Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Sejarah Mobil Listrik Pertama Di Dunia, Ternyata Sudah Ada Sejak 1 Abad Lalu 
Otomotif

Sejarah Mobil Listrik Pertama Di Dunia, Ternyata Sudah Ada Sejak 1 Abad Lalu 

  • 2 Dec, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Sejarah mobil listrik pertama di dunia sudah ada sejak abad ke-18. Perkembangan mobil listrik pernah naik turun pada zamannya. Topik mobil listrik kini semakin santer bahkan menjadi proyek masa depan berbagai negara termasuk Indonesia.

Keunggulan dari mobil listrik adalah lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Inilah kenapa mobil listrik semakin digemari oleh masyarakat kini yang sedang mengalami krisis energi. 

Sejarah Mobil Listrik Pertama Di Dunia

Sejarah mobil listrik pertama di dunia bentuk roket
Wikipedia

Sejarah mobil listrik pertama di dunia mulai dikembangkan pada 1832. Kala itu ilmuwan perlu mendesain kendaraan listrik untuk kereta. Saat itu Robert Anderson asal Skotlandia mengembangkan crude electric vehicle pertama dengan motor listrik sebagai penggerak kereta.

Mulai dari temuannya ini dikembangkan hingga 1839 sebagai moda pengangkut pengganti kuda. Namun ada beberapa orang yang berpendapat bahwa sejarah mobil listrik pertama di dunia dimulai oleh Anyos Jedlik.

Ia merupakan pendeta dan fisikawan Hungaria yang menciptakan motor penggerak elektrik pertama. Ukuran mobil ciptaannya lebih kecil yang ditemukan pada 1828. Versi sejarah mobil listrik pertama di dunia lainnya adalah dari profesor Belanda bersama asistennya pada 1832.

Saat itu keduanya menemukan mobil elektrik dengan baterai sekali pakai. Lalu pada 1899-1891, William Morrison dan Des Moines berhasil merancang mobil listrik yang debut di Amerika Serikat.

Desainnya kompak dibandingkan kereta kuda yang ditenagai dinamo listrik. Camille Jenatzy merupakan ilmuwan yang mampu memecahkan rekor mobil listrik tercepat. Mobil ini melesat 105 km/jam pada 29 April 1899 yang bentuknya seperti roket.

Salah satu mobil listrik tertua adalah Baker Motor Vehicle yang diciptakan oleh Baker Electrics. Perusahaan ini berdiri sejak 1899-1914. Salah satu mobilnya dibeli pula oleh Thomas Alva Edison yakni penemu bohlam lampu.

Thomas Alva Edison mendesain baterai dengan bahan nikel untuk kendaraan Baker. Baterai ini memiliki keawetan yang luar biasa dan diimplementasikan pada mobil Baker lainnya.

Pada 1906, Baker Electrics memproduksi mobil listrik hingga 800 unit. Jumlah ini menetapkan Baker Electric sebagai produsen mobil listrik di dunia saat itu. Jay Leno yakni kolektor mobil dan komedian asal Amerika Serikat mempunyai 1 unit mobil Baker.

Baca juga:

Pernah Jadi Taxi

Sejarah mobil listrik pertama di dunia sebagai taksi
Wikipedia

Ternyata mobil listrik juga pernah digunakan sebagai taxi di Amerika Serikat. Hal ini terjadi pada 1897 dengan nama New York City yang dibuat oleh Wagon Company Philadelphia dan Electric Carriage.

Selain Baker, kala itu produsen listrik cukup banyak yakni Riker, Milburn, Studebaker, Columbia, Anderson, Fritchle dan lainnya. Mobil listrik banyak dipilih karena tidak mengeluarkan bau tertentu, tidak berbisik dan tidak bergetar.

Mobil listrik dulunya hanya dimiliki oleh orang kaya karena harganya cukup mahal daripada mobil bensin pada umumnya. Uniknya saat itu penggunanya kebanyakan adalah wanita.

Menurut mereka mobil listrik mudah dioperasikan ketimbang mobil dengan bahan bakar bensin. Pada 1911, New York Times mengklaim bahwa mobil listrik adalah kendaraan paling ideal.

Era Keemasan Mobil Listrik

Sejarah mobil listrik pertama di dunia dengan tempat ganti baterai
Wikipedia

Masa keemasan mobil listrik terjadi menjelang abad 20. Peningkatan signifikan terlihat jelas pada akhir 1890 hingga awal 1900 an. Inggris mulai menggunakan taksi bertenaga baterai yang tersedia mulai akhir abad 19.

Taksi ini mendapatkan julukan Hummingbird sebab kendaraannya menimbulkan suara yang unik. Pada tahun yang sama Samuel’s Electric Carriage and Wagon Company di New York memakai 12 kereta berbasis baterai listrik. 

Mobil listrik tidak perlu perpindahan gigi sebagai pembeda dengan mobil bensin dalam operasi kemudi. Saat menyalakan mobil listrik tidak perlu usaha yang besar. Mobil bensin perlu tuas tangan saat menyalakan mesinnya sehingga butuh tenaga besar.

Kala itu orang kaya memakai mobil listrik hanya dalam kota agar jarak tempuh pengisian ulang baterai tidak begitu jauh. Pada 1896 Hartford Electric Light Company menyediakan layanan tukar baterai pada 1910-1924.

Baca juga:

Masa Menurunnya Popularitas Mobil Listrik

Masa jatuhnya mobil listrik mulai hilang pada tahun 1920 an. Penyebab turunnya minat publik pada mobil listrik karena banyaknya infrastruktur jalan raya yang lebih baik. Dengan begitu perjalanan bisa dipersingkat khususnya bila ke luar kota.

Keterbatasan mobil listrik untuk menempuh jarak jauh juga menjadi penyebab jatuhnya popularitas kendaraan ini. Apalagi kala itu sumber minyak cukup melimpah sehingga ketersediaan bahan bakar terjamin dan murah.

Perkembangan mobil bensin terus mengalami perkembangan yang mulanya memakai tuas tangan menjadi starter elektrik pada 1912. Ditambah lagi munculnya muffler yakni fitur yang mampu mengurangi polusi suara pada mobil bensin.

Hal ini berbanding terbalik dengan mobil listrik yang tidak menawarkan perkembangan teknologi berarti. Walaupun begitu harganya tetap lebih mahal daripada mobil bensin.

Lambat laun mobil listrik pun meredup hingga masuk tahun 2003, General Motor tidak memproduksi lagi mobil listrik EV1. beberapa tahun setelahnya Tesla Motor hadir dengan mobil listrik terbaru yang mencuri perhatian publik.

Mobil listrik ini pun semakin digemari baik di negara maju maupun berkembang. Sejarah mobil listrik pertama di dunia memiliki banyak versi namun kendaraan ini juga mengalami pasang surut. Walaupun sempat meredup kini mobil listrik kembali diminati khususnya kalangan muda.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah