Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Penyebab Mobil Susah Distarter dan Cara Mengatasinya
mobil susah distarter
Otomotif

Penyebab Mobil Susah Distarter dan Cara Mengatasinya

  • 4 Apr, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Mobil susah distarter adalah masalah yang sering terjadi, terutama pada mobil lawas. Umumnya, mobil yang berusia 8 tahun atau lebih memang makin sering rewel. Pasalnya, banyak komponen mulai rusak atau berkurang performanya sehingga perlu diganti.

Kondisi ini pun juga bisa terjadi pada mobil yang usianya di bawah 8 tahun. Selain usia, hitungan kilometer berpengaruh pada performa. Dilansir Tom Kadlec Kia, mobil yang telah mencapai hitungan kilometer 161.000 km telah melewati performa prima sehingga masalah mulai muncul. 

Maka itu, wajar saja bila mobil sulit dinyalakan terjadi ketika sering dipakai berkendara jarak jauh, terlebih ketika jarang melakukan perawatan. Bila ini terjadi pada Pins, tak perlu khawatir karena bisa jadi penyebabnya sepele. Berikut penjelasannya. 

Penyebab Mobil Susah Distarter Plus Cara Mengatasinya

Periksa Kondisi Aki

(Freepik)

Mobil susah distarter bisa terjadi karena masalah pada aki. Aki berfungsi menyuplai daya listrik ke seluruh komponen lainnya. Bila suplai listrik ini bermasalah, komponen lain pun ikut terganggu. 

Masalah aki yang menjadi penyebab mobil susah distarter biasanya adalah kurang air aki (pada aki basah), kurang cadangan listrik, atau aki mati. Jika aki basah telah berkurang airnya, solusinya adalah menambah air. 

Kamu juga bisa mengisi ulang isi ulang cadangan listrik jika sudah menipis. Namun, lain soal jika aki sudah tekor. Solusinya adalah mengganti aki.

Nah, agar kondisi aki mobil tidak cepat tekor, lakukan perawatan dengan benar. Sebagai contoh, Pins perlu rutin membersihkan aki dengan sikat, terutama pada bagian terminal aki. Terminal yang tertutup kotoran bisa menghambat hantaran listrik, lho

Selanjutnya, jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan kabel aki dari terminal penghubung agar listrik tidak mengalir terus menerus. 

Alternatifnya, kamu harus memanaskan mobil setiap hari meski tidak dipakai. Lakukan pemanasan mesin setidaknya selama 5 menit agar aki tidak cepat tekor.

Baca Juga:

Periksa Fuel pump

(Freepik)

Penyebab mobil susah distarter selanjutnya adalah masalah pada aliran bahan bakar. Untuk mengetahuinya dengan pasti, periksa kondisi Fuel pump. Komponen ini berfungsi memompa bahan bakar dari tangki menuju ruang pembakaran. Lalu, ini akan diproses menjadi energi yang membuat mesin menyala. 

Jika fuel pump tidak bekerja dengan baik, aliran bahan bakar menjadi terhambat sehingga mobil tidak bisa distarter. Masalah pada fuel pump juga ditandai dengan mesin mobil brebet akibat tersumbat kotoran sehingga mesin terbaca kosong meski pedal gas sudah terinjak. 

Masalah pada fuel pump juga disertai dengan sekring pompa bensin gosong dan bau bensin yang menyengat. Hal ini terjadi karena sumbatan kotoran sehingga sekring bekerja lebih berat dan proses pembakaran yang kurang sempurna. 

Cara mengecek kinerja fuel pump bisa kamu lakukan melalui dashboard dengan melihat indikator Check Engine di Speedometer. Selanjutnya, buka karburator mobil dan semprot dengan cairan carburator cleaner, lalu coba starter mobil. 

Cairan ini mengandung bensin sehingga mesin akan hidup sementara lalu mati lagi jika memang fuel pump bermasalah.

Selain itu, fuel pump bisa melemah akibat mesin terlalu dingin. Pins bisa mengatasi maslaah ini dengan dientak. Sementara itu, fuel pump yang kotor atau perlu kalibrasi ulang membutuhkan jasa profesional agar mobil bisa kembali distarter. 

Tips merawat fuel pump

Agar fuel pump awet, jangan terlambat mengisi bahan bakar karena bahan bakar juga berfungsi sebagai pelumas dan pendingin pompa bensin. Isilah ketika sisa bahan bakar hanya seperempat dari volume tangki.

Selanjutnya, kuras tangki untuk membersihkan kotoran yang menempel, terlebih jika menggunakan bahan bakar kualitas rendah. Kuras tangki setidaknya setelah lima tahun pemakaian mobil baru, dan dua tahun sekali untuk mobil lawas.

Baca Juga: 10 Mobil Bekas di Bawah 80 Juta

Bersihkan Karburator

(Freepik)

Karburator mobil berperan mengatur campuran bahan bakar dengan udara yang masuk dalam silinder mesin. Ini bekerja dengan prinsip kerja Bernoulli yang mengatur kecepatan aliran bahan bakar. 

Pada saat mobil dihidupkan, karburator akan menghisap udara dan bahan bakar. Lalu, pemantik akan menyala dan memicu pembakaran pada ruang mesin. 

Sementara itu, karburator yang kotor tidak mampu menghisap bahan bakar sehingga pembakaran tidak terjadi. Akibatnya, mobil pun tidak mau menyala. Solusinya, bersihkan bagian karburator dengan baik. Begini caranya. 

  • Bersihkan filter udara dengan menghembuskan aliran udara yang kuat. 
  • Gunakan semburan angin kompresor dan cuci sampai bersih. 
  • Lepaskan komponen karburator yang terdiri dari baut, jarum pelampung, pilot jet, pelampung, dan komponen lainnya. 
  • Bersihkan seluruh komponen dengan kuas halus dan semburan angin kompresor pada bagian lubang. 

Baca Juga: 4 Penyebab Speedometer Mati

Ganti dan Bersihkan Busi

(Freepik)

Busi berfungsi menciptakan percikan bunga api yang akan memulai semua proses pembakaran. Apabila telah usang atau kotor, busi tidak dapat membuat bunga api sehingga mesin mobil tidak akan menyala saat distarter.

Jika busi kotor, cukup bersihkan busi dan keseluruhan komponennya yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Terminal
  • Insulator keramik
  • Hex
  • Insulator Tip
  • Gasket
  • Metal Case
  • Center Electrode
  • Ground

Kamu bisa menggunakan kain untuk menggosoknya dengan cairan pembersih khusus.

Pada umumnya usia busi adalah sekitar 45.000 km tergantung jenis. Bila busi telah aus, solusinya adalah mengganti dengan yang baru. 

Harganya bervariasi sesuai jenisnya, yaitu antara 10 – 20 ribu rupiah untuk busi standar, 20 – 50 ribu rupiah busi platinum, dan 50 – 150 ribu rupiah untuk busi iridium.

Baca Juga: 10 Deretan Mobil Taft Modifikasi

Periksa Dinamo Starter dan Dinamo Ampere

(Freepik)

Di dalam mobil ada dua dinamo yaitu dinamo starter dan dinamo ampere atau disebut juga alternator. Sesuai namanya, dinamo starter bekerja saat mobil distarter, sedangkan alternator mengisi setrum aki untuk menyuplai daya listrik saat mesin sudah berjalan.

Masalah pada kedua komponen ini dapat menjadi penyebab mobil susah distarter atau bahkan mogok. Masalah pada dinamo starter bisa terjadi akibat kerusakan solenoid starter pada gulungan atau swtich-nya. 

Dinamo starter juga bisa bermasalah ketika carbon brush habis atau gulungan di dalam starter terbakar. Adapun masalah pada alternator bisa terjadi karena bearing alternator rusak atau dioda rectifier alternator putus. 

Untuk menghindari dinamo masalah, lakukan pemeriksaan berkala, ya, Pins.

Baca Juga: 10 Mobil Keluaran Terbaru

Cek Suhu Koil

(Freepik)

Penyebab mobil susah distarter selanjutnya adalah overheating pada koil. Suhu koil yang terlalu panas menyebabkan mobil tidak bisa menyala saat distarter. Satu-satunya solusi adalah mengganti komponen ini dengan yang baru.

Nah, itu dia beberapa penyebab mobil susah distarter dan cara mengatasinya. Jadi, jangan langsung panik ya, Pins. 

Pastikan juga untuk melakukan perawatan mobil dengan rutin. Dengan begitu, performa mesin mobil tetap terjaga dan tahan lama. 

Baca Juga: Fungsi Intermiten Pada Wiper


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.