan yang begitu nyata dari facelift yang disematkan sehingga cukup berbeda dengan Ignis yang lama. 

Tenaga yang diciptakan Ignis pun tergolong optimal mengingat bobot kurang dari 1 ton. Intinya, mobil ini bisa bekerja dengan baik dan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan mobil sekelas lainnya. 

Baca Juga:

Suzuki Karimun Wagon R

(Suzuki Indonesia)

Mobil kecil Suzuki lainnya yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah Karimun Wagon R. Mobil yang dirilis pertama kali di Jepang pada 1993 ini masuk dalam kategori city car LCGC dengan spesifikasi mesin berikut:

  • Mesin bensin 3-silinder segaris
  • DOHC
  • 12 katup
  • Kapasitas 998 cc
  • Transmisi manual dan otomatis masing-masing 5 percepatan

Tidak hanya mesin, desain eksterior Karimun Wagon terlihat lebih sporty dengan interior yang tampak elegan. Pins juga bisa meletakkan banyak barang karena kapasitas bagasi mobil Suzuki ini cukup lapang. 

Walau begitu, mobil ini tidak mengalami banyak perubahan di bagian fitur keselamatan. Namun, harga Karimun Wagon R cukup terjangkau dan bersaing dengan para kompetitor. 

Baca Juga:

Suzuki Jimny

(Suzuki Indonesia)

Suzuki Jimny merupakan salah satu varian mobil mungil dengan desain yang unik. Pasalnya, mobil ini mengedepankan desain retro dan maskulin yang mirip dengan mobil-mobil sekelas Jeep. 

Walau tampak retro, bagian dalam Suzuki Jimny sudah modern dengan desain dashboard driver oriented dan fitur hiburan terkini. Pins juga bisa menikmati lampu depan LED dan sudah dibekali washer

Sayangnya, Suzuki Jimny mempunyai ruang bagasi yang kurang luas dan biaya perawatan yang tergolong mahal. Namun, hal tersebut tidak membuat para penggemar mobil ini lari ke kompetitor. 

Suzuki Splash

(Wikimedia Commons)

Suzuki Splash adalah mobil hatchback yang cukup berjaya di masanya berkat ukurannya yang ringkas. Hal ini menjadikan Splash digandrungi karena lincah dengan mesin 1200 cc 4 silinder yang menjadikan pengalaman berkendara lebih oke.

Walau cukup populer, Suzuki menghentikan produksi Splash pada 2009. Jika berminat, Pins bisa membeli mobil ini dalam kondisi bekas. 

Suzuki Alto

(Wikimedia Commons)

Terakhir, ada Suzuki Alto yang masuk dalam jajaran mobil Suzuki kecil dengan spesifikasi mesin tangguh. Mobil yang dirilis pada 1979 di Jepang ini memiliki kapasitas 5 penumpang dan dirancang untuk dikendarai di jalanan kota. 

Ini karena Suzuki Alto memiliki bodi dan mesin yang kecil. Walau begitu, kamu bisa mendapatkan mobil yang hemat bahan bakar dengan mesin 2-tak berkapasitas 0,5 dan 1 liter. 

Sesuai bodi luarnya, desain interior Alto cukup compact, tetapi tetap mengutamakan kenyamanan. 

Kursi depan Alto bisa menampung dua orang dewasa, baik penumpan dan pengemudi. Sementara itu, di ruang belakang bisa diisi oleh dua orang dewasa. 

Meski berukuran mungil, deretan mobil Suzuki kecil di atas tetap memerlukan perawatan yang sama dengan mobil besar. Salah satunya adalah mencuci mobil. ika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah.

Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga: Intip Jenis Mobil Klasik Murah Keren yang Bisa Kamu Miliki Ini!

Source Image Feature: Wikimedia Commons


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.