Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Mobil Nissan yang Ada Sunroof, Apa Aja Ya?
Otomotif

Mobil Nissan yang Ada Sunroof, Apa Aja Ya?

  • 3 Aug, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Nissan menjadi salah satu brand mobil yang cukup laris di pasaran. Beberapa mobil Nissan yang ada sunroof juga cukup mendominasi pasar. 

Istilah sunroof digunakan untuk mobil yang memiliki kaca atap dan bila dibuka akan membentuk sudut tertentu. Pemandangan dari luar mobil tidak hanya bisa dilihat melalui jendela saja.

Melainkan di bagian atap yang lebih bebas. Yuk ketahui beberapa rekomendasi mobil Nissan yang ada sunroof dibawah ini!

Apa Itu Sunroof ?

(Shutterstock)

Mobil dengan sunroof memiliki kaca atap yang bila dibuka membentuk sudut tertentu. Bisa menuju ke atap atas sehingga udara juga bisa masuk. Dulunya teknologi seperti ini sering dipakai pada ventilasi bus kota.

Jika Pins sering berkendara di pegunungan maka akan cocok sekali dengan mobil sunroof. Dari materialnya dulu dibuat memakai pelat logam. Berkat kemajuan teknologi kini sudah banyak yang memakai kaca sebagai bahan utamanya.

Mobil sunroof bisa dibedakan dari bagaimana kaca atap ini dibuka. Misalnya saja bila panel kaca bisa dibuka dengan slide out ke atas atap maka disebut dengan panoramic sunroof.

Bila kacanya bisa dibuka di bagian satu sisinya saja dan miring disebut dengan pop out sunroof. Apabila kaca dibuka ke bagian dalam atap maka disebut dengan moonroof.

Baca Juga : Modis dan Modern Banget! 5 Mobil Mazda dengan Sunroof Dijamin Bikin Kamu Makin Trendy

Kelebihan Mobil Sunroof

Adanya sunroof memungkinkan penumpang untuk mengeluarkan tubuhnya melalui atap mobil. Keunggulan mobil dengan mode ini diantaranya adalah :

Mewah

Tak bisa dipungkiri bila mobil sunroof unggul dari segi desain. Mobil terlihat lebih mewah dan elegan. Apalagi tipe ini masih cukup jarang dimiliki sehingga terkesan lebih eksklusif.

Memaksimalkan Cahaya

Manfaat lainnya adalah mampu memaksimalkan cahaya dalam kabin. Kaca jendela biasanya kurang maksimal menangkap cahaya dan rentan bila dibuka saat lalu lintas sedang ramai.

Berbeda bila memakai sunroof yang lebih lengang. Cahaya yang masuk memberikan penerangan di area kabin.

Memperlancar Sirkulasi Udara

Membuka jendela mobil terkadang rentan terkena kejahatan. Lebih baik membuka sunroof sehingga sirkulasi udara bisa masuk ke kabin. Langkah ini jauh lebih aman apalagi jika melaju di pegunungan.

Menurunkan Suhu Mobil

Sunroof tidak hanya berguna untuk melihat pemandangan saja. Pins bisa memakainya untuk menurunkan suhu dalam mobil. Apalagi ketika macet maka suhu mobil akan meningkat secara otomatis.

Walaupun AC telah menyala kadang suhu dalam kabin tetap panas. Untuk itulah fungsi sunroof sangat menolong menurunkan suhu kabin.

Baca Juga : Daftar Mobil KIA yang Ada Sunroofnya

Rekomendasi Mobil Nissan Yang Ada Sunroof

Ada dua mobil Nissan yang memiliki sunroof. Diantaranya adalah Elgrand dan Serena 2.0 Panoramic Autech. Pins bisa menyimak spesifikasi sekaligus keunggulan keduanya di ulasan berikut ini!

Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech

(Wikimedia Commons)

Ada tiga tipe mobil Serena yaitu 2.0 X, Autech dan HWS. Jenis Autech yang paling mahal karena memiliki fitur lebih banyak. Harga yang dibanderol untuk mobil ini mulai dari Rp. 386 juta hingga Rp. 470 juta per unitnya.

Kapasitas mobil cukup besar sehingga cocok untuk mobil keluarga. Satu mobil mampu menampung 7 penumpang berdimensi sedang. Dimensi mobil ini adalah 4.770 x 1.735 x 1.865 mm.

Bila kursi belakang dilipat akan menghasilkan kabin yang lebih lapang. Konsep mobil Serena mengangkat konsep boxy sehingga ruang kabin difungsikan secara maksimal. 

Bagian interior dilengkapi beberapa fitur canggih diantaranya adalah tombol engine start/stop, cruise control, sistem multimedia 2-DIN touchscreen dengan ukuran 6-inci.

Lengkap dengan fungsi bluetooth sehingga mampu memutar DVD. Ada pula fitur  monitor atap LCD dengan dimensi 10-inci, audio steering switch dan lingkar kemudi mewah sebab dibalut dengan material kulit.

Untuk tambahan penerangannya sendiri terdapat day-time running light (DRL) terletak di bagian bemper depan. Fitur keselamatan yang dimilikinya antara lain ABS+EBD+BA sebagai sistem pengereman.

Mobil Serena juga memiliki intelligent key dengan alarm serta shock sensor. Untuk membantu parkir mobil tersedia sensor parkir dan kamera parkir. Pada setiap baris penumpang dilengkapi airbag.

Kenyamanan penumpang menjadi yang utama. Apalagi terdapat immobilizer dan konfigurasi kursi yang banyak.

Nissan Elgrand

(Wikimedia Commons)

Ada pula Nissan Elgrand yang memiliki sunroof depan dan belakang. Selain dari model sunroof keunggulannya adalah desain yang kian sporty. Apalagi adanya grill depan yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Tampilan lebih stylish dengan LED signature pada bagian atas headlamp. Pencahayaan lebih bagus sebab terpasang lampu kabut pada bagian bemper.

Area interior tak kalah mewah dan elegan. Beberapa fitur pendukungnya yakni sistem audio 2DIN yang bisa memutar berbagai file multimedia. Ada LED berukuran 11 inci pada bagian kabin di kursi tengah.

Sementara fitur keselamatannya adalah SRS airbag untuk bagian depan dan samping pengemudi serta penumpang. Sistem pengereman ditunjang dengan ABS+EBD+BA.

Ditambah lagi fitur TCS dan VCD serta sensor parkir dan kamera belakang. Mesinnya mampu menghasilkan torsi maksimal 245 Nm. walaupun berbodi besar tetap gesit di lapangan.

Itulah beberapa mobil Nissan yang ada sunroof . Jangan lupa untuk lakukan servis dan cuci mobil guna menjaga performanya.

Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga : 11 Mobil yang Ada Sunroof Terbaru dan Terlaris


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.