Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 5 Rekomendasi Mobil Sedan Kecil dan Irit
Otomotif

5 Rekomendasi Mobil Sedan Kecil dan Irit

  • 17 Aug, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 5 menit membaca

Mobil sedan kecil sering jadi pilihan karena menawarkan kenyamanan lebih dibandingkan tipe mobil lain yang lebih besar. Namun tetap bisa irit bahan bakar di beberapa varian yang ditawarkan banyak brand mobil. Jenis mobil satu ini terbilang cukup simpel dan cocok untuk digunakan pada jalan perkotaan.

Rekomendasi Mobil Sedan Kecil dan Irit

Apa saja rekomendasi mobil sedan kecil yang cocok untuk di jalanan perkotaan? Berikut beberapa rekomendasinya.

Baca Juga: Mobil Mercy Kecil yang Sekarang Sudah Berubah Total

Toyota Vios

(Kompas)

Toyota Vios telah beberapa kali mengalami ‘peremajaan’. Namun All New Toyota Vios tidak membuat sedan kecil ini menjadi lebih boros bahan bakar meski mengalami peningkatan dari segi performa dan lain-lain.

Mobil ini juga selalu dianggap sebagai mobil paket komplit karena menawarkan fitur yang di atas standar namun masih tergolong terjangkau dalam masalah harga. Desainnya yang dinamis membuat tampilan mobil ini tetap sporty tapi juga elegan karena velg alloy, grill dominan serta lampu depan yang dibuat lebih tajam.

Soal mesin masih terbilang bersaing dengan 4 silinder bermesin 1 NZ FE 16 valve yang sudah berteknologi DOHC ini memiliki kapasitas mesin 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi 14.4 Kgm pada 4.400 rpm. 

Pilihan warna juga memenuhi selera pria maupun wanita, tua ataupun muda karena hadir dengan 6 warna elegan dan keren. Dengan harga di kisaran Rp 327 jutaan, menurutmu sepadan tidak dengan fitur dan teknologi yang ditawarkan?

Honda City

(Tempo)

Honda memang selalu jadi pesaing Toyota dalam menghadirkan mobil-mobil laris di pasar Tanah Air. Salah Satu varian mobil sedan kecil yang patut jadi pertimbangan adalah Honda City yang juga mirip Vios, hadir dengan tipe All New Honda City. Mesin kapasitas 1.500 cc dilengkapi dengan 16 katup i-VTEC+DBW dengan teknologi SOHC.

Tak heran mobil ini bisa menghasilkan daya maksimal 120 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Karena menampilkan desain eksterior maupun interior yang elegan dan dinamis, mobil ini menjadi favorit bagi segmentasi kelas menengah, terutama anak muda yang ingin simpel dan irit serta terjangkau tapi ingin perawatan yang tidak rumit.

Soal harga, Honda City memang tergolong terjangkau namun masih kompetitif, terutama di harga mobil bekasnya karena kualitas yang masih bagus. Untuk harga mobil bekas masih di kisaran Rp 115 juta – Rp 205 juta. Sementara varian barunya dibanderol dengan harga antara Rp 325 juta – Rp 350 juta.

Baca Juga: 6 Mobil yang Cocok untuk Wanita Mungil

Suzuki Baleno

mobil sedan kecil
(Suzuki)

Sedan keluaran Suzuki ini juga menambah daftar mobil sedan kecil dan irit meski kini telah menjadi mobil tipe hatchback. Karena itu tampilannya kini lebih unik dan sporty dan mengalami pengembangan yang jauh lebih baik dengan adanya lampu LED DRL.

Meski begitu, Suzuki Baleno masih terbilang memiliki desain kabin dalam yang agak kaku walau bagian penyimpanannya cukup besar. Tapi soal irit, pemakaian bahan bakar Baleno bisa diadu karena disematkan mesin bertenaga 92.4 HP di torsi 130 Nm, 4 silinder dan mesin kapasitas 1.373 cc.

Soal teknologi juga cukup mumpuni karena sudah bisa terhubung dengan koneksi bluetooth, Android dan Apple CarPlay. Baleno juga menawarkan pilihan 2 transmisi, 5 percepatan pada transmisi manual dan 5 percepatan pada transmisi otomatis atau matic.

Harga mobil Suzuki Baleno bekas sudah di angka Rp 165 juta – Rp 182 juta. Sementara mobil barunya bisa di kisaran Rp 233 juta – Rp 245 juta.

Hyundai Ioniq

mobil sedan kecil
(Hyundai Motor Group)

Mobil satu ini mulai menjadi primadona karena hadir dengan teknologi mobil listrik yang kekinian dan mewah namun memiliki desain yang compact alias kecil. Namun juga irit tentunya karena menggunakan tenaga baterai.

Rasa percaya diri akan meningkat jika mengendarai atau menaiki Hyundai Iconiq karena desain elegan nan futuristiknya yang kental di luar, tapi juga keren di dalam karena jok kulitnya yang nyaman. 

Soal mesin, Ioniq memiliki torsi 295 Nm dan jarak tempuh maksimal 373 Km dengan kapasitas baterai Lithium ino 28.3 kWH. Pengisian daya penuhnya dari 0-100% bisa tercapai sampai waktu tempuh 17 jam 39 menit. Namun jika menggunakan fast charging bisa dicapai dalam waktu 6 jam 5 menit saja.

Karena teknologinya yang mumpuni dan kemudi yang canggih, mobil listrik ini masih cukup terjangkau dengan banderol harga sekitar Rp 624 juta – Rp 684 jutaan,

Suzuki Ciaz

mobil sedan kecil
(Liputan 6)

Suzuki Ciaz dianggap sebagai penerus Suzuki Baleno yang memang mendapatkan pengembangan dari sisi interior kabinnya yang lebih luas dan desainnya yang semakin elegan. Belum bisa diketahui mengapa mobil ini tidak sepopuler sedan kecil lainnya, padahal mobil ini memiliki fitur keselamatan yang komplit.

Sabuk keselamatannya sudah memiliki fungsi ELR dan memiliki pengaturan ketinggian dan sudah dilengkapi Dual SRS Airbag. Mobil ini semakin aman karena telah ada side impact beam di kedua sisi pintu sehingga meminimalisir dampak buruk lebih besar ketika terjadi benturan keras.

Keyless entry, sensor parkir dan kamera parkir juga sudah otomatis didapatkan. Desainnya yang aerodinamis, sporty dan elegan terpampang nyata di bagian samping. Tapi juga memiliki bagian belakang yang tegas yang mewah dan sporty juga.

Harganya juga sebenarnya kompetitif dengan pesaingnya, Toyota Vios dan Honda Civic. Suzuki Ciaz dihargai Rp 265 jutaan untuk transmisi manual dan Rp 275 jutaan untuk transmisi matic.

Itulah beberapa rekomendasi mobil sedan kecil dan irit yang bisa jadi pilihan mobilmu untuk menemani mobilitas keseharian bersama keluarga ataupun teman-teman. Semoga membantu, Pins!

Namun, jangan lupa pula untuk merawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60 ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.